Cara Cek Labubu Asli atau Palsu, Jangan Tertipu Beli Boneka Viral Seperti Milik Lisa BLACKPINK dan Ayu Ting Ting
Labubu (instagram/labubuofficial)
19:21
12 September 2024

Cara Cek Labubu Asli atau Palsu, Jangan Tertipu Beli Boneka Viral Seperti Milik Lisa BLACKPINK dan Ayu Ting Ting

Belakangan ini, boneka Labubu viral di media sosial. Boneka menggemaskan ini umumnya dijadikan gantungan tas. Lantas, bagaimana cara cek Labubu asli atau palsu?

Mengutip Tatler, karakter Labubu diciptakan oleh seniman kelahiran Hong Kong Kasing Lung dan dikenali dari telinganya yang runcing, senyum nakal, dan giginya yang tajam. Awalnya, Labubu merupakan bagian dari kelompok makhluk yang disebut The monster dan pertama kali digambar dalam buku anak-anak.

Pada tahun 2019, Lung menandatangani perjanjian lisensi eksklusif dengan perusahaan mainan Tiongkok Pop Mart. Kerjasama ini mengubah The Monsters dari karakter buku cerita menjadi mainan.

Sejak saat itu, Labubu telah dirilis dalam berbagai warna, bentuk, dan ukuran, yang menarik minat penggemar di seluruh Asia. Boneka ini semakin populer lantaran banyak selebriti yang menggunakannya sebagai aksesoris, salah satunya Lisa dan Rose BLACKPINK.

Baca Juga: 'Puisi' Akun Fufufafa Soal Pembalut dan Fadli Zon Bikin Melongo: Chairil Anwar Ketar-ketir Baca Ini

Bahkan beberapa artis Indonesia pun tak ketinggalan tren memiliki boneka Labubu. Sebut saja Nagita Slavina, Ayu Ting Ting  dan Citra Kirana juga memiliki boneka Labubu. Bahkan artis dan presenter Ayu Dewi memiliki Labubu berukuran besar. 

Berkat unggahan Lisa BLACKPINK dan artis-artis lain di Instagram, popularitas boneka berbulu tersebut meningkat. Dukungan dari bintang K-pop tersebut mengangkat status Labubu, menjadikannya aksesoris yang trendi dengan harga fantastis.

Harga Labubu bervariasi, umumnya berkisar antara US$28 hingga US$40, atau jika dikonversi menjadi rupiah adalah sekitar Rp430.000 hingga Rp600.000. Namun, di Indonesia, harga boneka lucu ini bisa mencapai lebih dari Rp1 juta.

Saking populernya, Menteri Kantor Perdana Menteri Thailand Puangpet Chunlaiad mengeluarkan peringatan publik untuk berhati-hati terhadap boneka palsu. Berikut adalah cara cek Labubu asli atau palsu.

Cara Cek Labubu Asli atau Palsu

Baca Juga: Cewek Pamer Pakai Lingerie ke Kampus Jadi Trending di X, Tuai Perdebatan Panas

Mengutip dari akun TikTok @artospateid, berikut adalah cara mengetahui boneka Labubu asli atau palsu.

1. Perbedaan kemasan

Jika dilihat, kemasan Labubu asli dan palsu sangat berbeda. Kemasan asli memiliki warna yang lebih mencolok dan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kemasan palsu, yang biasanya lebih kecil dan memiliki warna yang cenderung krem.

Selain itu, detail lain seperti kualitas cetakan, desain logo, dan informasi produk pada kemasan juga berbeda. Kemasan asli umumnya memiliki detail yang lebih tajam dan jelas, sedangkan kemasan palsu mungkin memiliki kualitas cetakan yang kurang baik dan detail yang tidak konsisten.

2. Perbedaan bentuk

Bentuk fisik antara Labubu asli dan palsu juga dapat dilihat perbedaannya. Kaki Labubu asli umumnya lebih lurus, sedangkan kaki pada versi palsu cenderung lebih lebar dan terlihat mengangkang.

Perbedaan lainnya terlihat pada telinganya. Labubu asli memiliki telinga yang lebih rapat, sementara pada yang palsu, telinganya lebih renggang. Selain itu, Labubu asli memiliki bentuk wajah yang lebih tegap, sedangkan versi palsu cenderung tampak lebih menunduk.

Selain itu, kepala Labubu asli dapat berputar hingga 360 derajat, sedangkan pada versi palsu, kepala biasanya tidak dapat berputar seperti itu.

3. Dilengkapi dengan barcode

Labubu asli dilengkapi dengan barcode pada kemasannya yang mengarahkan ke situs web resmi, sementara Labubu palsu tidak memiliki barcode tersebut. Namun, ada juga Labubu palsu yang memiliki barcode, tetapi kode tersebut tidak dapat dipindai atau mengarah ke situs web yang berbeda.

4. Perbedaan logo

Perbedaan yang mencolok antara Labubu asli dan palsu dapat dilihat dari logonya. Selain desain yang berbeda, bahan logo pada Labubu asli terasa lebih halus, sementara logo pada versi palsu umumnya terasa lebih kasar.

5. Detail di bagian dalam kemasan

Perhatikan bagian dalam kemasan. Pada Labubu asli, terdapat tulisan "Pop Mart" yang tercetak dengan jelas di bagian dalam kemasan, sementara pada versi palsu, tulisan tersebut tidak ada.

6. Tanda di bawah kaki

Labubu asli memiliki tulisan "© kasing" yang tercetak di bagian bawah kaki, sementara versi palsu tidak memiliki signature tersebut. Selain itu, tulisan "Pop Mart" pada Labubu asli juga berbeda dari versi palsu, baik dalam hal jenis font maupun kualitas cetakannya.

7. Detail bulu

Labubu asli memiliki bulu yang lebih tebal dan tampak lebih padat, sementara versi palsu memiliki bulu yang lebih tipis dan agak lurus.

Itulah ulasan mengenai cara cek Labubu asli atau palsu. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Dini Sukmaningtyas

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #cara #labubu #asli #atau #palsu #jangan #tertipu #beli #boneka #viral #seperti #milik #lisa #blackpink #ting #ting

KOMENTAR