Mengapa Seseorang Tidak Memiliki Hobi? Berikut 5 Penyebabnya, Salah Satunya Masalah Keuangan
Ilustrasi orang memiliki hobi. (Generation SCHM)
08:34
15 Oktober 2024

Mengapa Seseorang Tidak Memiliki Hobi? Berikut 5 Penyebabnya, Salah Satunya Masalah Keuangan

Memiliki hobi memang sangat penting untuk keluar dari aktivitas yang melelahkan.

Terkadang, beberapa orang menjadi lupa waktu karena terlalu asyik ketika melakukannya.

Hobi juga bermanfaat untuk mendapatkan teman baru, apalagi kegiatan yang disukai kalian juga sama. Perbincangan kalian juga akan menjadi seru dan menarik.

Hobi dan minat adalah dua hal yang berbeda. Membaca buku, mendengarkan podcast, atau melihat film adalah minat. Sementara hobi adalah aktivitas yang disenangi seperti menyanyi, menari, atau melukis.

Namun, tidak semua orang memiliki hobi dan ada yang sulit untuk mendapatkannya. Dalam artikel ini akan memberikan lima penyebabnya yang dilansir Social Self.

1. Depresi

Penyebab pertama seseorang tidak memiliki hobi adalah depresi. Saat mengalaminya, mereka tidak lagi bersemangat untuk melakukan sesuatu, beraktivitas, dan melihat sisi positif dalam hidup.

Sepertinya mustahil bagi orang yang depresi untuk bersemangat dalam melakukan hobinya ketika mengalami rasa sakit emosional.

2. ADHD dan trauma kompleks

Mereka yang sedang mengalami ADHD sangat kesusahan untuk menekuni sebuah hobi. Hal tersebut karena mereka cenderung sedang melawan gejala-gejala dari penyakit ini.

Seperti misalnya, sulit untuk menentukan prioritas dan mengerjakan tugas baru sebelum menyelesaikan tugas lama.

Sementara trauma kompleks sering terjadi pada masa anak-anak dan biasanya terjadi pada jangka waktu yang lama.

Gejalanya dapat menyerupai ADHD dan sangat sulit untuk konsentrasi. Disarankan untuk meminta bantuan profesional, jika mengalami jenis kesehatan mental seperti ini.

3. Tidak punya waktu

Orang yang tidak memiliki hobi, bisa saja tidak memiliki waktu luang antara bekerja, bepergian, dan mengurus keluarganya.

Mereka juga menjadi cepat lelah karena tekanan pekerjaan yang dihadapinya setiap hari.

Akhirnya, mereka hanya bisa melakukan kegiatan yang tidak menguras energi seperti melihat sosial media atau menonton televisi.

4. Tidak tertarik

Banyak sekali hobi yang bisa dilakukan dan mereka merasa tidak tertarik dengan satu hobi tertentu. Jika tidak tertarik dari awal, sulit rasanya untuk memiliki hobi satu pun.

5. Keuangan yang terbatas

Ada hobi yang memerlukan banyak uang untuk memulainya dan mereka terpaksa tidak melanjutkannya karena hidupnya pas-pasan. Oleh karena itu, pilihlah hobi gratis atau yang memerlukan sedikit biaya.

Sebenarnya, tidak memiliki hobi merupakan hal yang normal karena belum ada hobi yang tepat. Selain itu, biaya dan waktu juga menjadi penghalangnya.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #mengapa #seseorang #tidak #memiliki #hobi #berikut #penyebabnya #salah #satunya #masalah #keuangan

KOMENTAR