Profil Soegi Bornean, Heboh Eks Vokalis Fanny Soegi Bongkar Borok Band Soal Royalti
Profil Soegi Bornean, Eks Vokalis Fanny Soegi Ungkap 'Borok' Band Soal Royalti (Instagram @soegiborneanmusik)
14:04
9 September 2024

Profil Soegi Bornean, Heboh Eks Vokalis Fanny Soegi Bongkar Borok Band Soal Royalti

Band Soegi Bornean menjadi sorotan banyak orang setelah sang mantan vokalis, Fanny Soegi, mengemukakan masalah yang sebenarnya terjadi dibalik kemundurannya. Sekilas tentang profil Soegi Bornean yang mempopulerkan lagu Asmalibrasi dapat Anda cermati di sini.

Lagu Asmalibrasi sendiri hanya satu dari sekian banyak lagu yang pernah dipopulerkan oleh formasi lengkap dari Soegi Bornean. Band ini bergenre indie pop, dan dibentuk pada tahun 2019 lalu. Selengkapnya tentang band Soegi Bornean dapat Anda cermati di bawah ini.

Profil Soegi Bornean

Didirikan pada bulan April 2019 lalu, band ini awalnya terdiri dari tiga orang. Pertama adalah Fanny Soegiarto pada vokal, kemudian Aditya Ilyas pada pemain gitar pertama, dan Damar Komang pada pemain gitar kedua.

Nama band Fanny Soegi sendiri berasal dari nama sang vokalis, Fanny Soegiarto, yang kemudian memberikan arti yang unik. Soegi berasal dari bahasa Jawa ‘sugih’ yang artinya kaya, dan Bornean adalah julukan dari Pulau Kalimantan, yang menjadi kampung halaman Fanny Soegiarto sendiri.

Baca Juga: 8 Potret Pesona Fanny Soegi, Curhatan Soal Mantan Bandnya Viral

Nama band ini mulai melejit pada saat mereka merilis mini album berjudul Atma tahun 2020 lalu. Dengan single andalan berjudul Asmalibrasi, penikmati musik tanah air seperti terhipnotis dengan suara lantunan musik dan lirik yang terasa harmonis.

Di tahun 2021 kemudian Damar Komang memutuskan hengkang dari band ini, dan digantikan oleh Bagas Prasetyo. Kemudian di Maret 2024, Fanny memutuskan mengikuti jejak Damar untuk mengakhiri kiprahnya bersama band yang tengah naik daun tersebut.

Fanny Soegi Ungkap 'Borok' Band

Fanny yang sudah berpisah jalan dengan band lamanya ini kemudian diketahui mulai membongkar aib dari band tersebut. Tidak hanya karena nama Soegi Bornean yang sebenarnya adalah nama dirinya, ia juga menyatakan bahwa pencipta lagu Asmalibrasi kini harus menghadapi hidup yang sulit.

Tentu ini berbanding terbalik dengan anggota Soegi Bornean yang menuai sukses dari populernya lagu tersebut. Ternyata ada masalah uang royalti antara band dan pencipta lagunya hingga harus hidup dalam keterbatasan. Hal ini menjadi salah satu alasan Fanny mundur dari band tersebut.

Klarifikasi Band Soegi Bornean

Melalui akun Instagram resmi band, Soegi Bornean kemudian memberikan tanggapan. Mereka atas nama band meminta maaf atas kegaduhan yang terjadi, dan menyatakan pihaknya ingin meluruskan tuduhan yang dilayangkan oleh Fanny.

Baca Juga: Fanny Soegi Singgung Royalti Lagu Asmalibrasi, Lebih dari Rp500 Juta Tapi Dikorupsi

Dinyatakan dalam unggahan terkait, mengenai royalti Asmalibrasi dari awal menerima uang royalti pihak manajemen mendistribusikan sesuai dengan nominal yang telah disepakati. Fanny juga dikatakan selalu terlibat dalam keputusan pembagian royalti yang dilakukan band.

Soegi Bornean menyatakan tidak memiliki masalah dengan pencipta dan masih berkomunikasi dengan baik. Bahkan masih terdapat kerjasama di salah satu karya pada album terbaru mereka. Mereka membuka diri jika diperlukan rekonsiliasi royalti dengan ahli.

Tentu hal ini cukup mengejutkan, mengingat awalnya profil Soegi Bornean erat dengan citra yang bersahaja dan ramah. Semoga artikel ini berguna, dan semoga masalah yang muncul dapat segera diselesaikan.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #profil #soegi #bornean #heboh #vokalis #fanny #soegi #bongkar #borok #band #soal #royalti

KOMENTAR