Mulai dari Diri Sendiri! Simak dan Pahami Tanda-tanda Stres yang Jarang Disadari sekaligus Cara Mengatasi Stres Saat Bekerja
Ilustasi orang stres dalam bekerja. (Freepik)
17:14
28 September 2024

Mulai dari Diri Sendiri! Simak dan Pahami Tanda-tanda Stres yang Jarang Disadari sekaligus Cara Mengatasi Stres Saat Bekerja

 

Menumpuknya pekerjaan, dikejar deadline serta tekanan dari atasan sering membuat seseorang merasa tertekan dan bahkan stres

Sebagian orang bahkan melampiaskan rasa stres yang mereka alami dalam berbagai hal. Tak jarang malah melakukan kebiasaan yang kurang sehat.

Entah itu ngemil secara berlebihan, mengonsumsi makanan tidak sehat, minum minuman beralkohol, merokok, dan bahkan menggunakan obat-obatan terlarang.

Lantas jika tidak diatasi dan dibiarkan berlarut-larut, stres karena pekerjaan bisa menyebabkan seseorang lebih berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan serius.

Hal itu mulai dari obesitas, hipertensi, penyakit jantung, diabetes, hingga gangguan mental, seperti depresi dan gangguan cemas.

Mengenal Stres dalam Pekerjaan

Dikutip melalui WHO (28/9), gejala stres di tempat kerja bisa dikenali dari adanya tanda atau keluhan fisik dan psikologis. 

Gejala stres ini bisa berbeda pada setiap orang, tergantung dari tingkat stres yang dialaminya.

Dalam artian lain, stres merupakan respons yang dimiliki seseorang ketika dihadapkan dengan tuntutan dan tekanan yang tidak sesuai dengan pengetahuan atas kemampuan yang menantang kebiasaan pekerja untuk mengatasinya.

Bagi sebagian orang, stres mungkin menjadi hal positif karena bisa memacu hormon adrenalinnya untuk membereskan pekerjaan yang menumpuk saat itu juga.

Namun, stres karena pekerjaan bukanlah hal yang baik. Pasalnya, stres karena pekerjaan bisa mengganggu kinerja seseorang yang menyebabkan produktivitas dan kreativitas menurun.

Tanda-tanda Stres dalam Pekerjaan

Stres bisa terjadi dalam berbagai kondisi kerja. Namun seringnya memburuk ketika pekerja merasa hanya memiliki sedikit dukungan dari atasan atau kolega, begitu juga kontrol yang terlalu terbatas pada proses kerja.

Lantas, apa saja tanda-tanda stres dalam pekerjaan?

1. Rambut Rontok

Stres dapat mendorong folikel-folikel rambut masuk ke dalam fase istirahat. Beberapa bulan kemudian, rambut-rambut dari folikel yang masuk ke dalam fase istirahat akan rontok.

2. Perubahan Perilaku

Tanda dan gejala fisik stres karena pekerjaan meliputi kelelahan, ketegangan otot, sakit kepala, berdebar, dan sulit tidur.

Gangguan saluran cerna, seperti nyeri ulu hati, diare, dan sulit buang air besar juga dapat muncul akibat stres pekerjaan.

3. Berat Badan Tidak Stabil

Stres juga dapat mengubah cara memetabolisme lemak, protein, dan karbohidrat. 

Hal itu dapat menyebabkan kenaikan atau penurunan berat badan secara signifikan pada seseorang.

4. Gampang Sakit

Stres kronis dapat memengaruhi daya tahan tubuh orang usia berapa pun. Anak-anak mungkin mengeluh tentang sakit perut dan mimpi buruk, sementara remaja sering mengalami sakit kepala saat sedang stres.

Sementara itu, orang dewasa yang mengalami stres biasanya merasa kekakuan di leher, bahu, dan punggung. Semua usia bisa mengalami masalah tidur saat stres.

Cara Mengatasi Stres Saat Bekerja

Alangkah baiknya kamu mengenali gejala dan penyebab stres tersebut. Mengatasi permasalahan sendiri dapat menghindari dari dampak buruk yang bisa terjadi akibat stres berkepanjangan. 

Namun, terkadang sebagai manusia kita butuh waktu dan orang lain untuk membantu dalam menyelesaikan masalah.

1. Berbagi Cerita

Tidak baik memendam masalah sendiri, mintalah nasihat atau curahkan beban  kepada teman atau saudara yang dapat dipercaya.

Jangan ragu meminta bantuan pekerjaan dari orang lain sesuai kapasitas dan prosedur. 

Kami bisa meminta bantuan dari rekan kerja lain untuk menyelesaikan tugas yang bisa dikerjakan bersama-sama.

2. Istirahat yang Cukup

Hal lain yang bisa dilakukan guna mengatasi stres akibat pekerjaan adalah mengambil waktu untuk rehat sejenak.

Bicarakan hal ini baik-baik dengan atasan bila memungkinkan. Kamu bisa mengambil cuti beberapa hari untuk berlibur atau melakukan hal-hal lain yang digemari.

3. Cukupi Asupan Gizi Harian

Nutrisi yang baik merupakan kunci penopang kesehatan tubuh. Jadi jangan anggap sepele terhadap makanan di kantor.

Pastikan kamu makan secara teratur dengan asupan makan yang bergizi agar kamu mendapatkan berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #mulai #dari #diri #sendiri #simak #pahami #tanda #tanda #stres #yang #jarang #disadari #sekaligus #cara #mengatasi #stres #saat #bekerja

KOMENTAR