Benarkah Generasi Z Kecanduan Zodiak? Sebuah Tren Baru yang Memengaruhi Kehidupan Gen Z
ILUSTRASI. Generasi Z. (Pinters)
21:52
27 Januari 2024

Benarkah Generasi Z Kecanduan Zodiak? Sebuah Tren Baru yang Memengaruhi Kehidupan Gen Z

 Generasi Z disebut memiliki minat yang besar pada konten astrologi. Konten ini mencerminkan perubahan dan tren yang mereka ciptakan dan ikuti. Mengutip Fanbytes, ide bahwa ada urutan alami dalam univers ini menarik bagi generasi ini untuk diikuti. Sementara itu, aspek karakteristik dari tanda zodiak merespon ke penikmatan mereka terhadap konten yang disesuaikan dengan preferensi individu.

Menurut penelitian lainnya oleh MTV, 87 persen peserta survei dari 1.000 orang usia 14-29 tahun mengetahui tanda zodiak mereka, 75 persen diantaranya percaya bahwa astrologi bekerja, dan 65 persen secara teratur memeriksa horoskop mereka.

Sementara itu Harper's Bazaar juga mencatat bahwa Generasi Z telah memandang astrologi sebagai industri miliaran. Penelitian menunjukkan bahwa 43 persen dari Gen Z akan membuat keputusan besar berdasarkan astrologi, dan satu dari tiga setuju bahwa 'dalam waktu ini mereka beralih ke astrologi untuk memahami hal-hal.’

Konten astrologi untuk Gen Z sangat dipersonalisasi, dengan banyak posting-an media sosial yang berfokus pada stereotip tanda zodiak tertentu. Audiens menikmati mencari konten yang ditujukan untuk tanda zodiak mereka sendiri atau orang-orang yang kepribadian mereka sesuai dengan prediksi astro.

Astrologi menyediakan petunjuk dan koneksi yang dicari Gen Z. Dengan memberikan petunjuk melalui ketidakpastian dan trauma kolektif, astrologi memberikan rute alami untuk menavigasi kacau dan keraguan, serta cara untuk lebih memahami diri sendiri, orang lain, dan dunia sekitar.

Menurut Wired, astrologi menjadi saluran untuk memahami dunia yang semakin menyesakkan dan memberikan kenyamanan dalam segala hal mulai dari interaksi sosial hingga krisis eksistensial.

Krisis eksistensial sendiri merupakan konsep filosofis yang merujuk pada ketidakpastian dan ketegangan tentang makna dan tujuan hidup. Ini adalah fase ketika individu merasa bahwa hidupnya tidak memiliki arti atau tujuan yang jelas, atau bahkan bahwa ada suatu tujuan atau makna yang lebih besar di balik hidup.

Aplikasi seperti Co-Star telah menjadi bagian penting dari media sosial Gen Z, yang telah melekat ke kehidupan nyata. Generasi Z, sering disebut sebagai Gen Z, menunjukkan minat yang signifikan terhadap astrologi, termasuk horoskop.

Kecenderungan ini dapat melibatkan beberapa faktor sebagai berikut.

  1. Pergeseran Budaya : Kemajuan platform digital dan media sosial telah membuat astrologi lebih mudah diakses dan populer di kalangan generasi yang lebih muda. Gen Z tumbuh di era di mana mereka dapat dengan mudah mengakses konten astrologi online melalui berbagai aplikasi dan situs web.
  2. Pencarian Arti : Astrologi menawarkan rasa urutan dan prediktibilitas dalam dunia yang sering tidak teratur atau dapat disebut kaotik. Hal Ini memberikan kerangka kerja untuk memahami sifat kepribadian dan potensi masa depan berdasarkan tanda zodiak mereka. Sehingga  dapat menarik bagi Gen Z yang mencari tujuan dan arah dalam hidup.
  3. Koneksi Komunitas : Horoskop dapat menciptakan rasa komunitas di antara individu Gen Z yang memiliki tanda zodiak yang sama. Ini dapat mempromosikan rasa kepemilikan dan identitas bersama.
  4. Nilai Hiburan : Horoskop, terutama yang humoris atau absurd, dapat memberikan nilai hiburan.
  5. Dampak Psikologis : Astrologi dapat memiliki dampak psikologis pada pengikutnya. Ini dapat memberikan kenyamanan dan pengesahan selama periode ketidakpastian atau krisis. Ini juga dapat membantu individu memahami diri mereka sendiri lebih baik dan membuat keputusan berdasarkan pandangan mereka terhadap tanda zodiak.

Meskipun faktor-faktor ini berkontribusi pada kecenderungan Gen Z untuk terobsesi dengan horoskop, tetapi mayoritas mungkin masih sulit percaya pada validitas astrologi.

Namun, banyak remaja terus berpartisipasi dalam konten astrologi, kadang-kadang bahkan menggabungkannya ke dalam rutinitas sehari-hari mereka atau membuat keputusan berdasarkan bacaan horoskop mereka.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #benarkah #generasi #kecanduan #zodiak #sebuah #tren #baru #yang #memengaruhi #kehidupan

KOMENTAR