Perut Terasa Buncit Setelah Makan? Simak 7 Kebiasaan yang Bisa Bikin Perut Kembung
Ilustrasi perut kembung/ Sumber: freepik.com
07:26
29 September 2024

Perut Terasa Buncit Setelah Makan? Simak 7 Kebiasaan yang Bisa Bikin Perut Kembung

- Perut buncit dan terasa kembung sering kali terasa membuat aktivitas sehari-hari terasa tidak nyaman, rasa mengganjal di bagian perut membuat kita merasa tidak percaya diri.

Dilansir dari cosmopolitan.com kembung setelah makan sebenarnya adalah hal yang sangat umum terjadi namun kembung juga membuat terasa tak menyenangkan.

Meskipun hal tersebut normal, tetapi ada sejumlah kebiasaan sederhana sehari-hari yang akan menyebabkan perut anda membengkak tanpa anda sadari.

Kembung sendiri juga merupakan tanda bahwa sistem pencernaan pada tubuh sedang tidak baik-baik saja, akibat dari kebiasaan seperti berikut:

Tidak Mengunyah Dengan Benar dan Makan Terlalu Cepat

Makan terlalu cepat dan tidak mengunyah dengan benar dapat menyebabkan perut kembung dan gejala pencernaan lainnya.

Mengunyah sendiri dapat membantu memecah makanan secara mekanis dan melepaskan enzim pencernaan seperti amilase dalam air liur.

Cobalah mengunyah makanan anda setidaknya 20 kali sebelum menelannya, agar proses pengendapan makanan di usus untuk berfermentasi dan menghasilkan gas menjadi lebih cepat.

Serta salah satu cara agar anda dapat mengendalikan kecepatan makan anda adalah meletakkan alat makan anda di antara setiap suapan

Tidak Makan Dengan Kesadaran Penuh

Makan sambil menonton sebuah tontonan sangat tidak disarankan atau pun makan di saat melakukan aktivitas lain.

Tahap sefalik pencernaan dimulai di otak dan terjadi bahkan sebelum makanan masuk ke lambung, pada tahap ini indera perasa manusia merangsang 20% sekresi pencernaan yang dibutuhkan untuk mencerna makanan.

Apabila kita fokus pada hal lain dari pada makanan tahap sefalik tersebut dapat menghambat dan menyebabkan perut kembung.

Tidak Minum Air Dengan Cukup

Meminum air dengan cukup dan terhidrasi diperlukan untuk melunakkan tinja yang ¾ diantaranya adalah air, sehingga mudah dikeluarkan.

Dianjurkan untuk minum sekitar 2 liter air sehari disertai dengan olahraga ringan setiap hari untuk melancarkan buang air.

Minum Terlalu Banyak Air

Meskipun terhidrasi itu penting namun sisi buruk dapat terjadi apabila poin sebelumnya dilakukan secara berlebihan.

Berlebihan dalam meminum air dapat mengencerkan asam lambung yang sangat dibutuhkan untuk memecah makanan dan membunuh mikroba patogen.

Hindari minum cairan dalam jumlah banyak selama sekitar 30 menit sebelum dan selama makan.

Stres

Sistem pencernaan manusia sangatlah rentan dengan efek stres, karena terhubung dengan otak melalui saraf vargus.

Saat stres manusia akan memproduksi lebih sedikit asam lambung dan enzim pencerna dan bakteri di usus dapat terpengaruh secara negatif, sehingga meningkatkan resiko kembung.

Makan Terlalu Larut Malam

Makan terlalu dekat dengan jam tidur akan memberi tekanan tambahan pada sistem pencernaan.

Idealnya tubuh manusia menggunakan waktu malam untuk memperbaiki dan melakukan pembersihan awal yang sangat dibutuhkan. Tetapi jika tubuh terlalu bekerja keras untuk mencerna makanan hal tersebut akan tidak terjadi.

Tidak Menjaga Bakteri Usus

Serat sangatlah penting pada pencernaan tubuh. Mengkonsumsi makanan berserat rendah dapat membuat bakteri baik kelaparan sehingga memungkinkan lebih banyak patogen untuk berkembang biak.

Oleh karena itu sangatlah dianjurkan untuk meningkatkan asupan buah dan sayur serta mengkonsumsi suplemen serat yang lembut.

Saat meningkatkan asupan serat baik melalui makanan dan suplemen disarankan untuk dilakukan secara bertahap selama jangka waktu tertentu, karena jika terlalu cepat pencernaan akan kelebihan serat dan dapat memperparah kembung dalam jangka pendek.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #perut #terasa #buncit #setelah #makan #simak #kebiasaan #yang #bisa #bikin #perut #kembung

KOMENTAR