5 Sayuran yang Mengandung Kalsium untuk Membantu Memperkuat Tulang, Persiapan untuk Usia Senja
Ilustrasi Sayuran yang Mengandung Kalsium yang Tinggi. (Freepik)
15:42
10 September 2024

5 Sayuran yang Mengandung Kalsium untuk Membantu Memperkuat Tulang, Persiapan untuk Usia Senja

Kalsium merupakan salah satu kandungan nutrisi yang memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya yaitu dapat memperkuat tulang.

Seperti yang diketahui bahwa kandungan kalsium paling banyak ditemukan di dalam susu. Namun, untuk kamu yang memiliki alergi terhadap susu atau tidak menyukainya. Kamu dapat mengkonsumsi makanan lain yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi, seperti sayuran.

Berikut ini merupakan lima sayuran yang mengandung kalsium yang tinggi yang dapat membantu memperkuat tulang yang dilansir dari akun YouTube Kunci Sehat pada Selasa (10/9).

1. Bayam

Sayuran pertama yang mengandung kalsium yang tinggi, yaitu sayuran bayam. Hal ini karena setiap sajian bayam dengan berat 100 gram menawarkan kalsium dengan kadar 136 miligram.

Sebagai sumber kalsium yang baik, sayur bayam dapat mampu memenuhi kebutuhan kalsium harian hingga 10 persen.

Selain itu, sayuran tinggi kalsium ini juga mengandung nutrisi lainnya, seperti vitamin C, zat besi, dan serat.

2. Kale

Selanjutnya, yaitu sayuran kale yang dipercaya mengandung kalsium yang tinggi hingga 132 miligram untuk setiap 100 gramnya.

Untuk itu, kamu dapat konsumsi sayuran kale agar dapat membantu kesehatan tulang dan menjaga kesehatan lainnya.

3. Daun Turnip

Manfaat selanjutnya, yaitu daun turnip yang memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti kalsium dalam kadar yang cukup.

Perlu diketahui bahwa, setiap penyajian 100 gram daun turnip memiliki kandungan kalsium dengan kadar 137 miligram. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian hingga 11 persen.

4. Daun Bit

Seperti yang diketahui bahwa bit lebih populer dikonsumsi oleh masyarakat jika dibandingkan dengan daunnya padahal daun bit juga tidak kalah bernutrisi dan bergizi, termasuk mengandung kalsium.

Untuk itu, kamu dapat mengkonsumsi makanan dari daun bit setiap harinya. Hal ini karena setiap 100 gramnya menyediakan kandungan kalsium dengan kadar 114 miligram.

Kadar tersebut dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh terhadap kalsium hingga 9 persen.

5. Parsley

Parsley juga merupakan salah satu makanan yang mengandung kalsium yang baik untuk tubuh. 1 cup parsley mengandung sekitar 83 miligram kalsium.

Sayuran tinggi kalsium ini dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian hingga enam persen. Jadi tak heran jika parsley merupakan sayuran yang mengandung kalsium yang baik untuk kamu konsumsi.

Itu dia informasi mengenai lima jenis sayuran yang mengandung kalsium yang tinggi.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #sayuran #yang #mengandung #kalsium #untuk #membantu #memperkuat #tulang #persiapan #untuk #usia #senja

KOMENTAR