Perawatan Wajah Alami di Rumah: Stroberi Merawat Kulit Berjerawat, Cocok Dijadikan Jus hingga Masker
kandungan stroberi./ (ERIKA UNTUK JAWA POS)
12:10
10 Oktober 2024

Perawatan Wajah Alami di Rumah: Stroberi Merawat Kulit Berjerawat, Cocok Dijadikan Jus hingga Masker

Sudah tidak diragukan lagi, buah stroberi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Salah satu manfaat yang sudah diketahui orang banyak adalah ampuh dalam melawan tanda-tanda penuaan.

Namun, tahukah, ternyata stroberi menyimpan manfaat lain, yakni meredakan jerawat yang meradang?

Dilansir JawaPos.com dari St. Botanica pada Kamis (10/10), berikut kandungan, manfaat, hingga cara menggunakan stroberi untuk perawatan wajah alami di rumah, termasuk merawat kulit wajah yang berjerawat.

Kandungan dan Manfaatnya

Berikut ini sejumlah kandungan serta manfaat buah stroberi untuk kesehatan kulit wajah.

- Asam ellagic, membantu melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus dan kerutan pada wajah yang disebabkan oleh radikal bebas atau stressor dari lingkungan.

- Antioksidan, bermanfaat menghilangkan bitik hitam hingga kulit kecoklatan akibat sinar matahari dan menyamarkan tanda-tanda penuaan seperti asam ellagic, sehingga kulit tampak segar dan berseri.

- Vitamin C pada stroberi merupakan jenis vitamin yang stabil dan larut dalam air atau dikenal natrium askorbil fosfat (SAP) yang memiliki manfaat mencerahkan dan meratakan warna kulit serta menyamarkan noda atau bintik hitam.

- AHA, membantu dalam pengangkatan sel-sel kulit mati serta peremajaan kulit, sehingga wajah tampak segar dan bercahaya. AHA juga bermanfaat untuk mencerahkan warna kulit, khususnya kulit di bawah mata yang membuat kantung mata tersamarkan. Tidak hanya itu, noda hitam pada wajah pun dapat hilang dengan kandungan AHA pada stroberi.

- Astringent, membantu menenangkan kulit, khususnya area sekitar mata.

- Asam salisilat, baik untuk detoksifikasi pori-pori dan mencegah timbulnya jerawat. Asam salisilat juga berfungsi melawan komedo putih dan hitam.

Manfaat lain dari stroberi untuk kulit wajah, antara lain mengontrol produksi sebum atau minyak berlebih, meningkatkan produksi kolagen, memperbaiki tekstur kulit, serta menutrisi kulit.

Cara Menggunakannya

Ditambahkan dari Healthline, terdapat dua cara menggunakan stroberi untuk mendapatkan segudang manfaat buah stroberi bagi kesehatan kulit wajah, yakni secara tipikal atau dioleskan langsung ke permukaan kulit dan dikonsumsi secara langsung, baik dalam bentuk buah utuh atau dibuat jus.

Lebih lanjut, berikut cara memanfaatkan stroberi guna mendapatkan segudang khasiatnya untuk kesehatan kulit.

1. Masker Wajah

Bila ingin menjadikan stroberi sebagai masker wajah, terlebih dahulu tumbuk atau haluskan stroberi terlebih dahulu.

Anda dapat tambahkan bahan lain seperti yoghurt, madu, susu, atau lainnya sebelum dioleskan ke wajah secara merata.

Tunggulah beberapa saat sebelum Anda membersihkan secara menyeluruh wajah Anda. Gunakan masker stroberi secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

2. Jus

Bila Anda tidak tahan dengan asam yang dimiliki buah stroberi, Anda dapat mengosumsinya dengan dibuat jus.

Cara membuatnya pun mudah, cukup memasukkan buah stroberi segar, tambahkan sedikit gula dan air lemon atau jeruk nipis (opsional), kemudian blender semua bahan-bahan tersebut.

3. Eksfoliator

Penggunaan tipikal buah stroberi lainnya ialah dijadikan eksfoliator. Caranya, haluskan buah stroberi lalu tambahkan sedikit gula. Bila tekstur dirasa masih kasar, Anda dapat tambahkan minyak kelapa atau minyak zaitun.

Selanjutnya, oleskan eksfoliator alami ini pada wajah Anda secara merata dan perlahan dengan gerakan memutar. Lalu tunggulah beberapa saat sebelum akhirnya wajah dibersihkan secara menyeluruh hingga bersih.

Demikianlah manfaat buah stroberi, baik dikonsumsi langsung sebagai jus atau penggunaan topikal sebagai masker untuk perawatan wajah alami di rumah, salah satunya meredakan jerawat yang meradang. Selamat mencoba.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #perawatan #wajah #alami #rumah #stroberi #merawat #kulit #berjerawat #cocok #dijadikan #hingga #masker

KOMENTAR