Orang yang Tumbuh dalam Keluarga dengan Komunikasi yang Buruk Biasanya Memiliki 9 Perilaku Ini Menurut Psikologi, Apa Saja?
Ilustrasi seseorang yang tumbuh dalam keluarga dengan komunikasi yang buruk. (Freepik)
13:04
16 Oktober 2024

Orang yang Tumbuh dalam Keluarga dengan Komunikasi yang Buruk Biasanya Memiliki 9 Perilaku Ini Menurut Psikologi, Apa Saja?

– Seseorang yang tumbuh dalam keluarga dengan gaya komunikasi yang buruk sering kali membentuk beberapa perilaku tertentu.

Adapun komunikasi buruk yang dimaksud ini berasal dari komentar agresif hingga tidak ada percakapan yang intens sama sekali.

Padahal sejatinya keluarga bisa menjadi tempat yang nyaman untuk berbagi tentang kehidupan.

Dilansir dari Geediting, berikut ini beberapa perilaku yang biasa ditunjukkan oleh orang yang tumbuh dalam keluarga dengan komunikasi yang buruk.

1. Sering tidak Menyelesaikan Konflik

Tentu saja setiap orang pernah mengalami konflik dengan orang lain, baik itu perselisihan atau pertengkaran.

Alih-alih mengatasi masalah yang dihadapi dan mencari penyelesaian, justru orang yang tumbuh dalam keluarga yang berkomunikasi buruk malah menyembunyikan dan mengabaikannya.

2. Kesulitan Mengekspresikan Emosi

Pada umumnya, keluarga yang memiliki komunikasi buruk juga kurang bisa mengekspresikan perasaan yang dialami.

Tidak mengherankan jika seseorang yang berasal dari lingkungan keluarga tersebut merasa kesulitan mengungkapkan emosinya.

3. Sering Merasa Salah Paham

Dalam setiap hubungan baik itu pertemanan hingga keluarga, sangat diperlukan adanya komunikasi yang baik.

Pasalnya dengan adanya komunikasi yang terjalin tidak baik akan memicu terjadinya kesalahpahaman.

4. Percakapan Sepihak

Dalam lingkungan yang sehat, percakapan harus berlangsung dua arah. Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk berbicara.

Namun, jika seseorang lebih banyak mendominasi pembicaraan, sementara lainnya hanya pendengar pasif, kemungkinan ia tumbuh dalam keluarga dengan komunikasi yang buruk.

5. Menghindari Topik yang Sulit

Perilaku menghindari pembicaraan dengan topik yang sulit sering kali terjadi karena suatu keluarga tidak memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.

Mereka kerap menghindari topik-topik pembicaraan yang sebenarnya perlu dibahas.

6. Merasa Kurang Diperhatikan

Saat tumbuh dewasa, seseorang yang tumbuh dalam keluarga yang buruk komunikasinya sering merasa kurang diperhatikan.

Hal ini terjadi karena dalam lingkungan keluarganya, perasaan mereka mungkin kerap diabaikan, diremehkan, dan bahkan dianggap lelucon.

7. Sering Berperilaku Sarkas

Sarkasme yang berlebihan dapat menjadi suatu ejekan yang meremehkan orang lain dan menghambat terjalinnya komunikasi terbuka.

Seseorang yang tumbuh dalam lingkungan keluarga seperti itu, saat dewasa juga akan mengadopsi perilaku sarkasme tersebut.

Itulah, beberapa perilaku yang ditunjukkan oleh seseorang yang tumbuh dalam keluarga dengan komunikasi yang buruk.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #orang #yang #tumbuh #dalam #keluarga #dengan #komunikasi #yang #buruk #biasanya #memiliki #perilaku #menurut #psikologi #saja

KOMENTAR