Sophia Latjuba Bocorkan Rahasia Awet Muda dan Meningkatkan Fungsi Otak: Minum Air Rebusan Kentang
Sophia Latjuba. [Instagram]
11:26
28 Januari 2024

Sophia Latjuba Bocorkan Rahasia Awet Muda dan Meningkatkan Fungsi Otak: Minum Air Rebusan Kentang

Sophia Latjuba kerap dianggap sebagai salah satu artis yang menjadi role model atau teladan dalam lakukan gaya hidup sehat dan memiliki bentuk tubuh ideal. Selain rutin berolahraga, Sophia Latjuba rupanya juga sangat memperhatikan asupan gizi terutama vitamin yang masuk ke tubuhnya. 

Tidak harus dengan mengonsumsi suplemen, artis 53 tahun itu nampaknya lebih sering mengonsumsi makanan maupun minuman alami untuk mendapatkan asupan gizi terbaik. Baru-baru ini, Sophia Latjuba mengungkapkan kalau dirinya konsumsi air rebusan kentang yang dia sebut sangat bermanfaat bagi tubuh.

Pada postingan di Instagram story, ibu Eva Celia itu mengungkapkan kalau dirinya mencontek cara itu dari rekannya.

Sophia Latjuba Bocorkan Rahasia Awet Muda. (Dok. Instagram/SophiaLatjuba)Sophia Latjuba Bocorkan Rahasia Awet Muda. (Dok. Instagram/SophiaLatjuba)

"Saya mengutip @arief_m.d "Mengandung vit C yang menenangkan perut, vit B, potasium, flavonoid, karotenoid dan meningkatkan fungsi otak"," tulis Sophia Latjuba dalam bahasa Inggris di postingan Instagram story, dikutip Minggu (28/1/2024).

Prmain film Comiq 8 itu juga menunjukan kentang miliknya yang sedang direbus. Sophia Latjuba memotong kecil-kecil kentang tersebut lalu dimasak pada air mendidih. Nantinya, bekas air rebusan itu yang akan diminum olehnya. 

"Satu kentang besar (dimasak) dalam 500ml air sampai mendidih hingga kira-kira 200ml. Tiriskan kentang dan minum air kentangnya. Makanan super!" tulis Sophia Latjuba.

Manfaat Air Rebusan Kentang

Sebenarnya belum ada hasil penelitian yang menjelaskan tentang manfaat konsumsi air rebusan kentang. Hanya saja, kentang sendiri telah dipastikan memang mengandung banyak sumber nutrisi yang baik bagi kesehatan. Kentang diketahui menjadi sumber karbohidrat yang lebih rendah gula dibandingkan nasi. 

Selain itu, kentang juga mengandung serat, antioksidan, kalium, folat, serta vitamin B6 dan vitamin C.

Ragamnya nutrisi pada kentang tersebut diyakini akan turut tercampur pada air yang digunakan saat merebusnya. Dikutip dari The Spruce Eats, kentang akan melepaskan kandungan tepungnya ke dalam air saat dimasak. 

Air kentang itu kemudian bisa digunakan sebagai pengganti susu atau membuat roti tetap lembab. Selain itu, dapat digunakan sebagai pengental yang secara alami bebas gluten. Air itu dapat menambah tekstur, menjaga kelembapan pada roti, dan memberikan rasa tertentu dibandingkan hanya menggunakan air biasa.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #sophia #latjuba #bocorkan #rahasia #awet #muda #meningkatkan #fungsi #otak #minum #rebusan #kentang

KOMENTAR