5 Nutrisi untuk Kesehatan Kulit Terbaik, Dapat Mencegah Timbulnya Jerawat dan Mengurangi Tanda Penuaan Dini
Ilustrasi 5 nutrisi untuk kesehatan kulit terbaik yang dapat mengurangi penyebab jerawat dan mengurangi tanda penuaan dini./Pexels
11:22
26 September 2024

5 Nutrisi untuk Kesehatan Kulit Terbaik, Dapat Mencegah Timbulnya Jerawat dan Mengurangi Tanda Penuaan Dini

- Dalam beberapa kasus, kulit dapat menjadi cerminan untuk Kesehatan secara keseluruhan.

Tak hanya itu, makanan yang kalian makan juga berpengaruh besar pada penampilan.

Makanan yang kaya nutrisi tentunya menyediakan kebutuhan dasar untuk sel-sel kulit yang sehat, yang dapat membantu mendukung struktur, elastisitas, dan hidrasi kulit.

Dilansir dari eatingwell, seorang ahli gizi bernama Shannon Costello, menjelaskan bagaimana kulit adalah organ terbesar dan memerlukan kebutuhan nutrisi yang cukup dan seimbang seperti protein, asam lemak esensial, dan berbagai vitamin dan mineral untuk mempertahankan struktur dan fungsinya.

Untuk menjaga kulit agar terhindari dari penyakit kulit kronis seperti psoriasis, dermatitis atopik, dan jerawat, eatingwell.com membagikan 5 nutrisi untuk kesehatan kulit terbaik.

1. Kurkumin

Kurkumin adalah senyawa yang banyak ditemukan dalam bahan kunyit yang membuat bahan ini memiliki warna keemasan.

Kurkumin mengandung senyawa yang bermanfaat untuk kulit yaitu memberikan antioksidan, antiradang, dan antimikroba.

Penelitian terkini juga menunjukkan bahwa kurkumin dapat menjadi obat yang efektif untuk penyakit kulit.

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2019, yang diterbitkan dalam Nutrients menunjukkan kurkumin sebagai cara alami dan aman untuk membantu mengobati beberapa jenis dermatitis, psoriasis, dan penyembuhan luka.

Tak hanya itu, ada juga penelitian yang menyoroti peran potensial kurkumin dalam memperbaiki peradangan atau peningkatan biomarker inflamasi seiring bertambahnya usia.

2. Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Ini karena makanan yang mengandung vitamin D dapat membantu mengurangi peradangan an melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Sebuah review dari tahun 2021 dalam International Journal of Molecular Sciences menunjukkan bahwa efek antiperadangan dan perlindungan yang ada dalam vitamin D membuatnya sebagai komponen utama untuk Kesehatan kulit yang menua.

Vitamin D berperan untuk mempertahankan homeostatis atau keseimbangan semua elemen di kulit.

Vitamin D juga bisa menghambat respon peradangan yang terjadi karena penuaan dini dan paparan sinar matahari atau sinar UV.

Metabolit yang terdapat dalam vitamin D3 yang aktif dapat melindungi kulit dari efek berbahaya zat pemicu penuaan kulit, termasuk radiasi UVR, polusi dan infeksi mikroba. Vitamin D dapat ditemukan dalam makanan seperti ikan, telur, jamur, dan produk susu.

3. Probiotik

Probiotik memainkan peran penting dalam menutrisi triliunan mikroorganisme di usus dan memengaruhi kesehatan kulit.

Dalam sebuah review tahun 2023 dari Nutrients menunjukkan bahwa probiotik sangat bermanfaat untuk Kesehatan kulit dan membantu pengobatan jerawat, psoriasis, penyembuhan luka, dan beberapa masalah kulit lainnya.

Probiotik terbukti dapat mengurangi kehilangan air transkutan pada kulit dan meningkatkan kadar ceramide dalam sel-sel kulit. Ini dapat meningkatkan hidrasi secara keseluruhan dan berpotensi mengatasi kulit kering.

Probiotik juga dapat meredakan gejala kulit seperti kemerahan, bersisik, dan menebal. Probiotik dapat ditemukan dalam makanan seperti yoghurt, kimchi, asinan kubis, dan lain-lain.

4. Asam Lemak Omega-3

Lemak sehat seperti asam lemak omega-3 adalah sahabat yang baik dan bagus untuk kulit. Asam lemak omega-3 sangat penting untuk membantu menjaga lapisan lipid kulit, menjaga kulit tetap kenyal dan terhidrasi.

Omega-3 juga memiliki kandungan anti-inflamasi yang membantu mengatasi kulit meradang.

Minyak ikan kaya akan DHA dan EPA, yaitu dua bentuk aktif asam lemak omega-3 yang esensial dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang terdapat dalam Journal of Cutaneous Medicine and Surgery menunjukkan omega-3 akan sangat membantu dalam proses pengobatan psoriasis dan tukak kulit serta mengurangi jerawat.

Omega-3 dapat ditemukan pada ikan berlemak seperti salmon atau tuna, biji rami, biji chia, kacang kenari, dan kacang macadamia. Kalian bisa menambahkan makanan tersebut untuk membuat kulit lebih bernutrisi dan mencegah penyakit kulit.

5. Serat

Serat seringkali dikaitkan dengan rasa kenyang, padahal serat dapat menjadi pahlawan yang baik untuk kulit.

Serat dapat mendukung kesehatan gastrointestinal dan membantu menjaga keseimbangan mikrobioma usus.

Nicolle Cucco, MS, RD, CDN, pemilik Trovare Nutrition, mengatakan, ketika usus Bahagia, maka kulit juga dapat berfungsi dengan baik.Hubungan antara usus dan kulit ini memungkinkan seseorang dapat mengetahui kesehatan usus melalui kondisi kulitnya.

Mengonsumsi cukup serta menjadi salah satu cara terbaik untuk mendukung Kesehatan usus dan memberi makan bakteri baik yang hidup di usus. Serat jug menghasilkan asam lemak rantai pendek khususnya butirat saat bergerak melalui usus.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #nutrisi #untuk #kesehatan #kulit #terbaik #dapat #mencegah #timbulnya #jerawat #mengurangi #tanda #penuaan #dini

KOMENTAR