Menurut Ilmu Sains : 7 Kebiasaan Pagi Ini Bisa Meningkatkan Otak dan Produktivitas Anda, Salah Satunya Berlatih Meditasi
Meditasi adalah salah satu kebiasaan pagi yang bisa meningkatkan otak dan produktivitas (freepik)
17:22
26 September 2024

Menurut Ilmu Sains : 7 Kebiasaan Pagi Ini Bisa Meningkatkan Otak dan Produktivitas Anda, Salah Satunya Berlatih Meditasi

Pada dasarnya rutinitas pagi Anda bisa menentukan suasana hati Anda sepanjang hari.

Rutinitas pagi ini bukan berarti Anda harus bangun pukul 4 pagi atau memasukkan semua kebiasaan ke dalam waktu pagi Anda.

Namun ini tentang memilih dan menentukan kebiasaan yang sesuai dengan Anda hingga Anda bisa menemukan ritme yang tepat.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai beberapa kebiasaan pagi yang bisa meningkatkan otak dan produktivitas Anda sebagaimana dilansir dari laman Team Gantt, Kamis (26/9) sebagai berikut :

1. Menyinkronkan jadwal tidur Anda dan menghindari kebiasaan menunda-nunda

Pada dasarnya mengatur jadwal tidur mungkin kedengarannya tidak menyenangkan tetapi dapat memberikan dampak pada kinerja.

Pasalnya 89 persen orang dewasa AS dengan kesehatan tidur yang sangat baik mengatakan mereka sangat efektif dalam menyelesaikan sesuatu dibandingkan dengan hanya 46 persen orang yang kualitas tidurnya buruk.

Selain itu, Anda juga perlu menghindari kebiasaan menunda-nunda termasuk alarm bangun tidur.

Sebab ketika Anda sering menunda alarm bangun maka bisa menurunkan tingkat produktivitas Anda dan meningkatkan rasa malas untuk melakukan sesuatu di pagi hari.

2. Tidak menyentuh ponsel Anda

Pakar kinerja otak Jim Kwik menyarankan untuk menjauhi ponsel pintar selama satu jam pertama di pagi hari. Hal ini disebabkan karena otak Anda sangat mudah dipengaruhi saat Anda baru bangun tidur.

Sensasi dopamin yang Anda dapatkan saat asyik menggunakan perangkat Anda melatih otak untuk teralihkan dan mungkin sulit untuk mengendalikannya kembali saat tiba waktunya untuk mulai bekerja.

Pasalnya bangun tidur dengan berita negatif atau email yang membuat stres juga dapat merusak suasana hati Anda.

Anda bisa memulai hari Anda dengan momentum positif dengan memberi waktu otak Anda untuk membangun pertahanan alaminya sebelum membuka media digital.

3. Merapikan tempat tidur Anda

Sebuah penelitian Survei Yayasan Tidur Nasional menemukan bahwa 67 persen orang dengan kebiasaan merapikan tempat tidur setiap hari secara konsisten mendapatkan tidur malam yang nyenyak dibandingkan dengan hanya 15 persen orang yang merapikan tempat tidur beberapa hari dalam sebulan atau kurang.

Selain menciptakan lingkungan tidur yang bersih dan nyaman, merapikan tempat tidur juga terasa menyenangkan. Anda dapat memulai hari dengan rasa puas bahkan sebelum Anda berganti piyama.

4. Berlatih meditasi kesadaran

Latihan meditasi membuat Anda untuk berhenti sejenak dan menikmati keheningan sebelum kesibukan datang.

Meditasi tidak hanya mengurangi stres namun juga membantu Anda menguasai pikiran sehingga lebih mudah untuk tetap fokus dan menghindari gangguan.

Menurut sebuah penelitian, hanya 4 hari meditasi yang penuh kesadaran dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk mempertahankan perhatian dan efek positifnya melampaui momen penuh kesadaran.

Seorang peneliti Harvard menemukan bahwa aktivitas otak pada orang yang belajar meditasi tetap stabil bahkan saat melakukan tugas sehari-hari.

5. Menuliskan sesuatu

Cara lain meningkatkan otak dan produktivitas Anda di pagi hari adalah dengan menuliskan sesuatu.

Ini bukan tentang menciptakan mahakarya namun tentang membersihkan kekacauan mental untuk memberi ruang bagi kreativitas.

6. Hidrasi

Menurut Direktur Laboratorium Fisiologi Latihan di Institut Teknologi Georgia menjelaskan bahwa ketika orang mengalami dehidrasi ringan maka mereka benar-benar tidak dapat mengerjakan tugas yang memerlukan penyelesaian kompleks.

Oleh sebab itu, rutinitas pagi yang bisa Anda lakukan agar kinerja otak dan produktivitas meningkat adalah minum segelas air putih terlebih dahulu sebelum minum kopi.

7. Memacu jantung Anda dengan berolahraga

Olahraga yang cukup dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh sehingga otak Anda terisi penuh dengan energi dan oksigen.

Penelitian menunjukkan bahwa ruang hijau memberikan udara segar bagi otak sehingga pikiran menjadi tenang dan konsentrasi lebih baik.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #menurut #ilmu #sains #kebiasaan #pagi #bisa #meningkatkan #otak #produktivitas #anda #salah #satunya #berlatih #meditasi

KOMENTAR