9 Tips Bahasa Tubuh yang Baik Saat Berinteraksi, Membuat Anda Langsung Disukai Oleh Orang Baru
Ilustrasi bahasa tubuh yang baik dalam berinteraksi dengan orang baru. (Pixabay)
10:46
22 September 2024

9 Tips Bahasa Tubuh yang Baik Saat Berinteraksi, Membuat Anda Langsung Disukai Oleh Orang Baru

 

Kesan pertama saat bertemu orang baru sangatlah penting. Memberikan kesan yang baik dapat membuat orang lain merasa nyaman saat berinteraksi. Ini dapat tercipta dari bahasa tubuh yang Anda tampilkan.

Dilansir dari biblescripture.net, bukan hanya tentang perkataan, tetapi bagaimana Anda saat mengatakannya, bagaimana Anda berdiri, dan ekspresi saat berbicara. Menggunakan bahasa tubuh yang baik dapat membuat Anda langsung disukai.

Meskipun tanpa harus mengucapkan satu kata pun. Menampilkan bahasa tubuh yang memberikan kesan kehangatan dan keterbukaan dapat membuat orang lain nyaman saat berinteraksi dengan Anda.

Artikel ini akan membahas sembilan tips yang dapat membantu Anda menyesuaikan bahasa tubuh agar disukai oleh orang baru.

  1. Tersenyum tulus

Tersenyum merupakan satu tips bahasa tubuh yang paling penting saat Anda bertemu dengan orang baru. Memberikan senyum yang tulus dapat membuat Anda langsung disukai. Hal itu adalah tanda umum yang ditujukan untuk sebuah keramahan dan kerendahan hati.

Namun, tidak semua senyum akan diartikan sebagai perasaan tulus. Senyum palsu dapat memberikan kesan yang buruk, dan membuat orang lain waspada daripada tertarik berinteraksi dengan Anda.

Untuk memastikan Anda tersenyum tulus dapat dengan memikirkan sesuatu yang membuat Anda bahagia dan sebuah lelucon. Ingatlah, senyum yang tulus melibatkan seluruh wajah, bukan hanya gerakan mulut.

Jangan tersenyum secara berlebihan karena dapat memberikan kesan menyeramkan dan dipaksakan, jadi, lakukan secara alami dan spontan. Senyum dapat menjadi aset terbaik agar dapat langsung disukai oleh orang yang baru kita temui.

  1. Mencocokan bahasa tubuh

Penyesuaian adalah tips bahasa tubuh yang penting untuk membuat Anda langsung disukai. Ini tentang mencocokan gerakan, ekspresi, atau postur tubuh orang lain yang berinteraksi dengan Anda.

Hal ini dapat berhasil saat dalam suasana yang sedikit canggung, mulailah untuk memulai percakapan. Saat Anda berbicara, cobalah memperhatikan kebiasaan orang lain, sepert sikap dan gerakan tubuh saat berbicara.

Ketika Anda menyesuaikan dengan sikap dan gerakan tubuh orang tersebut. Anda dapat tampak lebih terbuka dan nyaman seiring berjalannya obrolan. Namun jangan menirukan orang lain secara berlebihan karena dapat memberikan kesan menghina.

Menirukan bahasa tubuh secara spontan dan menyesuaikan diri dengan orang lain dapat membantu membangun hubungan baik. Hal ini membuat orang lain merasa nyaman, sehingga membuat Anda lebih disukai oleh orang lain.  

  1. Bersikap terbuka

Bahasa tubuh yang terbuka merupakan ajakan yang jelas kepada orang lain, yang menandakan bahwa Anda ramah dan mudah didekati. Ini dapat terlihat saat Anda duduk atau berdiri dengan orang lain.

Tidak menyilangkan tangan, menjaga postur tubuh tegak, dan menjaga tubuh Anda berorientasi ke arah orang yang berinteraksi dengan Anda, dapat menciptakan kesan keterbukaan.

Lengan yang disilangkan dapat diartikan sebagai sikap yang defensif dan tertutup. Kita secara naluri memandang orang dengan bahasa tubuh terbuka sebagai orang yang dapat dipercaya dan disukai.

Saat Anda berada di lingkungan sosial, ingatlah untuk menjaga sikap Anda tetap terbuka. Ini adalah cara yang halus tetapi ampuh untuk memberikan kesan positif dan membuat orang lebih menyukai Anda.

  1. Melakukan kontak mata

Ketika Anda sedang berbicara tanpa menatap orang lain, itu dapat memberikan kesan yang aneh. Kontak mata adalah peranan terpenting dalam komunikasi, karena menunjukkan bahwa Anda tertarik dan memperhatikan.

Hal ini dapat membantu membangun koneksi dan kepercayaan dengan orang lain. Namun, perlu juga menyesuaikan intensitas kontak mata. Terlalu sedikit kontak mata membuat Anda dianggap tidak tertarik. Terlalu banyak akan beresiko membuat orang lain tidak nyaman.

Aturan yang baik dalam mempertahankan kontak mata sekitar 60 persen selama percakapan. Itu cukup untuk menunjukkan Anda terlibat dan tertarik tanpa terkesan terlalu intens. Gunakan dengan bijak untuk meningkatkan ketertarikan orang lain terhadap Anda.

  1. Sentuhan ramah

Sentuhan adalah alat komunikasi yang dapat memberikan dampak signifikan terhadap persepsi orang lain. Tepukan kecil di punggung, jabat tangan dengan ramah, atau sentuhan ringan di lengan dapat membangun rasa percaya dan disukai.

Perlu untuk diingat bahwa konteks dan tingkat kenyamanan antara Anda dan orang lain. Pantas tidaknya sentuhan sangat relatif tergantung pada budaya, situasi, dan hubungan Anda dengan orang lain.

Jika digunakan dengan tepat, sentuhan dapat meruntuhkan penghalang dan membuat orang lain merasa nyaman di dekat Anda. Sentuhan juga merupakan cara halus untuk berkomunikasi dengan keramahan dan kehangatan yang membuat Anda lebih disukai.

  1. Mendengarkan secara aktif

Mendengarkan adalah salah satu cara paling efektif untuk membuat seseorang merasa dihargai dan diapresiasi. Mendengarkan secara aktif melibatkan lebih dari sekedar mendengar kata-kata yang diucapkan seseorang.

Ini tentang menunjukkan minat yang tulus melalui bahasa tubuh yang anda tunjukkan, seperti mengangguk, menjaga kontak mata, dan menanggapi dengan tepat. Merasa didengar dapat mengubah percakapan biasa menjadi interaksi yang berkesan.

Saat mengobrol, cobalah untuk benar-benar mendengarkan apa yang orang lain bicarakan. Jangan hanya menanggapi tetapi juga memahami. Tunjukkan melalui bahasa tubuh bahwa Anda benar-benar tertarik dengan apa yang mereka bicarakan.

  1. Menjaga postur tubuh

Postur tubuh anda dapat menunjukkan banyak tentang diri Anda bahkan sebelum Anda mengucapkan sepatah kata pun. Bahu yang bungkuk mungkin menunjukkan Anda tidak percaya diri.

Namun, postur tubuh Anda yang tegak dapat menunjukkan rasa percaya diri dan daya tarik. Cobalah berlatih untuk memperbaiki postur tubuh Anda, karena dapat memperbaiki interaksi Anda dengan orang lain dan orang-orang akan lebih tertarik dengan Anda.

Ketika Anda memiliki postur tubuh yang baik, hal itu dapat membuat Anda tampil lebih percaya diri. Postur tubuh yang baik memberikan Anda kesan lebih disukai dan mudah didekati oleh orang lain.

  1. Menyesuaikan gerakan

Isyarat menambahkan aspek komunikasi baru ke dalam interaksi Anda. Isyarat dapat membuat kata-kata Anda lebih berdampak dan menunjukkan antusias dan ketulusan. Pikirkan bagaimana Anda menggunakan gerakan tangan saat berbicara.

Terdapat perbedaan antara gerakan yang lebar dan ekspresif atau cenderung tidak menggunakan gerakan tangan. Isyarat tangan yang ekspresif membuat Anda tampak bersemangat dan menarik.

Isyarat tangan dapat membantu menekankan pokok bahasan Anda dan membuat pembicaraan lebih menarik. Sedangkan, menjaga tangan Anda tetap diam dapat berarti ketenangan dan ketentraman dalam berbicara.

Ini menandakan bahwa Anda percaya diri dan yakin dengan apa yang Anda katakana. Hal terpenting adalah menyesuaikan gerakan Anda dengan apa yang Anda katakan dan bagaimana Anda ingin mengekspresikannya. Ini adalah cara halus, tetapi efektif agar Anda lebih disukai.

  1. Menjadi diri sendiri

Hal terpenting agar Anda dapat lebih disukai adalah menjadi diri sendiri. Anda dapat menggunakan semua tips bahasa tubuh seluruhnya. Namun, jika Anda tidak bersikap tulus dan berpura-pura, orang akan menyadarinya.

Menjadi diri sendiri terlihat dari bahasa tubuh, kata-kata, dan cara berkomunikasi dengan orang lain. Cobalah menerima diri sendiri dan biarkan orang lain mengerti tentang Anda. Orang lain lebih tertarik dengan keaslian yang menunjukkan jati diri Anda, sehingga Anda akan lebih disukai dan diterima apa adanya.

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tips #bahasa #tubuh #yang #baik #saat #berinteraksi #membuat #anda #langsung #disukai #oleh #orang #baru

KOMENTAR