Beda dari Ivan Gunawan, Ini Sumber Penghasilan Tessy Usai Dicekal KPI Tampil Pakai Baju Wanita
Pelawak Tessy [suara.com/Wahyu]
17:04
9 Januari 2024

Beda dari Ivan Gunawan, Ini Sumber Penghasilan Tessy Usai Dicekal KPI Tampil Pakai Baju Wanita

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) belum lama ini melayangkan teguran kepada Ivan Gunawan setelah ia bergaya atau berdandan seperti wanita dalam acara Brownis. Jauh sebelum Ivan Gunawan, Tessy Srimulat juga diketahui pernah ditegur oleh KPI dengan alasan yang sama di layar kaca.

Buntut dari larangan untuk tampil di televisi ini, menjadikan sosok komedian tersebut jatuh miskin hingga menjual sejumlah aset kekayaan.

Pada Maret 2022 lalu, Tessy Srimulat sempat bercerita terkait dengan kondisi keuangannya setelah tidak lagi tampil di dunia hiburan. Dalam tayangan YouTube Maia Estianty, Tessy menyebut bahwa ia harus menjual beberapa aset kekayaan seperti rumah dan mobil untuk menyambung kebutuhan hidup.

Lantas, darimana sumber penghasilan Tessy? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Tessy memiliki nama asli Kabul Basuki, pria yang lahir di Banyuwangi pada 15 Juni 1942 tersebut saat ini berusia 81 tahun.

Sebelum menjadi seorang pelawak, Tessy merupakan anggota KKO TNI AL atau yang sekarang disebut dengan Korps Marinir. Adapun pangkat terakhirnya adalah Kopral Satu KKO.

Tessy mulai terjun di dunia hiburan pada 1979. Saat itu, pria berdarah Jawa Timur tersebut bergabung ke grup lawak Srimulat bersama dengan Nunung dan juga rekan-rekannya.

Kemudian, Tessy membentangkan sayapnya ke dunia perfilman. Ia pernah membintangi beberapa judul film layar lebar, seperti Gepeng Mencari Untung, Setan Budeg, The Maling Kuburans.

Lalu, ia juga pernah mengambil peran di film Wakil Rakyat, Penganten Pocong, Finding Srimulat, Gue Bukan Pocong, 3 Pilihan Hidup, Srimulat: Hidup Memang Komedi, dan masih banyak lainnya.

Melihat dari riwayat hidupnya, bisa disimpulkan bahwa sumber penghasilan dari Tessy Srimulat sebelum dilarang tampil, di antaranya:

Pelawak

Seperti diketahui, Tessy dikenal sebagai komedian berbasis srimulat. Sebelum pada akhirnya dilarang untuk kembali tampil di layar kaca karena penampilannya yang disebut-sebut bergaya perempuan, sumber penghasilan Tessy adalah dari menjadi seorang pelawak.

Pria paruh baya tersebut sebelumnya aktif untuk tampil dari panggung ke panggung menghibur penonton dengan bayaran yang tentu saja tidak sedikit.

Bermain Film

Selain menjadi seorang pelawak, sumber penghasilan lainnya untuk Tessy adalah dari perannya di sejumlah layar lebar. Tessy bermain di sejumlah film layar lebar yang cukup terkenal.

Tak hanya sekali, Tessy juga sempat beberapa kali bermain film dan berhasil membawa filmnya tersebut menjadi terkenal di masyarakat. Tentu saja, dengan adanya hal tersebut bisa menambah pundi-pundi rupiah bagi Tessy.

Sumber Penghasilan Tessy Sekarang

Pada 2022 lalu, Tessy menceritakan nasibnya setelah KPI melarangnya pakai baju perempuan di TV. Hal itu ia ceritakan kepada Maia Estianty dalam tayangan YouTube MAIA ALELDUL.

Setelah teguran itu, Tessy mengaku bahwa ia tidak memiliki pekerjaan sampai enam tahun.

"Itu enam tahun mati, enggak dapat kerjaan gara-gara baju perempuan, asline lanang," ucap Tessy.

Saat itu, Tessy mengaku bahwa ia sampai menjual mobil dan rumah demi melanjutkan hidup setelah dicekal KPI untuk tidak tampil di televisi.

"Rumah kejual, mobil kejual, habis enggak ada penghasilan sama sekali," ujar Tessy.

Pada 2021, Tessy diketahui mencoba peruntungan membuka kanal YouTube dengan nama T&N Channel bersama Nunung. 

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #beda #dari #ivan #gunawan #sumber #penghasilan #tessy #usai #dicekal #tampil #pakai #baju #wanita

KOMENTAR