Tak Hanya untuk Masakan! Simak Manfaat Kemangi untuk Kulit, Bisa Atasi Kulit Berjerawat
Manfaat dari Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh. (freepik.com)
11:24
25 September 2024

Tak Hanya untuk Masakan! Simak Manfaat Kemangi untuk Kulit, Bisa Atasi Kulit Berjerawat

Kemangi merupakan tanaman herbal popular yang banyak digunakan dalam masakan Italia dan Thailand. Kemangi termasuk keluarga mint yang dikenal karena aroma dan rasanya yang khas.

Daunnya merupakan bagian umum yang digunakan untuk memasak dan pengobatan tradisional.

Salah satunya pada lalapan masakan sunda, kemangi menjadi pilihan yang nggak boleh terlewatkan.

Namun, nggak banyak orang tahu, tanaman ini juga menjadi bahan perawatan kulit yang efektif.

Kemangi dapat memberikan kesegaran yang alami dalam rutinitas perawatan kulit yang biasa kalian lakukan.

Kemangi mengandung antioksidan dan minyak esensial yang menjadi alternatif solusi alami dan efektif untuk berbagai masalah kulit.

Mulai dari mengatasi jerawat dan mengurangi peradangan hingga membuat kulit tampak lebih muda berseri.

Kemangi muncul sebagai tambahan serbaguna dan berharga untuk merawat kulit. Dilansir dari healthshots, berikut ini 5 manfaat kemangi selain sebagai bahan masakan.

1. Antioksidan

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Functional Foods, daun kemangi merupakan sumber antioksidan alami, khususnya eugenol dan kamper. Komponen tersebut dapat membantu melindungi kulit dari efek radikal bebas yang berbahaya.

Radikal bebas adalah molekul yang sangat reaktif dan dapat merusak sel-sel kulit serta menyebabkan berbagai masalah kulit.

Ketika radikal bebas merusak sel-sel kulit, stres oksidatif akan terjadi yang menyebabkan penuaan dini, kerutan, dan hiperpigmentasi.

Antioksidan dalam daun kemangi akan membantu mencegah stres oksidatif dan menjaga Kesehatan kulit dari efek lingkungan yang berbahaya dan menyebabkan penuaan.

2. Sifat anti-inflamasi

Daun kemangi memiliki kandungan antiradang yang tinggi seperti linalool. Kandungan ini dapat membantu kulit yang teriritasi dan mengurangi kemerahan serta pembengkakan. Untuk itu, kemangi akan sangat bermanfaat untuk mereka yang memiliki kulit rentan berjerawat.

Jerawat sering kali dating disertai dengan peradangan yang dapat menyebabkan kemerahan, pembengkakan, dan bahkan jaringan parut.

Daun kemangi dapat membantu meredakan dan mencegah kerusakan jangka panjang pada kulit, seperti yang ditemukan dalam sebuah penelitian dalam jurnal Industrial Crops and Products.

Kandungan antiradang ini membuat kemangi menjadi pilihan alami yang efektif untuk siapa saja yang ingin meningkatkan Kesehatan kulit dan mengurangi jerawat.

3. Antibakteri

Manfaat kemangi sebagai antibakteri membuatnya sebagai sekutu berharga dalam memerangi jerawat pada kulit.

Jerawat sering kali disebabkan oleh pertumbuhan bakteri berlebih bernama Propionibacterium acne, sejenis bakteri yang tumbuh subur di pori-pori.

Dengan target membasmi bakteri, kemangi dapat membantu mencegah timbulkan jerawat dan menghasilkan kulit yang lebih bersih.

Kemangi dapat membantu mengurangi risiko infeksi dan membantu menghindari gangguan kulit lainnya termasuk bisul dan abses.

Kandungan antibakteri yang ada dalam kemangi membuatnya menjadi pilihan alami yang efektif untuk mereka yang ingin meningkatkan Kesehatan kulit dan memperoleh kulit yang lebih cerah.

4. Meningkatkan penyembuhan luka

Daun kemangi tidak hanya efektif untuk mengobati jerawat dan mengurangi peradangan, tetapi juga berkhasiat sebagai penyembuhan luka.

Senyawa yang ada dalam kemangi dapat membantu mempercepat proses penyembuhan alami kulit sehingga bermanfaat untuk mengobati luka ringan seperti luka sayat, lecet, atau abrasi.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Molecules, dengan mempercepat penyembuhan, ramuan ini dapat mengurangi risiko infeksi dan jaringan parut.

Penggunaan kemangi secara teratur akan membantu memperbaiki tampilan bekas luka yang ada.

Hasilnya kulit akan tampak lebih halus. Kemangi juga dapat membantu mengatasi jerawat, peradangan, penyembuhan luka, dan jaringan parut.

5. Mencerahkan kulit

Hiperpigmentasi terjadi ketika melanin dalam kulit melewati batas normal yang menyebabkan bintik hitam dan warna kulit yang tidak merata.

Kemangi mengandung antioksidan dan antiradang yang dapat membuat kulit bercahaya dan mengurangi hiperpigmentasi.

Kemangi menargetkan penyebab utama hiperpigmentasi dan membuat kulit lebih bercahaya serta memperbaiki penampilan secara keseluruhan.

Penggunaan produk dengan bahan dasar kemangi secara teratur akan membantu mengelupas kulit, mengangkat sel kulit mati, dan membuat kulit lebih halus dan lembut. Hasilnya, kulit akan terlihat lebih muda dan cantik.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #hanya #untuk #masakan #simak #manfaat #kemangi #untuk #kulit #bisa #atasi #kulit #berjerawat

KOMENTAR