5 Wisata Pilihan Menparekraf Sandiaga Uno Untuk Rayakan Imlek, Gak Perlu Bingung Pilih Tempat Liburan
Suasana penjualan pernak-pernik Imlek di Glodok, Taman Sari Jakarta Barat, Kamis (12/1/2023). [Faqih Fathurrahman]
05:55
6 Pebruari 2024

5 Wisata Pilihan Menparekraf Sandiaga Uno Untuk Rayakan Imlek, Gak Perlu Bingung Pilih Tempat Liburan

Tahun Baru Imlek kali ini menjadi momen liburan panjang karena berdekatan dengan momen perayaan Isra Miraj Nabi Muhammad. Hari libur pun bertambah menjadi empat hari. Momen tersebut tentu jadi kesempatan emas untuk liburan bersama keluarga dan kerabat dekat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno juga berharap dengan adanyahari libur panjang tersebut bisa mendongkrak jumlah pengunjung wisatawan mancanegara juga serta pergerakan wisatawan nusantara di dalam negeri.

"Libur Imlek kita harapkan jadi penopang dari pencapaian 14,3 juta kunjungan wisatawan mancanegara dan 1,25 sampai 1,5 miliar pergerakan wisatasan nusantara," kata Sandi dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Menparekraf Sandiaga Uno.(Dok. Istimewa)Menparekraf Sandiaga Uno.(Dok. Istimewa)

Kementerian Pariwisata juga sudah menyediakan peta perjalanan untuk perjalanan Imlek. Sandi mengatakan bahwa ada lima kota yang memiliki destinasi wisata unggulan untuk lerayaan Imlek tahun ini, di antaranya Jakarta, Surakarta, Semarang, Palembang, dan Singkawang.

"Kita terus mendorong agar festival cap gomeh maupun penyambutan tahun baru Imlek ini mengedepankan kearifan lokal dan budaya masyarakat Tionghoa setempat termasuk heritage tourism," ujarnya.

Berikut perayaan Imlek yang khas diadakan di kelima kota tersebut:

Warga memilih pernak-pernik Tahun Baru Imlek yang dijual di Glodok, Jakarta, Senin (24/1/2022). [Suara.com/Angga Budhiyanto]Warga memilih pernak-pernik Tahun Baru Imlek yang dijual di Glodok, Jakarta, Senin (24/1/2022). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

1. Wisata Pecinan Glodok - Jakarta

Letaknya ada di Kampung Kolaborasi Pecinan Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat. Perayaan Imlek di sana selalu diwarnai dengan aneka dekorasi bernuansa merah dengan pertunjukan barongsai serta aneka jajanan khas pecinan. Juga ada pilihan paket wisata menarik.

2. Wisata Kawasan Kauman - Semarang

Wisata Pecinan di kawasan Kauman, Semarang Tengah, terdapat tradisi perayaan Cap Go Meh arak-arakan patung Samp Poo Kong dari kuil Tay Kak Sie ke Gedung Batu.

perayaan imlek singkawang (kemenkeu.go.id)perayaan imlek singkawang (kemenkeu.go.id)

3. Wisata Pecinan Pasar Gede - Solo

Selain pameran aneka produk lokal, di Pasar Gede Solo juga akan diadakan atraksi Grebek Sudiro yang telah dimulai sejak 28 Januari hingga 10 Februari. Rencananya, Sandi sendiri akan hadir ke acara tersebut.

4. Wisata Pulau Kemaro - Palembang

Di Sumatra terdapat destinasi wisata Pulau Kemaro Palembang l sebagai salah satu obyek wisata andalan Kota Palembang dengan tradisi kesenian barongsai, wayang orang Tiongkok, dan kesenian tradisional lain.

5. Karisma Event Nusantara - Singkawang

Karisma Event Nusantara yaitu festival Cap Go Meh Singkawang, Kalimantan Barat, yang dikenal dengan kota seribu vihara atau klenteng. Acara itu baru akan dilaksanakan pada 10-24 Februari 2024.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #wisata #pilihan #menparekraf #sandiaga #untuk #rayakan #imlek #perlu #bingung #pilih #tempat #liburan

KOMENTAR