Beda Kekayaan Ahok vs Abdee Slank: Satu Tetap Jadi Komisaris, Satu Rela Mundur Usai Dukung Ganjar
Kolase Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Abdee Slank. [Istimewa]
19:43
24 Januari 2024

Beda Kekayaan Ahok vs Abdee Slank: Satu Tetap Jadi Komisaris, Satu Rela Mundur Usai Dukung Ganjar

Komisaris Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok baru saja menjadi sorotan publik lantaran mendukung capres cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Adapun warganet menyorot adab Ahok yang kemudian dibanding-bandingkan dengan Abdee Slank.

Seperti diketahui, Abdee Slank rela mundur dari Komisaris Telkom karena mendukung Ganjar dalam pilpres 2024.

Padahal, ia menjabat sebagai Komisaris Telkom punya gaji yang fantastis, ditaksir mencapai Rp10,85 miliar per tahun lengkap dengan tunjangannya.

Dari perbedaan sikap tersebut, alhasil warganet membandingkan kekayaan dua komisaris tersebut. Lantas, berapa perbedaan kekayaan Abdee Slank dan Ahok?

Total Kekayaan Abdee Slank

Sumber Kekayaan Abdee Slank (Instagram/abdeenegara)Sumber Kekayaan Abdee Slank (Instagram/abdeenegara)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Abdee Slank adalah Komisaris Telkom yang memiliki gaji dan tunjangan mencapai Rp10,85 miliar per tahun.

Nominal tersebut terdiri dari honorarium dan tunjangan sebesar Rp3,63 miliar, ditambah lagi dengan tantiem atau bonus sebesar Rp7,22 miliar.

Besaran gaji komisaris Telkom tertuang pada Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-12/MBU/11/2020 yang besarannya berbeda-beda tiap komisaris.

Kendati demikian, setiap komisaris mendapat gaji dan tunjangan serta berbagai fasilitas lainnya, seperti fasilitas kesehatan, bantuan hukum, dan lainnya.

Namun, sejak tanggal 19 Januari 2024 lalu ia mengundurkan diri untuk mengikuti aturan tentang netralitas pemilihan umum.

Menurut laporan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) periodik 2022, Abdee Slank memiliki total kekayaan sebesar Rp32,57 miliar.

Total kekayaan miliknya diketahui berupa tanah dan bangunan sebesar Rp5,13 milar. Kemudian, ia juga memiliki dua buah mobil, yaitu Toyota Rush Tahun 2016 Rp150 juta dan Honda Odyssey 2.4E CVT Tahun 2016 senilai Rp550 juta.

Lantas, tak hanya itu, Abdee juga melaporkan aset lain berupa harta bergerak lainnya sebesar Rp2,23 miliar, surat berharga sebesar Rp15,65 miliar, dan kas dan setara kas sebesar Rp1,51 miliar serta harta lainnya Rp6,8 miliar.

Dengan begitu, harta kekayaan Abdee Slank diketahui mencapai Rp32,57 miliar.

Total Kekayaan Ahok

Komisaris PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok usai menjalani di KPK terkait kasus dugaan korupsi yang melibatkan mantan Dirut Pertamina Galaila Karen Agustiawan. (Suara.com/Yaumal)Komisaris PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok usai menjalani di KPK terkait kasus dugaan korupsi yang melibatkan mantan Dirut Pertamina Galaila Karen Agustiawan. (Suara.com/Yaumal)

Menurut informasi yang beredar, Ahok pun mendapat gaji dan tunjangan yang fantastis sebagai Komisaris Pertamina yang ditaksir mencapai Rp101,10 miliar per tahun.

Menilik data dari LHKPN periodik 2022, total kekayaan Ahok sebesar Rp53.667.208.314 yang mengalami kenaikan Rp15 miliar dari tahun sebelumnya.

Lebih dari separuh total kekayaannya berupa tanah dan bangunan yang tersebar di beberapa wilayah, termasuk Bekasi.

Kemudian, Ahok memiliki harta bergerak lain senilai Rp1 miliar, surat berharga sebesar Rp11 miliar, kas dan setara kas sebesar Rp4.680.701.331, dan harta lainnya sebesar Rp2.319.862.806.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #beda #kekayaan #ahok #abdee #slank #satu #tetap #jadi #komisaris #satu #rela #mundur #usai #dukung #ganjar

KOMENTAR