9 Cara Mudah yang Ampuh untuk Mencegah dan Mengurangi Keriput agar Kulit Tetap Cantik Awet Muda
Cara mencegah dan mengurangi keriput pada kulit/Freepik
12:46
7 Oktober 2024

9 Cara Mudah yang Ampuh untuk Mencegah dan Mengurangi Keriput agar Kulit Tetap Cantik Awet Muda

- Keriput adalah tanda penuaan yang umum terjadi pada kulit seiring bertambahnya usia.

Keriput muncul akibat berkurangnya kolagen dan elastin, dua protein penting yang menjaga kekencangan dan elastisitas kulit.

Selain faktor usia, paparan sinar matahari, polusi, dan gaya hidup seperti merokok juga dapat mempercepat proses pembentukan keriput.

Ternyata, ada beberapa cara sederhana yang jarang diungkap dan mampu mengurangi dan mencegah keriput pada kulit.

Berikut ini penjelasan selengkapnya seputar cara yang ampuh mencegah dan mengurangi keriput.

1. Gunakan Vitamin C

Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa krim dengan vitamin C dapat meningkatkan jumlah kolagen yang diproduksi oleh kulit.

Vitamin C, melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UVA dan UVB, serta membantu mengurangi kemerahan, bintik-bintik hitam, dan warna kulit yang tidak merata.

Namun, Anda harus menggunakan produk kulit dengan jenis vitamin C yang tepat. Asam L-askorbat mungkin yang terbaik untuk menghilangkan kerutan.

2. Tingkatkan hidrasi tubuh

Dikutip dari laman Nivea pada (7/10), menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat mencegah munculnya keriput. Jadi, cobalah untuk minum dua liter air per hari, terutama setelah berolahraga.

Jika tidak suka minum air putih, tambahkan lemon segar atau tingkatkan kadar hidrasi kulit Anda dengan meminum air kelapa alami.

3. Kurangi stress

Cobalah untuk meminimalkan beban kerja atau kurangi apa pun yang membuat Anda stres dan dapat menyebabkan keriput. Yoga dan meditasi juga dapat membantu.

4. Hindari paparan sinar matahari berlebih

Lindungi kulit Anda dari sinar matahari dengan mengoleskan tabir surya atau pelembab ber-SPF setiap hari.

Jika harus berada di luar ruangan dalam jangka waktu yang lama, gunakan topi, kacamata hitam, dan kemeja lengan panjang.

Selain itu, usahakan untuk selalu mencari tempat teduh dan ingatlah untuk tetap terhidrasi. Jika Anda tidak sengaja terbakar sinar matahari, oleskan pelembab setelah berjemur.

5. Tidur dengan posisi telentang

Ketika Anda tidur dengan posisi tertentu setiap malam, ini akan menimbulkan garis-garis tidur, yakni kerutan yang terukir pada lapisan atas kulit dan tidak memudar setelah Anda bangun.

Tidur menyamping akan menyebabkan kerutan di pipi dan dagu, sementara tidur telungkup akan membuat alis Anda berkerut.

6. Perbanyak makan salmon

Salmon adalah sumber protein yang bagus, salah satu bahan pembangun jaringan kulit yang bagus. Ikan ini juga mengandung banyak asam lemak omega 3.

Para ahli mengatakan bahwa asam lemak esensial menutrisi kulit dan menjaganya tetap kenyal dan awet muda, serta dapat membantu meminimalisir keriput, dikutip dari laman Web MD pada (7/10).

7. Jangan menyipitkan mata

Ekspresi wajah apa pun yang Anda lakukan berulang-ulang seperti menyipitkan mata akan membuat otot-otot wajah bekerja terlalu keras dan membuat lekukan-lekukan di bawah permukaan kulit.

Pada akhirnya lekukan-lekukan tersebut akan menjadi kerutan. Jadi, jagalah agar mata Anda tetap terbuka lebar.

8. Oleskan AHA

Asam alami ini mengangkat lapisan atas sel kulit mati. Hal ini membantu mengurangi tampilan pori-pori, garis-garis halus, dan kerutan di permukaan kulit, terutama di sekitar mata.

Bentuk AHA yang lebih kuat dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di kulit. Kolagen adalah protein yang memberikan kekuatan dan kekencangan pada kulit.

Menggunakan AHA dapat membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari, jadi pakailah tabir surya setiap hari.

9. Jangan terlalu sering mencuci muka

Air keran dapat menghilangkan kelembapan dan minyak alami kulit yang melindungi dari keriput.

Jika mencuci wajah terlalu sering, Anda akan menghilangkan perlindungannya. Gunakan sabun yang mengandung pelembap atau pembersih wajah berbentuk gel atau krim.

Demikianlah penjelasan seputar tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan keriput pada kulit.

Dengan menggunakan perawatan yang tepat dan melindungi kulit dari sinar matahari, tentu kulit akan menjadi terlindung dari berbagai permasalahan kulit.***

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #cara #mudah #yang #ampuh #untuk #mencegah #mengurangi #keriput #agar #kulit #tetap #cantik #awet #muda

KOMENTAR