8 Manfaat Hyaluronic Acid yang Jarang Diketahui, Menghidrasi Kulit sampai Mengurangi Refluks Asam Lambung
Manfaat hyaluronic acid untuk kecantikan. (Freepik)
10:46
7 Oktober 2024

8 Manfaat Hyaluronic Acid yang Jarang Diketahui, Menghidrasi Kulit sampai Mengurangi Refluks Asam Lambung

 

 - Hyaluronic acid adalah senyawa alami yang ditemukan dalam tubuh, terutama di jaringan ikat, kulit, dan mata.

Senyawa ini berfungsi untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit, serta berperan dalam proses penyembuhan.

Dalam dunia kecantikan, hyaluronic acid sering digunakan dalam produk perawatan kulit dan suntikan filler untuk mengurangi kerutan dan memberikan tampilan yang lebih kenyal.

Kemampuannya untuk menahan air hingga seribu kali lipat dari beratnya menjadikannya bahan yang penting digunakan dalam berbagai formulasi skincare.

Berikut ini beberapa manfaat luar biasa yang dimiliki hyaluronic acid, dilansir dari laman Medical News Today pada (7/10).

  1. Anti penuaan

Hyaluronic acid secara signifikan dapat mengurangi kedalaman keriput dan meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit.

Sebuah penelitian pada tahun 2014 melibatkan wanita yang mengoleskan hyaluronic acid secara topikal, dua kali sehari, selama 8 minggu.

Penelitian ini melaporkan penurunan hingga 40% pada kedalaman kerutan dan peningkatan hingga 55% pada kekencangan dan elastisitas kulit dibandingkan dengan partisipan yang tidak mengoleskan hyaluronic acid.

  1. Mengurangi nyeri sendi

Satu tinjauan pada tahun 2017 melibatkan kombinasi pengobatan yang berbeda untuk penderita osteoartritis yang mengalami nyeri sendi dan peradangan.

Studi ini menunjukkan bahwa menggabungkan hyaluronic acid dengan obat yang digunakan untuk mengobati gejala-gejala ini, seperti obat antiinflamasi nonsteroid atau kortikosteroid, dapat meningkatkan efektivitas pengobatannya.

  1. Mengurangi dermatitis

Hyaluronic acid dapat membantu memperbaiki gejala eksim ringan hingga sedang.

Peserta dalam sebuah penelitian tahun 2011 menemukan bahwa hyaluronic acid dalam bentuk busa lebih baik untuk digunakan dan memperbaiki eksim mereka lebih banyak daripada krim emulsi yang mengandung ceramide.

  1. Menghidrasi kulit

Banyak orang menggunakan hyaluronic acid untuk menghidrasi kulitnya. Hyaluronic acid dapat meningkatkan kelembapan kulit dan meningkatkan kualitas hidup mereka yang memiliki kulit kering.

Sebuah penelitian pada tahun 2014 melibatkan partisipan wanita yang mengoleskan hyaluronic acid topikal sebagai lotion, serum, dan krim. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hidrasi kulit hingga 96% setelah 8 minggu penggunaan di berbagai jenis.

  1. Membantu menyembuhkan luka

Hyaluronic acid membantu kulit menjaga kelembapan dan membantu proses regenerasi jaringan yang terlibat dalam penyembuhan luka.

Sebuah penelitian pada tahun 2016 menunjukkan bahwa mengoleskan hyaluronic acid pada kulit untuk menyembuhkan luka dapat membantu meredakan peradangan dan mengatur perbaikan jaringan.

  1. Menghaluskan tekstur kulit

Sebuah penelitian menemukan bahwa hyaluronic acid dapat membantu mengurangi kekasaran kulit seseorang dan meningkatkan elastisitas kulit.

  1. Mengurangi refluks asam lambung

Penyakit refluks gastroesofagus (GERD) adalah kondisi umum yang menyebabkan gejala seperti refluks asam dan mulas.

Satu percobaan pada tahun 2017 menemukan bahwa suplemen hyaluronic acid yang dikonsumsi dengan penekanan asam membantu memperbaiki gejala orang dengan penyakit refluks non-erosif, salah satu jenis GERD.

  1. Menenangkan mata kering

Mata mengandung hyaluronic acid dalam konsentrasi tinggi. Oleh karena itu, obat tetes mata yang mengandung hyaluronic acid dapat membantu mengobati gejala mata kering.

Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa mengonsumsi kombinasi hyaluronic acid oral dan topikal dapat meredakan gejala mata kering pada partisipan.

Itulah beberapa manfaat yang dimiliki hyaluronic acid untuk tubuh. Secara keseluruhan, zat ini berfungsi untuk melembabkan dan menenangkan jaringan dalam tubuh.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengaplikasikan hyaluronic acid untuk bagian tubuh yang membutuhkan kelembaban.***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #manfaat #hyaluronic #acid #yang #jarang #diketahui #menghidrasi #kulit #sampai #mengurangi #refluks #asam #lambung

KOMENTAR