Profil Andromeda Mercury, Moderator Debat Capres Terakhir Punya Karier Moncer
Andromeda Mercury moderator debat capres terakhir [Tangkapan Layar]
13:36
2 Februari 2024

Profil Andromeda Mercury, Moderator Debat Capres Terakhir Punya Karier Moncer

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melaksanakan debat kelima calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, DKI Jakarta pada Minggu (4/2/2024) mendatang.

Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo akan beradu gagasan dalam debat terakhir yang mengusung tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi.

Dalam debat tersebut, KPU juga sudah menunjuk dua moderator, yakni Andromeda Mercury dan Dwi Anggia. Lantas, seperti apakah profil Andromeda Mercury yang akan menjadi moderator dalam debat capres terakhir? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Profil Andromeda Mercury

Andromeda Mercury dikenal luas sebagai seorang jurnalis atau pembawa berita dari saluran televisi TVOne. Ia diketahui mengawal beberapa program berita dan juga diskusi di TVOne, serta pernah mewawancarai beberapa tokoh besar di Tanah Air.

Namanya sendiri diketahui diambil dari gabungan nama galaksi Andromeda dan planet Merkurius. Pemberian nama tersebut dilatarbelakangi oleh kecintaan sang ayah pada bidang astronomi.

Pria yang merupakan keturunan Palembang-Salatiga ini merupakan lulusan jurusan  Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran (Unpad).

Saat duduk di bangku kuliah, Andromeda sudah aktif menjadi penyiar berita di TVRI Jawa Barat dengan Program “Jabar Dalam Berita”.

Andromeda lahir pada 18 Mei 1988 silam. Meskipun berbanding terbalik antara jurusan kuliah dan pekerjaannya saat ini, tetapi Andromeda tak bisa dianggap remeh.

Andromeda sejatinya sudah mendalami jurnalistik sejak ia masih duduk di bangku SMA. Pada saat itu, ia sudah bergabung dengan surat kabar lokal, yaitu Sriwijaya Post (Sripo), salah satu bagian dari Kompas Gramedia yang terbit di wilayah Sumatera Selatan.

Setelah lulus SMA dan merantau ke Jawa Barat, Andromeda mencari peruntungan dengan ikut ajang pencarian bakat pembawa berita yang pada saat itu diadakan oleh TVRI.

Ia kemudian lolos dan menjadi pembawa berita di TVRI Jawa Barat dengan status pekerja lepas karenaa saat itu Andromeda masih berkuliah.

Tak hanya sebagai pembawa berita, keahlian Andromeda dalam public speaking dianggap sangat luar biasa. Maka, tak heran ia ditunjuk untuk menjadi MC atau moderator dalam berbagai event formal ataupun nonformal.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #profil #andromeda #mercury #moderator #debat #capres #terakhir #punya #karier #moncer

KOMENTAR