Dijuluki Tempat Paling Berbahaya di Dunia, Negara Ini Justru Alami Lonjakan Kunjungan 'Turis Gelap'
Perempuan dan anak Afganistan. [DW Indonesia]
11:56
13 Agustus 2024

Dijuluki Tempat Paling Berbahaya di Dunia, Negara Ini Justru Alami Lonjakan Kunjungan 'Turis Gelap'

Dijuluki sebagai negara paling berbahaya di dunia, Afghanistan mengalami lonjakan pariwisata meskipun berada di bawah kekuasaan Taliban.

Negara ini telah diberi gelar tersebut oleh Global Peace Index selama enam tahun berturut-turut karena skor keamanannya yang rendah, tetapi apa yang disebut sebagai 'turis gelap', berbondong-bondong ke medan terjalnya untuk menjelajahi negara tersebut.

Peta Risiko 2024 menggarisbawahi bahaya tersebut, dengan mengutip peringatan "ekstrem" atas tantangan keamanan mulai dari perbedaan pendapat politik hingga kejahatan yang merajalela.

Namun, melawan segala rintangan dan akal sehat, wisatawan datang dalam jumlah yang lebih besar dengan 691 orang berkunjung pada tahun 2021, naik menjadi 2.300 pada tahun 2022, dan meroket hingga 7.000 tahun lalu.

Baca Juga: Tangerang Masuk 3 Besar Sebagai Top Destinasi Wisatawan Lokal, Apa Istimewanya?

Peningkatan wisatawan dapat dipengaruhi oleh hubungan udara yang lebih baik melalui pusat-pusat kosmopolitan seperti Dubai tetapi, yang menarik, sebagian besar petualang ini berasal dari Tiongkok.

Meskipun demikian, Kantor Luar Negeri Inggris bersikeras agar warga Inggris menghindari perjalanan apa pun ke negara Asia ini. Peringatan itu berbunyi: "Anda sebaiknya tidak bepergian ke Afghanistan. Situasi keamanan tidak menentu. Bepergian ke seluruh Afghanistan sangat berbahaya dan penyeberangan perbatasan mungkin tidak dibuka."

"Ada risiko tinggi warga negara Inggris ditahan di Afghanistan. Jika Anda warga negara Inggris dan ditahan di Afghanistan, Anda bisa menghadapi hukuman penjara berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Kemampuan FCDO untuk membantu Anda sangat terbatas dan dukungan secara langsung tidak memungkinkan di Afghanistan."

Jika terjebak dalam kekacauan Afghanistan, warga Inggris dapat menghadapi hukuman penjara yang lama dengan harapan kecil untuk diselamatkan oleh konsuler, karena kapasitas FCDO untuk menawarkan dukungan di lapangan tidak ada.

[DW Indonesia][DW Indonesia]

Mendapatkan visa telah menjadi usaha yang menakutkan dan mahal bagi wisatawan, di tengah isolasi diplomatik yang dialami Afghanistan setelah Taliban mengambil alih kekuasaan setelah 20 tahun perang. Negara-negara telah memutus hubungan dengan Kabul, di mana tidak ada negara yang mengakui kelompok tersebut sebagai pemerintah yang sah.

Baca Juga: 6,4 Juta Turis Asing Banjiri Indonesia, Satu Wisatawan Habiskan Rp 23,3 Juta Sekali Liburan

Bandara Kabul, yang memiliki jumlah penerbangan internasional tertinggi di negara tersebut, tidak terhubung langsung dengan sektor pariwisata utama seperti China, Eropa, atau India, karena sebagian besar maskapai penerbangan menghindari wilayah udara Afghanistan.

Selain itu, negara tersebut bergulat dengan infrastruktur yang hancur dan bobrok; sistem jalannya beraspal kasar atau sama sekali tidak ada di wilayah tertentu.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #dijuluki #tempat #paling #berbahaya #dunia #negara #justru #alami #lonjakan #kunjungan #turis #gelap

KOMENTAR