Dikenal Sebagai Festival Musim Semi di Tiongkok, Begini Tradisi dan Perayaan Tahun Baru Imlek di Tahun Naga Kayu 2024
Parade Barongsai di pinggir jalan (Sumber foto : timeforkids.com)
20:56
1 Februari 2024

Dikenal Sebagai Festival Musim Semi di Tiongkok, Begini Tradisi dan Perayaan Tahun Baru Imlek di Tahun Naga Kayu 2024

Jawapos.com - Tahun baru Imlek yang dikenal sebagai Festival Musim Semi merupakan hari libur Internasional terpenting di Tiongkok. Diketahui, asal usul festival Tahun Baru Imlek dimulai dari sekitar 3.500 tahun yang lalu.

Tahun Baru Tiongkok telah berkembang dari waktu yang lama, dan adat istiadat juga telah mengalami proses perkembangan yang panjang. Adat dan tradisi  sangat bervariasi dari satu daerah ke daerah lain, namun semuanya memiliki tema yang sama.

Dikutip Jawapos.com dari chinahighlights.com Kamis (1/2), berikut kegiatan utama selama Tahun Baru Imlek Naga Kayu 2024.

1. Mendekorasi dan membersihkan rumah dengan benda yang berwarna merah

Orang-orang membersihkan rumah mereka dengan hati-hati sebelum Festival Musim Semi, melambangkan pembuangan nasib buruk  tahun sebelumnya dan mempersiapkan rumah mereka untuk menerima keberuntungan.

Orang-orang membersihkan rumah mereka dengan hati-hati sebelum Festival Musim Semi,  melambangkan pembuangan nasib buruk  tahun sebelumnya dan mempersiapkan rumah mereka untuk menerima keberuntungan.

2. Mempersembahkan kurban persembahan kepada leluhur

Menghormati orang yang meninggal merupakan tradisi Tahun Baru Imlek yang masih dipertahankan.

Banyak orang Tionghoa mengunjungi makam leluhurnya pada malam tahun baru, memberikan persembahan kepada leluhurnya sebelum makan malam reuni, menambahkan gelas tambahan, dan meletakkannya di atas kuburan.



3. Menikmati Makan Malam Reuni Keluarga di Tahun Baru Imlek

Tahun Baru Imlek adalah waktu berkumpulnya keluarga. Malam Tahun Baru Imlek adalah waktu yang paling penting. Dimanapun berada, setiap orang harus tetap berada di rumah untuk merayakan hari raya bersama keluarga.

Makan malam Tahun Baru Imlek disebut makan malam reuni. Keluarga besar multigenerasi duduk mengelilingi meja bundar dan menikmati makanan serta waktu bersama.

4. Penukaran Amplop Merah dan Hadiah lainnya

Tahun Baru Imlek adalah musim amplop merah (atau linhshì atau lai see dalam bahasa Kanton).

Amplop merah berisi uang dan sering diberikan kepada anak-anak dan orang tua (pensiunan). Hadiah Tahun Baru Imlek populer lainnya adalah anggur, teh, buah, dan permen.

Amplop merah (uang) disebut ya sui qian (压岁钱 /yaa sway chyen/), yang berarti 'menekan uang Sui [iblis]'. Mereka yang menerima amplop merah diharapkan mendapatkan tahun yang aman dan damai lagi.



5. Menyalakan Petasan dan Kembang Api

Bagian penting dari perayaan ini adalah kombinasi kembang api dan petasan, yang dapat digunakan untuk acara publik di kota-kota besar dan pertemuan pribadi di lokasi terpencil di seluruh Tiongkok.

Itu adalah cara untuk mengusir kejahatan dan menyambut  tahun baru yang akan datang. Miliaran kembang api dinyalakan di Tiongkok pada tengah malam dan pada menit-menit pertama Tahun Baru Imlek, jumlah terbesar dimanapun dan kapanpun sepanjang tahun.

6. Menonton Tarian Singa dan Naga


Tarian barongsai dan tarian naga dirayakan secara luas di Tiongkok dan di Pecinan di banyak negara Barat selama  Tahun Baru Imlek. Mereka dilakukan untuk membawa kemakmuran dan keberuntungan untuk tahun atau acara mendatang.

Masih banyak lagi tradisi dan adat istiadat Imlek lainnya seperti memakai baju baru, begadang di malam tahun baru, menonton Gala Festival Musim Semi, dll.

Tahun Baru Imlek adalah hari libur yang merayakan awal tahun baru menurut kalender lunisolar tradisional Tiongkok.

Tahun Baru Imlek 2024 akan jatuh pada hari Sabtu, 10 Februari. Tanggalnya berubah setiap tahun namun selalu antara tanggal 21 Januari hingga 20 Februari.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #dikenal #sebagai #festival #musim #semi #tiongkok #begini #tradisi #perayaan #tahun #baru #imlek #tahun #naga #kayu #2024

KOMENTAR