Wajib Dicoba! 5 Cara Menghindari Pocketing Relationship dalam Hubungan agar Tidak Berdampak Buruk pada Hubungan
Ilustrasi pasangan yang terhindar dari pocketing relationship./(wayhomestudio-freepik)
13:52
10 Oktober 2024

Wajib Dicoba! 5 Cara Menghindari Pocketing Relationship dalam Hubungan agar Tidak Berdampak Buruk pada Hubungan

Istilah pocketing telah menjadi semakin populer seiring dengan meningkatnya penggunaan media sosial.

Istilah ini merujuk pada tindakan seseorang yang menyembunyikan hubungannya dengan orang lain dari pandangan publik, terutama di media sosial.

Saat seseorang menyembunyikan pasangannya, mereka seolah-olah memasukkan pasangan tersebut ke dalam saku dan tidak memperkenalkannya kepada dunia luar. Perilaku ini seringkali menimbulkan pertanyaan mengenai keseriusan hubungan tersebut.

Selain itu, pocketing juga bisa menimbulkan rasa ketidakamanan pada pasangan yang disembunyikan.

Mereka mungkin merasa tidak dihargai atau tidak dianggap sebagai bagian penting dari kehidupan pasangannya. Merangkum marriage.com, berikut alasan dan cara menghindari pocketing relationship.

Alasan Pocketing Relationship terjadi dalam Hubungan

Berikut ini adalah beberapa alasan umum lainnya mengapa pocketing terjadi:

1. Takut akan penolakan: Mereka khawatir teman-teman atau keluarga mungkin tidak setuju dengan hubungan tersebut.

2. Ketidakpastian mengenai masa depan: Mereka ragu apakah hubungan ini akan bertahan, sehingga enggan memperkenalkan pasangannya.

3. Masalah komitmen: Mereka mungkin ingin tetap membuka opsi lain yang menunjukkan kurangnya komitmen.

4. Ketidakamanan pribadi: Mereka merasa tidak yakin tentang apakah pasangannya cocok dalam kehidupan atau lingkaran sosial mereka.

5. Harapan budaya atau keluarga: Kadang-kadang, perbedaan budaya atau ekspektasi keluarga yang ketat bisa membuat seseorang enggan memperkenalkan pasangannya.

6. Trauma dari hubungan sebelumnya: Pengalaman buruk, seperti perpisahan yang menyakitkan, mungkin membuat mereka berhati-hati dalam membawa seseorang yang baru ke dalam hidup mereka.

7. Menjaga citra publik: Mereka mungkin merasa pasangannya tidak sesuai dengan citra yang sudah mereka bangun secara sosial atau profesional.

Cara Menghindari Pocketing Relationship dalam Hubungan

Dalam menghindari pocketing relationship dalam hubungan agar tidak memberikan dampak negatif pada kedua pasangan, dapat melakukan cara berikut:

1. Berkomunikasi

Adakalanya, dalam sebuah hubungan kita seringkali cepat mengambil kesimpulan. Ini merupakan karakteristik otak yang cerdas yang memungkinkan kita dalam membuat penilaian cepat tentang dunia di sekitar. Sayangnya, hal ini juga dapat menyebabkan salah paham.

Satu-satunya cara untuk benar-benar memahami perilaku seseorang adalah dengan berkomunikasi langsung dengan mereka.

Tentu saja, mereka mungkin belum siap berbagi, tetapi setidaknya kamu bisa mulai dengan menjelaskan bagaimana perilaku mereka mempengaruhi perasaanmu.

2. Memahami potensi yang menyebabkannya

Hubungan yang tidak sehat dapat muncul akibat niat buruk atau ketidaktahuan. Ini bukan untuk membenarkan perilaku tersebut, tetapi mempunyai rasa empati saat berkomunikasi bisa sangat membantu.

Dalam hal ketidaktahuan, mereka mungkin tidak sepenuhnya memahami perasaan mereka dan tidak menyadari bahwa mereka menyembunyikan dari kehidupan mereka.

Mungkin juga ada trauma masa lalu yang membuat mereka kesulitan dalam mempercayai hubungan, sehingga proses berbagi informasi menjadi lebih lambat.

Tentu saja, kamu tidak ingin terjebak dalam hubungan di mana pasangan menyembunyikan dirimu dari orang lain. Akan tetapi, penting supaya tetap terbuka dan mendengarkan perasaannya terkait masalah ini.

3. Bagikan kebutuhanmu

Komunikasi yang terbuka tidak hanya membantu dalam memahami pasanganmu dengan lebih baik, tetapi juga memperkuat ikatan emosional di antara kalian.

Ketika kamu merasa nyaman untuk berbagi perasaan dan kebutuhanmu, pasangan juga akan merasa lebih dihargai dan dipahami.

Selain itu, dengan berkomunikasi secara terbuka, kamu juga bisa menghindari kesalahpahaman dan konflik yang tidak perlu.

Saat kamu dan pasanganmu memiliki pemahaman yang sama mengenai harapan dan kebutuhan masing-masing, kamu akan lebih mudah dalam menyelesaikan masalah yang mungkin timbul.

4. Saling mendengar ketakutan masing-masing

Beranjak dari hubungan yang melibatkan banyak orang bisa memerlukan usaha dari kedua pihak.

Kamu mungkin perlu mengevaluasi kembali caramu menyampaikan kebutuhan, sementara mereka mungkin perlu melepaskan beberapa ketakutan yang ada.

Tergantung pada posisimu dalam hubungan, kamu dapat memilih menemui terapis atau konselor.

Proses pemulihan dari ketakutan akan hubungan atau masalah kepercayaan dalam hubungan memang memerlukan waktu. Kondisi ini akan lebih efektif jika dilakukan dengan bantuan seorang profesional.

5. Rencanakan langkah-langkah kecil

Hal yang paling penting saat menghadapi hubungan yang tidak sehat adalah mengambil langkah maju dengan hati-hati.

Ekspresikan kebutuhan dan ketakutanmu hanya sejauh yang dirasa nyaman. Cobalah mendengarkan satu sama lain sebanyak mungkin dan saling mendukung selama proses ini.

Kemungkinan besar, kamu akan muncul lebih kuat dengan keterampilan komunikasi dan pemecahan masalah yang lebih baik sebagai pasangan. Mulailah dengan aktivitas yang tidak terlalu menegangkan.

Adapun contohnya, seperti menghadiri acara santai bersama atau melakukan pertemuan singkat dengan teman dekat.

Setelah melakukannya, diskusikan perasaan masing-masing guna menentukan apa yang bisa menjadi langkah selanjutnya. Hal ini dapat menghindari pocketing relationship.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #wajib #dicoba #cara #menghindari #pocketing #relationship #dalam #hubungan #agar #tidak #berdampak #buruk #pada #hubungan

KOMENTAR