10 Tanda yang Menunjukkan Seseorang Dewasa Secara Mental, Mampu Mengenali Perasaan Adalah Salah Satunya!
Ilustrasi Seseorang yang Dewasa Secara Mental. (Freepik)
14:34
18 September 2024

10 Tanda yang Menunjukkan Seseorang Dewasa Secara Mental, Mampu Mengenali Perasaan Adalah Salah Satunya!

– Pernah mendengar ungkapan populer dari Carrol Bryant? “Growing old is mandatory but growing up is optional.” Menjadi tua adalah pasti, tapi menjadi dewasa itu pilihan. Semua orang pasti menua, tapi tidak semua orang menjadi dewasa.

Berbeda dengan penuaan yang merupakan proses fisik, tumbuh dewasa adalah tentang berevolusi sebagai pribadi dan menjadi lebih siap untuk menghadapi kompleksitas hidup.

Tumbuh dewasa lebih berkaitan dengan perkembangan karakter dan pemahaman yang lebih baik tentang diri sendiri dan dunia.

Dilansir dari verywellmind, adapun 10 tanda yang menunjukkan seseorang dewasa secara mental adalah sebagai berikut:

1. Memiliki empati

Mempunyai kematangan emosional berarti mampu mengalihkan fokus dari kebutuhan dan sudut pandang pribadi, dan fokus pada realitas emosional orang lain.

2. Mampu mengenali perasaan

Orang yang matang secara emosional sanggup mengenali emosi dan memahami apa yang mendorong mereka merasakan hal itu. Inilah landasan untuk cakap mengelola emosi dengan cara yang sehat.

3. Mampu menyampaikan perasaan

Mereka berupaya untuk menyampaikan apa yang dirasakan dan menghindari perasaan menekan yang merugikan, hal ini akan membantu seseorang memahami apa sebab dari mereka bereaksi seperti itu.

4. Bersifat fleksibel

Ketika situasi tidak berjalan seperti yang diharapkan, seseorang yang matang secara emosional mampu memikirkan solusi dan membuat rencana baru yang bisa diterapkan, sifat ini akan memungkinkan mereka mengatasi situasi dan bergerak maju tanpa membiarkan hambatan menggagalkan keseluruhan rencana.

5. Bersikap terbuka

Mereka tidak kaku dalam berpikir, beradaptasi pada setiap perubahan, menerima perbedaan ide, dan dapat memperoleh kesepakatan dengan orang lain.

6. Mampu membentuk hubungan yang sehat dan aman

Salah satu tanda yang menunjukkan seseorang dewasa secara mental adalah mampu untuk membentuk dan mempertahankan hubungan yang sehat dan aman dengan orang lain, bisa berupa rasa kepercayaan, keamanan, dan koneksi.

7. Bertanggung jawab dalam setiap tindakan

Mereka akan mempertimbangkan betapa berpengaruhnya setiap langkah yang dilakukan, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Ketika tindakannya menyebabkan kerugian, mereka akan meminta maaf, berani bertanggung jawab dan bersedia menerima konsekuensi, selanjutnya mereka akan menjadikan setiap kesalahan sebagai peluang untuk berkembang dan belajar.

8. Menetapkan batasan yang sehat

Memiliki kemampuan untuk mengekspresikan batasan emosional baik kepada diri sendiri maupun orang lain. Dalam hal ini, mereka sadar bahwa ada batasan tertentu yang tidak boleh mereka lewati dengan orang lain. Hal ini merupakan perwujudan dari menghormati diri sendiri dan orang lain.

9. Mampu menyelesaikan konflik

Mempelajari cara menghadapi konflik berarti mengembangkan keterampilan emosional dan perilaku tertentu. Jika berada dalam sebuah perselisihan, mereka bisa menemukan solusi dan akan menyelesaikannya secara efektif.

Mereka akan berusaha untuk menyelesaikan dan mencari jalan keluar daripada memperpanjang masalahnya. Ketika menghadapi agresi atau manipulasi, mereka mampu menanggapinya dengan hormat dan tahu kapan harus menjauh.

10. Bisa mengelola stres dengan cara yang sehat

Stres adalah perasaan umum yang tak terhindarkan dalam hidup, tindakan tepat untuk menanganinya adalah mengelola atau mengurangi. Mereka akan mempelajari cara mengatasi stres dan menerapkannya dalam praktik, seperti: meluangkan waktu pribadi untuk berolahraga, relaksasi, berpergian ataupun melakukan hobi.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #tanda #yang #menunjukkan #seseorang #dewasa #secara #mental #mampu #mengenali #perasaan #adalah #salah #satunya

KOMENTAR