Tak Selalu Pertanda Negatif, Inilah 5 Alasan Seseorang Membutuhkan 'Validasi' agar Lebih Percaya Diri
Ilustrasi orang yang percaya diri. (Foto : freepik.com/benzoix)
14:06
18 Oktober 2024

Tak Selalu Pertanda Negatif, Inilah 5 Alasan Seseorang Membutuhkan 'Validasi' agar Lebih Percaya Diri

- Saat ini banyak orang yang membicarakan tentang validasi, tapi sayangnya selalu menjadi pertanda negatif.

Apalagi jika validasi itu ditunjukkan dengan penuh kepura-puraan.

Melansir dari laman PID Kepri Polri, validasi itu ternyata penting agar kita lebih percaya diri dan kerja keras selama ini bernilai positif pada orang sekitar.

Inilah 5 alasan seseorang membutuhkan validasi :

1. Meningkatkan Self Esteem

Self esteem merupakan penghargaan bagi diri sendiri atas kemampuan yang dimiliki, keberhasilan atau kegagalan adalah proses manusia menjalani hidup dengan sadar dan mendapatkan hikmah dari sebuah perjalanan hidupnya.

Proses perjalanan inilah yang membangun dan mengembangkan diri kita menjadi manusia yang lebih baik, sehingga mampu mengenal diri sendiri dan muncul rasa bangga.

2. Self Confession

Pengakuan diri tentang perasaan yang dialami disebut dengan self-confession, baik itu perasaan menyenangkan atau perasaan yang mengganggu. Sebaiknya harus mengakui bahwa perasaan itu wajar terjadi dengan menganggapnya sebagai bagian diri kita yang harus dikeluarkan.

3. Mencintai Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri bukanlah sebuah kesalahan, hanya diri kita yang tahu semuanya dan tidak membandingkan diri dengan orang lain. Kita semua harus bersyukur atas diri sendiri sudah sejauh ini melakukan perjalanan hidup.

4. Mengatakan Sesuatu yang Ingin Didengar

Katakan sesuatu yang menenangkan dan memotivasi diri kita adalah cara terbaik dan lebih baik jika tidak harus menunggu orang lain mengatakannya. Validasi itu bisa dimulai dari diri sendiri.

5. Tidak Menyalahkan Diri Sendiri

Menyalahkan diri sendiri atas sebuah kegagalan akan memperburuk keadaan. Alih-alih menyalahkan diri sendiri, menenangkan diri dengan melakukan afirmasi bahwa apapun yang terjadi saat ini pasti akan lekas berlalu dan kita bisa memulainya dari awal.

Mengutip dari laman The Psych Collective, validasi juga tentang menciptakan ruang dalam diri sendiri untuk semua perasaan, emosi, suasana hati, dan sensasi tanpa berusaha mengabaikannya.

Oleh karena itu, kamu bisa melakukannya dulu pada diri sendiri tanpa harus bergantung pada validasi orang lain. Secara tidak sadar, perlahan mereka akan mengakui betapa baik dan berharganya kamu tanpa diminta.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #selalu #pertanda #negatif #inilah #alasan #seseorang #membutuhkan #validasi #agar #lebih #percaya #diri

KOMENTAR