9 Hal yang Jarang Orang Ceritakan Tentang Menjalani Hidup dengan Pilihan Childfree di Usia 40-an
Hidup childfree pada usia 40-an. (geediting.com)
12:40
27 September 2024

9 Hal yang Jarang Orang Ceritakan Tentang Menjalani Hidup dengan Pilihan Childfree di Usia 40-an

 

Jawapos.com - Fenomena ‘childfree’ atau pilihan hidup tanpa memiliki anak masih menjadi topik hangat yang menuai beragam kritikan dari publik.

Banyak di antara mereka yang berpikiran jika orang dengan keputusan childfree akan menyesal nantinya. 

Seperti kesepian di masa tua, tidak adanya ikatan batin yang kuat antar pasangan, hingga hilangnya garis keturunan.

Namun berbanding terbalik dengan pelakunya, menurut mereka keputusan childfree merupakan keputusan yang tepat yang telah mereka ambil.

Dikutip Geediting.com, berikut adalah 9 hal yang jarang orang ceritakan tentang menjalani hidup childfree di usia 40-an. 

  1. Kebebasan dan fleksibilitas

Menjalani hidup childfree di usia 40-an tak berarti hidup Anda menjadi hampa.

Namun justru sebaliknya, dengan hidup yang tak terkekang oleh keberadaan anak, Anda akan memiliki kebebasan hidup sesuai keinginan Anda.

Liburan mendadak, kencan spontan, atau hanya hal sederhana seperti tidur larut di akhir pekan akan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari Anda.

  1. Waktu untuk mengembangkan diri

Tidak memiliki anak di usia 40-an rupanya bisa menjadi alasan Anda dalam lebih mengembangkan diri.

Tanpa adanya tanggung jawab untuk membesarkan anak, Anda dapat lebih menekuni hobi atau minat yang selalu Anda impikan tanpa batasan apapun.

  1. Kemandirian finansial

Membesarkan anak bukanlah hal yang murah. Terhitung sejak seorang anak terlahir di dunia hingga ia dapat hidup mandiri membutuhkan biaya yang sangat besar.

Tak memungkiri, hidup childfree di usia 40-an memberikan nafas lega pada kondisi finansial Anda.

Tanpa adanya tanggungan akan kebutuhan anak, Anda memiliki lebih banyak ruang untuk menabung, investasi, atau bahkan berfoya-foya dengan pengalaman atau barang yang selalu Anda impikan.

  1. Hubungan yang semakin dalam

Berbanding terbalik dengan yang banyak orang katakan, tidak memiliki anak ternyata tak membuat Anda kehilangan hubungan yang bermakna.

Namun sebaliknya, hal tersebut justru dapat lebih mempererat hubungan Anda dengan pasangan Anda.

Tanpa tuntutan mengasuh anak, Anda akan memiliki banyak waktu untuk berinvestasi dalam hubungan Anda.

  1. Tingkat stres yang rendah

Menjadi rahasia umum, mengasuh anak membutuhkan kesabaran yang tinggi dan kesehatan mental yang baik.

Dengan demikian, jika Anda mengambil keputusan untuk childfree, pada usia 40-an Anda mungkin cenderung akan mengalami tingkat stres yang lebih rendah dibanding pasangan lain yang memiliki anak.

Hal tersebut didukung dengan fakta bahwa orang tua 12% kurang bahagia dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki anak.

  1. Kontribusi yang berarti

Memilih untuk tidak memiliki anak di usia 40-an tidak berarti Anda tak memiliki sisi keibuan atau kontribusi signifikan pada generasi selanjutnya.

Faktanya, orang dengan kehidupan childfree sering kali menyalurkan energi keibuan tersebut dengan cara lain yang bermakna. 

Mereka menjalani kehidupan dengan cara berbeda, namun sama-sama berdampak bagi lingkungan sekitar mereka. Seperti menjadi relawan, mentor berdedikasi, atau menjadi bibi dan paman favorit keponakan.

  1. Saat-saat keraguan

Meski memberikan banyak pengalaman berharga, keputusan untuk childfree terkadang juga menjadi keraguan bagi beberapa pihak yang menjalaninya.

Ada saat-saat dimana mereka mengalami keraguan yang dipicu oleh tekanan masyarakat atau pertanyaan orang lain.

Namun setiap kali mereka menyadari, bahwa pilihan yang mereka ambil telah memberikan pengalaman yang sama berharganya dan memuaskan, mereka tidak akan menyesali keputusan tersebut.

  1. Peluang karir lebih besar

Memiliki peluang karir lebih besar menjadi keuntungan signifikan bagi Anda yang memutuskan untuk hidup tanpa memiliki anak.

Tanpa adanya tanggung jawab sebagai orang tua, Anda akan memiliki fleksibilitas dalam mengejar cita-cita dan karir Anda tanpa kendala.

  1. Pilihan hidup yang memuaskan

Hidup di usia 40-an tanpa anak bukanlah sebuah hadiah atau hiburan. Itu adalah pilihan hidup yang memuaskan dengan kegembiraan, tantangan, dan pengalaman unik yang menyertainya.

Hal tersebut merupakan pilihan yang selayaknya dihormati dan dirayakan, bukan dikasihani atau dipertanyakan.

  ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #yang #jarang #orang #ceritakan #tentang #menjalani #hidup #dengan #pilihan #childfree #usia

KOMENTAR