Kamu Wajib Tahu! Berikut 7 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi tidur siang. (Freepik)
15:56
2 Oktober 2024

Kamu Wajib Tahu! Berikut 7 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Tubuh

 

Tahukah kamu, bahwa tidur siang yang cukup tidak hanya menghilangkan rasa kantuk. Berdasarkan beberapa penelitian, tidur siang disebtkan dapat memberi berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Menariknya, tak butuh waktu lama untuk tidur siang. Kamu bisa mendapatkan manfaat yang cukup hanya dengan tidur sekitar 20–30 menit.

Dengan kata lain, tidur siang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga mental. Meski begitu, tidur siang sering terlewatkan karena padatnya aktivitas yang harus dilakukan seharian.

Dikutip melalui Healtline (2/10), tidur selama 20-30 menit di siang hari dapat memberikan banyak manfaat, termasuk meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan produktifitas, dan menurunkan tekanan darah.

Berdasarkan hal tersebut, apa saja manfaat yang didapat oleh seseorang yang melakukan aktivitas tidur siang? Simak penjelasannya!

Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

Tidak hanya mengistirahatkan pikiran dan memberikan efek relaksasi, tidur siang juga bermanfaat bagi kesehatan.

1. Lebih Produktif

Manfaat tidur siang yang pertama yaitu membantu meningkatkan produktivitas sehari-hari. 

Hal ini disebabkan tidur siang mampu meningkatkan fungsi otak, kecepatan psikomotor, respon, serta tingkat kewaspadaan. 

Dengan begitu, seseorang menjadi lebih mudah dan konsisten untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.

2. Mengoptimalkan Daya Ingat

Kebiasaan hidup sehat ini ternyata dapat membantu meningkatkan daya ingat. Sebab, aktivitas ini punya peran penting bagi otak dalam menyimpan ingatan.

Ini termasuk mencegah lupa dari hal-hal penting, seperti keterampilan motorik, persepsi indera, dan ingatan verbal. 

Studi dalam Sleep Research Society menemukan, tidur siang bermanfaat bagi ingatan jangka panjang ketimbang tetap terjaga.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Perlu diakui bahwa kurang tidur juga bisa menyebabkan daya tahan tubuh seseorang menjadi menurun.

Tidur siang sekitar 20 sampai 30 menit secara rutin dapat membantu kamu untuk mencukupi waktu tidur setiap harinya.

Tidur siang akan memberikan kesempatan bagi tubuh untuk memperbaiki sel yang rusak, sehingga turut meningkatkan sistem imun. 

Dengan kata lain, tidur di siang hari juga mampu mengurangi kadar norepinefrin dan sitokin inflamasi yang mengendalikan sistem imun tubuh.

4. Menambah Jam Tidur

Sebagian orang mungkin bekerja secara shift atau bergantian, sehingga kurang tidur di malam hari. 

Untuk mencukupi waktu tidur tersebut, tidur siang bisa menjadi pilihan. Bagi seseorang yang sulit tidur di malam hari karena kesibukan tertentu, bagilah waktu tidur menjadi 1–1,5 jam di siang hari dan sekitar 6 jam di malam hari. Pola tidur ini dinamakan tidur bifasik.

5. Menghindari Risiko Stres dan Depresi

Jika sedang merasa sedih atau bad mood, cobalah untuk tidur siang sejenak. Sebab, tidur siang menjadi salah satu cara yang efektif untuk memperbaiki suasana hati.

Selain itu, aktivitas ini membantu menurunkan risiko depresi. Ini karena tidur siang dapat menghadirkan efek relaksasi saat kamu sedang jenuh dan stres.

6. Meningkatkan Kewaspadaan

Manfaat tidur siang lainnya adalah membantu meningkatkan kewaspadaan. Hal ini disebabkan oleh tidur siang dapat memulihkan kembali otak yang mengalami kelelahan akibat terlalu banyak menerima informasi. 

Ketika tidur siang, otak akan menghilangkan informasi yang tidak perlu dari bagian penyimpanan sementara, sehingga setelahnya, otak bisa kembali menyerap informasi yang baru.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Selain kebiasaan merokok dan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam, stres juga bisa meningkatkan risiko terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Penelitian menunjukkan manfaat tidur siang untuk menurunkan tekanan darah berkat menurunnya hormon stres (kortisol). 

Hormon ini juga merupakan salah satu hormon yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. Dengan tidur siang, stres pun akan teratasi dan tekanan darahpun terjaga.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kamu #wajib #tahu #berikut #manfaat #tidur #siang #untuk #kesehatan #tubuh

KOMENTAR