Dicela Fuji karena Ziarah ke Makam Vanessa Angel, Ini Kronologi Kasus Tubagus Joddy
Fuji dan Vanessa Angel, Tubagus Joddy (Instagram)
15:20
25 September 2024

Dicela Fuji karena Ziarah ke Makam Vanessa Angel, Ini Kronologi Kasus Tubagus Joddy

Tubagus Joddy, sopir sekaligus terpidana kasus kecelakaan mobil yang menewaskan Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah, dicela oleh Fuji dan juga Haji Faisal usai mengunjungi makam mendiang Vanessa dan Bibi. Berikut adalah kronologi Tubagus Joddy yang menjebloskannya ke penjarai.

Sempat mendekam di penjara, pria yang akrab disapa Joddy tersebut mendapatkan pembebasan bersyarat sejak 10 September 2024. Usai dibebaskan, ia terlihat mengunjungi makam Vanessa dan Bibi di TPU Islam Malaka, Jakarta Barat.

Momen tersebut diunggah oleh Joddy melalui Instagram pribadinya sehingga mengejutkan publik. Banyak yang baru mengetahui bahwa sopir penyebab kecelakaan maut itu telah keluar dari penjara. Sehubungan dengan Tubagus Joddy yang nyekar ke makam Vanessa dan Bibi, berikut adalah kronologi kasusnya, serta reaksi Fuji dan Haji Faisal usai mengetahui unggahan Instagram Joddy.

Kronologi Kasus Tubagus Joddy

Baca Juga: Bukan Tak Mau Maafkan Sopir yang Tewaskan Vanessa Angel, Haji Faisal dan Keluarga Butuh Waktu: Mungkin 15 Tahun Lagi

Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah tewas dalam kecelakaan saat mobil yang dikemudikan Tubagus Joddy menabrak pembatas jalan yang terbuat dari beton pada 4 November 2021. Pada saat itu, Tubagus Joddy menjadi sopir keluarga, sementara Bibi duduk di sampingnya. Vanessa bersama Gala Sky, putranya, serta pengasuhnya, duduk di kursi baris kedua. Mereka bertolak dari Jakarta menuju Surabaya.

Saat mengemudi, Joddy tidak memperhatikan rambu lalu lintas yang mengatur batas kecepatan maksimal 80 km/jam. Ia melaju dengan kecepatan sekitar 125 km/jam. Akibatnya, mobil tersebut mengalami kecelakaan yang menyebabkan Vanessa dan Bibi meninggal dunia, sedangkan Gala mengalami luka lecet di dahi kanan, robek di kelopak mata kiri, dan memar di tungkai bawah kiri.

Sementara itu, pengasuh Gala mengalami luka di dahi kiri, lecet di dagu, kehilangan satu gigi bagian bawah, serta mengalami nyeri di beberapa bagian tubuh akibat trauma. Joddy sendiri hanya mengeluh nyeri pada bagian pinggul. Joddy dihadapkan pada tuntutan hukum yang berlapis berdasarkan Pasal 311 ayat 5 dan Pasal 311 ayat (3) UU RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Selain itu, ia juga dijerat dengan Pasal 310 ayat (4) dan Pasal 310 ayat (3) UU yang sama. Joddy menerima dakwaan tersebut dan memilih tidak mengajukan keberatan. Joddy akhirnya divonis 5 tahun penjara dan denda sebesar Rp10 juta, dan pencabutan SIM A. Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa yang menuntut hukuman 7 tahun penjara.

Namun, Joddy akhirnya mendapatkan pembebasan bersyarat berdasarkan Surat Keputusan Pembebasan Bersyarat dengan nomor PAS-1829.PK.05.09 TAHUN 2024, yang dikeluarkan pada 10 September 2024. Pembebasan ini diberikan karena Joddy dianggap berkelakuan baik dan menunjukkan perubahan positif.

Baca Juga: Tubagus Joddy Berani Datangi Rumah Haji Faisal, Disebut Lebih Baik dari Gaga Muhammad

Ziarah ke Makam Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah

Dalam unggahan Instagramnya, Tubagus Joddy terlihat berada di depan makam, mengenakan kaus hitam berkerah dan masker. Ia duduk di depan pusara dengan tatapan penuh kesedihan.

Joddy juga menuliskan permintaan maafnya kepada mendiang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah karena baru sempat mengunjungi makamnya.

"Assalamualaikum kakak-kakakku. Hari ini, Joddy hadir untuk mengenang dua bintang terindah dalam hidupku, Ka Vanessa dan Ka Bibi. Maaf atas segala kesalahan yang joddy perbuat saat bersamamu," tulis Tubagus Joddy dalam unggahannya.

Di slide kedua, Joddy mengunggah fotonya bersama kedua mendiang, mengisyaratkan hubungan mereka yang cukup dekat.

"Tanpa kalian, hidupku terasa sepi dan hampa. Kalian bukan hanya sahabat, tetapi juga keluarga yang takkan pernah terlupakan. Aku akan selalu merindukan kebersamaan kita," tulis Joddy.

Unggahan tersebut menimbulkan tanda tanya bagi netizen. Tak sedikit yang kaget mengetahui bahwa Joddy sudah bebas dari bui.

"Udah bebas??? Ga terasa kok cepat ya," tulis akun @fitr****.

"Nanti aja mending lu joddy postingnya. Bawa luka lagi itu namanya gausah di up buat bagusin nama lu nunjukin lu meenyesal. Gasemudah itu wajar kalo dari pihak keluarga nerimanya karna kehilangan 2 org sekaligus cucu pertamanya langsung jd yatim piatu diusia sekecil itu," tambah @bilk****

"Yang bela joddy. Semoga Lo semua ga ngerasain apa arti kehilangan 2 orang sekaligus dg cara kek alm & almarhumah ya," ujar @ynle***.

Dicela Fuji dan Haji Faisal

Meski telah berziarah dan menyampaikan permohonan maaf, niat baik Tubagus Joddy justru menimbulkan kekecewaan yang mendalam bagi Haji Faisal maupun anak-anaknya.

Fuji, adik Bibi Andriansyah, menulis komentar di unggahan Instagram Tubagus Joddy. Fuji tampak belum memaafkan perbuatan Joddy yang membuat Gala Sky kehilangan orang tuanya. Selain itu, ia juga jengkel lantaran Joddy bebas lebih cepat daripada vonis hakim.

Sebenarnya, Haji Faisal tidak berniat menghalangi Joddy untuk berziarah ke makam anak dan menantunya. Namun, ia heran sekaligus menyayangkan karena hal itu harus dibagikan ke media sosial.

Akibatnya, Haji Faisal dan keluarganya mulai berprasangka negatif terhadap Joddy. Bahkan, mereka berpendapat bahwa tindakan Joddy tampak seperti pansos (panjat sosial).

"Jangan lah di posting itu kan seakan-akan dia apa ya, jadi macam-macam kan pikiran kita ada apa dia. Kenapa dia posting, apa dia mau pansos, apa gimana, jadi dia masih mau memanfaatkan, jadi pikiran kita jadi ngaco," kata Haji Faisal.

Mengenai permintaan maaf, Haji Faisal menyatakan bahwa ia bukannya tidak mau memaafkan Joddy yang telah menghilangkan nyawa anak dan menantunya. Namun, ia masih merasa keberatan dan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa memaafkan Joddy.

Demikianlah informasi mengenai kronologi Tubagus Joddy yang baru-baru ini berziarah ke makam Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah usai dibebaskan dari penjara.

Kontributor : Dini Sukmaningtyas

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #dicela #fuji #karena #ziarah #makam #vanessa #angel #kronologi #kasus #tubagus #joddy

KOMENTAR