Berikut 5 Tanda Bahwa Kamu Orang yang Tidak Sensitif Terhadap Sekitar, Apakah Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi orang tidak sensitif. (Pexels)
22:36
24 September 2024

Berikut 5 Tanda Bahwa Kamu Orang yang Tidak Sensitif Terhadap Sekitar, Apakah Kamu Salah Satunya?

 

Pada dasarnya, manusia merupakan makhluk sosial. Oleh karenanya, manusia tentu tidak lepas dari yang namanya sosialisasi.

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu pasti perlu melakukan sosialisasi demi kelangsungan hidup yang baik. Mulai dari menyapa penjual sayur di pagi hari, bercengkrama dengan teman sekolah atau kantor, sampai beramah-tamah dengan tetangga dilakukan.

Bersosialisasi pun tidak hanya sekedar bertukar kabar atau bercerita singkat, kamu juga harus peka akan peraturan tidak tertulis yang harus dipatuhi oleh seseorang dalam lingkungan sosial, termasuk topik sensitif yang tidak boleh diangkat di perbincangan.

Ada beberapa orang yang peka akan hal ini, begitupun juga orang yang tidak. Kamu mungkin bertanya-tanya apakah kamu adalah orang yang termasuk dalam golongan orang yang sensitif atau tidak sensitif terhadap sekitar.

Ada beberapa tanda yang menyampaikan bahwa kamu termasuk dalam golongan mana terkait hal ini. Dikutip dari The Healthy dan Calmsage, berikut ini merupakan 5 tanda bahwa kamu orang yang tidak peka terhadap lingkungan sekitar

1. Tidak Sadar Bahasa Tubuh

Tanda pertama bahwa kamu adalah orang yang tidak sensitif pada keadaan sekitar adalah tidak sadar akan bahasa tubuh orang lain. Memang tidak sejelas bahasa verbal, namun bahasa tubuh adalah bentuk komunikasi lain dalam menunjukkan rasa senang, sedih bahkan tersinggung.

Dengan tidak sadar dan mengabaikan bahasa tubuh, kamu bisa jadi melukai seseorang baik karena bahasa tubuhmu atau bahasa tubuh orang lain. Misalnya, ketika kamu mengatakan sesuatu yang menyakiti hati, orang di sekitarmu bisa jadi menampakkan bahasa tubuh tersinggung atau tidak nyaman.

Namun karena kamu tidak sadar dan menghiraukan bahasa tubuh tersebut, ketersinggungan tersebut berlanjut dan kamu jadi orang yang melukai hati orang lain. Apabila kamu merasa pernah terjebak dalam situasi ini, kamu mungkin orang yang tidak sensitif pada lingkungan sekitar.

2. Tidak Sadar Ekspresi Orang

Tanda selanjutnya yang bisa menunjukkan apakah kamu orang yang sensitif atau tidak di lingkungan sekitar adalah dengan seberapa sadar kamu akan ekspresi orang. Dalam perbincangan, ekspresi merupakan reaksi meski tidak diucapkan dalam kalimat.

Ketika kamu membicarakan suatu topik, lawan bicara bisa menunjukkan ragam ekspresi mulai dari tertarik, bosan, senang, tersinggung, marah bisa muncul dari ekspresi. Orang biasa akan peka dan mengerti ketika melihat ekspresi lawan bicara.

Dalam pembicaraan, kamu mungkin tetap meneruskan pembicaraan tidak peduli ekspresi lawan yang bosan bahkan tidak suka dengan isi cerita. Apabila hal ini berlanjut, kamu bisa dicap orang yang tidak peka dan lebih parahnya lagi kurang ajar.

3. Meninggikan Nada Bicara

Selain kedua tanda diatas, ada tanda yang juga bisa menunjukkan bahwa kamu mungkin adalah sosok yang tidak sensitif pada lingkungan sekitar. Tanda tersebut adalah meninggikan nada bicara dalam percakapan. Menaikkan nada bicara bisa jadi sinyal pada orang lain sebagai tindakan yang tidak sensitif. 

Berkonotasi buruk, meninggikan suara ketika berbicara bisa membuat orang lain mundur dan merasa buruk ketika berhadapan dengan kamu. Selain itu, perilaku meninggikan nada bicara terus menerus, menyela orang lain dan memimpin dalam sebagian besar percakapan, kamu bisa jadi sosok yang tidak sensitif.

Hal ini dikarenakan kamu jadi tidak memedulikan apa yang ingin orang lain katakan. Apabila kamu sering melakukan hal diatas, coba untuk diam merenung dan berpikir bahwa apakah kamu orang yang tidak sensitif pada sesama.

4. Tidak Terima Opini Orang Lain

Tanda keempat bahwa kamu mungkin adalah orang yang tidak sensitif pada orang di sekitar adalah kamu tidak menerima opini orang lain. Lebih jauh, kamu mudah menolak opini dari orang lain yang tidak sejalan denganmu.

Kamu bisa jadi merasa terancam atau merasa jadi satu-satunya yang benar. Kamu sebisa mungkin akan membela diri sendiri dan tidak begitu menerima adanya perbedaan opini di teman-temanmu yang lain.

Dalam percakapan, kamu mungkin hanya bicara opinimu terus menerus dan mengabaikan opini orang lain. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat tidak sensitif serta tidak baik untuk kehidupan sosialmu kedepannya.

5. Tidak Apresiasi Orang dan Usahanya

Terakhir, tanda bahwa kamu merupakan sosok yang tidak sensitif terhadap orang lain adalah kamu tidak mengapresiasi orang dan juga usaha yang dilakukan. Ketika orang sudah melakukan banyak hal untukmu, sudah sepantasnya untuk berterima kasih dan mengapresiasi orang tersebut.

Namun, orang yang tidak sensitif bisa jadi mengabaikan usaha keras seseorang dan tidak melihat kepada orang yang melakukanya. Kamu bisa jadi lupa atau bahkan memang tidak mengingatnya dari awal terkait usaha seseorang tersebut.

Lebih jauh, orang yang tidak peka pada sekitar bisa melupakan nama orang lain. Orang yang tidak sensitif lebih banyak berpikir tentang apa yang harus diucapkan alih-alih mengingat nama dari sang lawan bicara. 

Kelima poin diatas merupakan beberapa tanda bahwa kamu orang yang tidak sensitif pada sekitar. Bisa berdampak buruk pada jangka panjang, kamu bisa mulai memperbaiki perilaku dengan minta bantuan orang sekitar untuk mengingatkan.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #berikut #tanda #bahwa #kamu #orang #yang #tidak #sensitif #terhadap #sekitar #apakah #kamu #salah #satunya

KOMENTAR