Menurut Psikologi, Genre Film Favorit Dapat Mengungkap Kepribadian Asli Seseorang yang Jarang Diketahui
Kepribadian berdasarkan genre film kesukaan menurut psikologi/Freepik
09:36
12 Oktober 2024

Menurut Psikologi, Genre Film Favorit Dapat Mengungkap Kepribadian Asli Seseorang yang Jarang Diketahui

Menonton film menjadi salah satu cara merefresh pikiran dengan mendapatkan hiburan. Selain itu, hal ini juga dapat memberikan wawasan tambahan dan nilai-nilai berharga bagi penontonnya.

Ada beragam genre film yang bisa dipilih sesuai preferensi dan sensasi yang ingin diperoleh setelahnya.

Ternyata, genre film favorit seseorang sering kali mencerminkan kepribadian dan nilai-nilai yang mendasarinya, menurut psikologi.

Dilansir dari laman Very Well Mind pada (12/10), berikut ini penjelasan selengkapnya tentang kepribadian seseorang berdasarkan film favoritnya, menurut psikologi.

Fantasi

Film fantasi menceritakan kisah-kisah luar biasa tentang orang-orang yang fantastis. Namun dalam kasus ini, ilmu pengetahuan digantikan oleh sihir.

Menurut psikologi, orang yang menyukai fantasi adalah orang yang terpaku, suka memperoleh sensasi tinggi, dan terbuka terhadap pengalaman baru.

Penggemar fantasi juga memiliki tingkat ekstraversi yang lebih rendah, sehingga mereka cenderung menjadi orang yang imajinatif dan reflektif, tertarik pada banyak hal, tetapi belum tentu ramah.

Horor

Horor adalah salah satu genre yang paling banyak dipelajari dalam psikologi.

Penggemar film horor cenderung lebih neurotik, kurang menyenangkan, dan kurang ekstrovert. Jadi, orang-orang yang lebih cemas dan kurang ramah biasanya menyukai genre ini.

Selain itu, penggemar film horor cenderung merupakan pencari sensasi yang tinggi dengan empati yang lebih rendah.

Itulah sebabnya mereka suka menonton dan tidak terlalu terganggu dengan adegan kekerasan. Mereka juga tidak mengidentifikasi diri dengan korban yang ada di layar. Tidak mengherankan kalau yang paling banyak menyukai film horor adalah pria.

Aksi/Petualangan

Aksi/petualangan adalah genre yang paling banyak dipelajari kedua setelah horor, dan penggemar film aksi/petualangan memiliki beberapa kesamaan dengan penggemar horor.

Orang-orang yang tertarik pada film aksi/petualangan, cenderung merupakan pencari sensasi yang tinggi dan kebanyakan laki-laki, seperti halnya mereka yang menyukai horor.

Orang yang menyukai aksi/petualangan memiliki tingkat neurotisme yang rendah, sehingga mereka cenderung tidak terlalu cemas. Mereka juga cenderung mencari film untuk tujuan afiliatif atau agresif.

Romansa

Orang yang menyukai film romansa adalah orang yang ekstrovert, menyenangkan, dan tidak terlalu terbuka terhadap pengalaman. Artinya, mereka ramah dan mudah disukai, tetapi cenderung tidak mudah menerima berbagai pengalaman atau situasi.

Orang yang menyukai film romantis juga cenderung menyukai pengalaman menonton film yang bersifat menyenangkan, sehingga mereka tidak perlu berpikir terlalu keras.

Banyak penggemar film romansa dapat dikatakan memiliki sifat yang hangat dan penuh pengertian, sesuatu yang tampaknya didukung oleh jenis film yang mereka sukai.

Drama

Menurut psikologi, orang yang menyukai drama cenderung menyenangkan dan ekstrovert, sehingga mereka adalah cenderung dapat menerima berbagai ide.

Orang-orang yang suka menonton drama juga suka memiliki pengalaman pengalaman yang bermakna dengan film. Mereka tidak hanya menonton film untuk kesenangan tetapi juga untuk perasaan simpati dan kehangatan.

Komedi

Film komedi sangat menarik bagi orang-orang yang cenderung menyenangkan dan tidak terlalu terbuka terhadap pengalaman baru.

Jadi, orang-orang yang merupakan penggemar komedi mungkin dapat menerima ide-ide yang disajikan dalam film, tapi tidak terlalu terbuka untuk terlibat dalam situasi yang menantang.

Animasi

Menurut psikologi, orang yang memiliki tingkat validasi yang tinggi cenderung menyukai film animasi karena mereka menghargai ikatan keluarga yang erat.

Orang yang menyukai animasi juga cenderung lebih neurotik. Alasannya mungkin orang yang cemas suka mengalami hal-hal baru di lingkungan yang aman seperti bioskop.

Namun, orang yang menyukai animasi mungkin lebih berempati daripada mereka yang menyukai film horor, sehingga animasi lebih mudah diterima oleh orang-orang ini.

Film Klasik

Film-film klasik kurang dieksplorasi dalam penelitian psikologi tentang film dan kepribadian. Faktanya, hanya ada sedikit literatur tentang hal ini.

Namun, ada cukup banyak penelitian yang mengklaim bahwa orang-orang yang menyukai film klasik biasanya terbuka terhadap pengalaman baru.

Jadi, mereka mungkin adalah orang-orang kreatif yang suka terlibat dengan genre yang menantang secara kognitif.

Fiksi Ilmiah

Menurut psikologi, orang-orang yang menyukai film fiksi ilmiah menikmati stimulasi intelektual dan pengalaman estetika yang diberikan oleh film-film ini.

Film olahraga

Menurut psikologi, orang-orang yang menyukai film olahraga tidak cemas, tapi juga tidak mendambakan banyak variasi atau rangsangan. Mereka juga supel, ramah, dan cenderung lebih bertanggung jawab.

Demikianlah penjelasan seputar kepribadian seseorang berdasarkan genre film yang paling disukai.

Dengan mengetahui film favorit seseorang, Anda bisa mulai mengenali kepribadian mereka yang didasarkan pada penelitian psikologi

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #menurut #psikologi #genre #film #favorit #dapat #mengungkap #kepribadian #asli #seseorang #yang #jarang #diketahui

KOMENTAR