Kiat Melawan Sisi Gelap INFJ, Kepribadian Terlangka yang Sering Terkungkung dalam Idealismenya Sendiri
Ilustrasi: INFJ sang idealis. (Pexels)
16:12
28 Januari 2024

Kiat Melawan Sisi Gelap INFJ, Kepribadian Terlangka yang Sering Terkungkung dalam Idealismenya Sendiri

- Tipe kepribadian langka dalam tipologi MBTI satu ini sering digambarkan sebagai seseorang yang hangat, empati, dan sensitif. Namun, dibeberapa fase kehidupan mungkin INFJ ini akan berada di sisi gelapnya.

Hal ini dengan mudah terjadi saat INFJ menjadi seseorang yang tidak sehat dan sekaligus dihadapkan pada situasi yang sangat sulit, seperti trauma, kesedihan, dan situasi serupa lainnya.

Ketika seorang INFJ tidak sehat, mereka akan menunjukkan serangkaian sifat yang cenderung sangat berbeda dari INFJ pada umumnya. Sifat-sifat itu muncul diluar kendali mereka, namun tak bisa disebut sebagai kelemahan mereka.

Beberapa ciri INFJ sedang berada di sisi gelapnya adalah saat ia cenderung terlihat manipulatif, egois, dingin/kejam, ledakan amarah, terlalu puas, menjadi penyendiri, dan mendambakan perhatian lebih.

Lalu, bagaimana jika saat ini Anda atau seorang INFJ lainnya sedang mengalami salah satu atau beberapa masalah tersebut? Berikut beberapa altermatif cara yang bisa digunakan untuk melawan sisi gelap INFJ yang dilansir dari personalityhunt.com.

Cara Keluar dari Sisi Gelap INFJ

1. Evaluasi Kembali Diri Anda Sendiri

Langkah pertama adalah melakukan evaluasi ulang setiap hal secara keseluruhan. Munculkan kembali nilai-nilai Anda dan berpikirlah apakah nilai-nilai tersebut telah berubah atau tidak. Anda juga harus mempertimbangkan apakah Anda telah menjalankan prinsip-prinsip tersebut.

Pastikan evaluasi ulang ini seobjektif mungkin. Mintalah beberapa teman untuk memberikan analisis obyektif mereka tentang perilaku Anda saat ini. Mengambil langkah ini saja akan memungkinkan Anda membayangkan bagaimana orang melihat dan memahami tindakan Anda.

2. Bicaralah dengan Seseorang

Jika merasa tak terlalu sanggup untuk melawan sisi gelap Anda sendiri, maka cobalah untuk melibatkan orang lain dengan berbicara kepada mereka. Bisa kepada teman baik atau anggota keluarga. Jujurlah pada mereka dan katakan saja apa yang Anda rasakan.

Mintalah tanggapan yang jujur ​​dan apa adanya dari mereka. Berbicara dengan seseorang dapat membantu Anda mengurangi semua energi buruk yang terpendam di dalam diri Anda.

3. Temui Terapis

Saran terbaik adalah menemui terapis. Mereka dilatih untuk menangani masalah yang berkaitan dengan depresi atau sifat mental yang cenderung tidak sehat.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggunakan platform terapi online. Mereka memiliki terapis berkualifikasi dan selalu bersedia membantu. Anda mungkin harus mencobanya.

4. Cobalah untuk Mengambil Kembali Kendali

Langkah terakhir dan paling penting, ambil kembali kendali atas hidup Anda. Situasi perlawanan tersebut mungkin bisa terasa sangat menantang dan membebani.

Namun, pastikan Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang hidup Anda. Dengan memiliki kontrol yang lebih baik, Anda dapat keluar dari zona tersebut dan kembali mempersiapkan diri untuk sukses dimasa depan.

Dan yang perlu disadari adalah bahwa, setiap orang akan mengalami masa-masa sulit selama hidupnya. Dengan sedikit keberuntungan dan usaha, Anda pasti bisa mengatasinya.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #kiat #melawan #sisi #gelap #infj #kepribadian #terlangka #yang #sering #terkungkung #dalam #idealismenya #sendiri

KOMENTAR