10 Tanda Anda Seorang ESTJ, Tipe Kepribadian MBTI Paling Disiplin dan Taat Aturan di Antara Lainnya
10 tanda Anda seorang ESTJ (pexels)
18:08
13 Februari 2024

10 Tanda Anda Seorang ESTJ, Tipe Kepribadian MBTI Paling Disiplin dan Taat Aturan di Antara Lainnya

– Orang-orang yang memiliki tipe kepribadian ESTJ (Extroversion, Sensing, Thinking, Judgement) dalam indikator Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), disebut-sebut memiliki kecenderungan untuk menjadi pemimpin.

Populasi ESTJ di Amerika Serikat berjumlah sekitar 8,7 persen. Tipe ini seringkali dijuluki “Kapten” atau “Eksekutif” karena kedisiplinannya terhadap aturan.

Tipe ESTJ dikenal sangat produktif, berorientasi pada tugas, dan pragmatis. Mereka cenderung sukses di dunia korporat.

Disana mereka menempati peringkat tipe kepribadian dengan penghasilan paling tinggi dari yang lainnya.

Selain itu, ESTJ juga memiliki kualitas unik lainnya. Dilansir dari psychologyjunkie.com, berikut 10 tanda atau ciri paling umum menunjukkan bahwa Anda adalah seorang ESTJ.

1. Anda suka mengatur segalanya

Anda selalu menempatkan segala sesuatu pada tempatnya. Kantor dan rumah Anda selalu tertata rapi, termasuk semua buku dan file telah Anda susun sesuai kategorinya. Hal itu memungkinkan Anda dengan cepat menemukan benda yang Anda cari.

2. Anda berusaha untuk menjadi kompeten

Tidak ada yang lebih membuat Anda merasa khawatir selain tugas yang belum selesai. Ketika Anda merasa jika mampu melakukan sesuatu, maka Anda harus melakukannya dengan benar.

3. Anda taat aturan

Anda merupakan orang pertama yang menjunjung aturan dan menghormati kesejahteraan, ketertiban, dan keadilan di lingkungan Anda. Jika Anda melihat tanda yang bertuliskan “jangan memberi makan hewan di kebun binatang”, maka Anda tidak akan memberi makan hewan di kebun binatang.

4. Anda berusaha untuk bertanggung jawab

Anda bertanggung jawab terhadap lingkungan Anda dan berusaha melakukan yang terbaik untuk memastikan orang-orang di sekitar Anda baik - baik saja. Anda juga dapat diandalkan, selalu menepati janji dan selalu datang tepat waktu untuk acara penting.

5. Anda suka membuat jadwal dan mencoretnya saat selesai

Anda senang membuat jadwal apa yang akan Anda lakukan hari ini, besok dan seterusnya. Anda selalu mempersiapka rencana - rencana darurat, dan jadwal rutinitas Anda untuk menjaga ketenangan pikiran serta tetap bisa bertanggung jawab atas tugas-tugas penting yang harus diselesaikan.

Anda merasa bahagia ketika satu per satu daftar tugas Anda telah ditandai selesai. Sebagai seseorang yang menikmati kegiatan produktif, daftar periksa ini memberi Anda rasa pencapaian dan kepuasan tersendiri.

6. Anda benci penundaan

Berada bersama orang-orang yang banyak berpikir, menunda-nunda pengambilan keputusan, atau tampak plin-plan membuat Anda seringkali merasa kesal. Anda yakin, jika suatu keputusan tidak berhasil, Anda bisa mengambil belajar dari sana. Hal itu memungkinkan Anda dapat mengambil keputusan yang lebih baik di masa depan.

7. Waktu adalah yang terpenting untuk Anda

Membuang-buang waktu adalah hal yang tidak Anda sukai. Anda percaya, jika Anda bekerja keras, Anda akan bisa menikmati waktu luang Anda sepuasnya setelah semua tugas selesai. Jadwal yang Anda buat adalah prioritas utama bagi Anda.

8. Anda mempersiapkan garis besar untuk segalanya

Bagian dari seorang ESTJ adalah menyiapkan struktur atau garis besar untuk setiap hal yang akan Anda lakukan. Baik itu merencanakan pesta liburan, petualangan, perjalanan atau mengatur pertemuan bisnis. Anda akan menyiapkan garis besar dan rencana yang terstruktur untuk semua itu.

9. Anda merasa buruk ketika tidak melakukan hal yang seharusnya

Anda senang merasa bahwa Anda dapat mengatur dan menyusun lingkungan sekitar dengan kemampuan terbaik Anda. Jika Anda terjebak dalam kondisi yang berantakan, Anda cenderung mengalami stres, mudah tersinggung, dan kesal.

10. Anda menyukai tradisi

Anda selalu membuat resep kalkun yang telah dibuat oleh keluarga Anda secara turun temurun. Anda menikmati tradisi yang sudah lama ada di lingkungan Anda. Mengulangi rutinitas yang sama dan menyenangkan secara teratur memberi Anda rasa kepuasan dan kedamaian tersendiri.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #tanda #anda #seorang #estj #tipe #kepribadian #mbti #paling #disiplin #taat #aturan #antara #lainnya

KOMENTAR