Segini Harta Kekayaan Ayah Raline Shah: Pejabat Sekaligus Crazy Rich Medan
Rahmat Shah. (Instagram/rahmat_shah23)
14:36
10 Oktober 2024

Segini Harta Kekayaan Ayah Raline Shah: Pejabat Sekaligus Crazy Rich Medan

Raline Shah dikabarkan sudah menikah dan bercerai dari miliader Amerika Serikat, Brian Armstrong. Kabar ini sontak menjadi trending topic di X hingga Kamis (10/10/2024) siang.

Namun, Brian sudah membantah pernah menikahi Raline Shah. Ia menegaskan baru saja menikah dengan sahabatnya, Angela Meng, tepatnya minggu lalu. Brian juga mengklarifikasi dirinya belum pernah menikah sebelumnya.

Situasi ini membuat kehidupan pribadi Raline Shah ikut diulik. Salah satunya terkait gaya hidup Raline yang dekat dengan banyak selebriti Hollywood. Hal ini tentu tak lepas dari latar belakang keluarga Raline. Apalagi, sang ayah, Rahmat Shah juga bukan orang sembarangan.

Harta kekayaan Rahmat Shah

Baca Juga: Raline Shah Diduga Nikah dan Cerai Diam-Diam dengan Brian Armstrong, Foto Ini Dicurigai Kode Perpisahan

Raline Shah dan ayahnya, Rahmat Shah. (Instagram/@ralineshah)Raline Shah dan ayahnya, Rahmat Shah. (Instagram/@ralineshah)

Harta kekayaan Rahmat Shah terungkap saat ia mau maju sebagai calon Gubernur Sumatera Utara pada 2012 silam. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), total harta kekayaan Rahmat mencapai Rp139,7 miliar.

Harta kekayaan bapak Raline Shah itu diprediksi sudah meningkat pesat pada 2024. Apalagi, sudah lebih dari 10 tahun sejak Rahmat melaporkan harta kekayaannya.

Rahmat Shah sendiri mengawali karier sebagai tukang bengkel. Ia bekerja di bisnis bengkel mobil milik keluarganya. Kariernya mulai berkembang pesat saat bertemu dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Surya Paloh merekrut Rahmat untuk bekerja di salah satu perusahaannya, yaitu PT Ika Diesel pada 1970. Di sana, ia menjabat sebagai manajer bengkel.

Sepuluh tahun berselang, Rahmat mendirikan perusahaan sendiri bernama PT Unitwin Indonesia. Perusahaan miliknya ini bergerak di bidang pertanian, properti, dan ekspor impor.

Baca Juga: Punya Harta Rp 115 Triliun, Brian Armstrong Jawab Kabar Sudah Menikah Lalu Cerai dengan Raline Shah

Rahmat juga mendirikan perusahaan bernama PT Wiraco bersama sejumlah pejabat. PT Wiraco adalah distributor peralatan untuk perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Di antaranya adalah Semen Padang hingga PT Krakatau Steel.

Kekayaan Rahmat semakin meningkat pada 1990. Ia mendirikan PT Cakra Aluminium Industry. Kini, perusahaan itu sudah berganti nama menjadi Cakra Compact Aluminium Industries.

Rahmat membawa perusahaan ini bergabung Compact Metal Industry dari Singapura. Hasilnya, Cakra Compact Aluminium Industries bisa menembus Bursa Efek Singapura (Singapore Exchange).

Setelah sukses di dunia bisnis, Rahmat mulai terjun ke dunia politik. Ia menjadi Konsul Jenderal Kehormatan dari Konsulat Turki untuk Sumatera. Setelah itu, ia memutuskan bergabung dengan Partai Golkar.

Selanjutnya, Rahmat diangkat sebagai anggota MPR RI periode 1999-2004 dari Sumatera Utara. Kala itu, ia sudah keluar dari Golkar dan bergabung dengan PPP. Terakhir, Rahmat menjadi anggota DPD periode 2009-2014.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #segini #harta #kekayaan #ayah #raline #shah #pejabat #sekaligus #crazy #rich #medan

KOMENTAR