Panitia Penutupan Olimpiade Dapat Ancaman Pembunuhan, Konsep Acara Direvisi Berkali-kali
Acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 (Instagram/olympics)
09:16
12 Agustus 2024

Panitia Penutupan Olimpiade Dapat Ancaman Pembunuhan, Konsep Acara Direvisi Berkali-kali

Pria yang bertanggung jawab atas upacara penutupan Olimpiade Paris mengatakan ancaman pembunuhan tidak membuatnya berhenti, tetapi acara tersebut telah direvisi "berkali-kali" setelah mendapat reaksi keras setelah acara pembukaan.

Thierry Reboul juga mempertahankan pembelaannya terhadap bagian dari upacara pembukaan yang menurut para kritikus memparodikan Perjamuan Terakhir, tetapi menurut direktur eksekutif tersebut merupakan referensi ke lukisan dewa-dewi Olimpiade Yunani.

Ketika ditanya oleh harian Prancis, Le Parisien, tentang ancaman pembunuhan, Tn. Reboul berkata: "Anda harus menerimanya. Dan ajukan keluhan - tunjukkan bahwa Anda tidak akan membiarkan diri Anda ditekan atau diintimidasi. Atau terlalu banyak membicarakannya."

Acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 parodikan Acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 parodikan "Perjamuan Terakhir" tuai kecaman (X /Olympics)

Mengenai apakah ancaman dan kritik tersebut telah membuatnya memikirkan kembali upacara penutupan, ia mengatakan kepada publikasi yang sama: "Tidak, tetapi mereka memaksa kita untuk membaca ulang seluruh pertunjukan untuk kesekian kalinya untuk memastikan bahwa tidak ada kemungkinan salah tafsir, bahwa kita tidak dipaksa mengatakan apa yang tidak ingin kita katakan."

Baca Juga: Dulu Angkat Padi, Kini Nurul Akmal Berpeluang Angkut Medali Olimpiade 2024

Penyelenggara Paris 2024 meminta maaf setelah upacara pembukaan kepada umat Katolik dan kelompok Kristen lainnya yang geram atas lukisan kitsch tersebut, yang menurut sebagian orang tampak seperti parodi mahakarya Leonardo da Vinci, The Last Supper.

Gereja Katolik dan kelompok agama sayap kanan di Amerika Serikat merasa kecewa dengan penggambaran tersebut, yang menampilkan waria, penyanyi telanjang yang berpakaian seperti dewa anggur Yunani, Dionysus, dan model transgender.

Mantan presiden AS Donald Trump juga mengkritik upacara pembukaan tersebut, dengan mengatakan kepada Fox News: "Saya berpikiran sangat terbuka, tetapi saya pikir apa yang mereka lakukan adalah aib."

Tn. Reboul mengatakan upacara penutupan pada hari Minggu (11 Agustus) akan menjadi "luar biasa" dan akan memiliki nilai-nilai yang sama dengan acara pembukaan, seraya menambahkan: "Ini adalah momen toleransi, berbagi, dan persekutuan, tanpa ada maksud buruk."

Ia mengungkapkan bahwa segmen serah terima tradisional berdurasi 12 menit akan "sedikit lebih panjang" tahun ini, dengan pembawa acara berikutnya, Los Angeles, yang telah mempersiapkannya sementara tim Prancis ikut memproduksinya.

Baca Juga: Sebut Medali Gregoria Mariska Sebagai 'Giveaway', Stasiun TV Indonesia Ini Dirujak Warganet

Thomas Jolly, direktur artistik upacara pembukaan dan penutupan, telah memberi judul "Records" untuk upacara penutupan tersebut.

Upacara penutupan akan diadakan di Stade de France, yang menurut penyelenggara akan diubah menjadi aula konser raksasa, dengan para penampil, akrobat, penari, dan artis sirkus bergabung dengan para penyanyi "terkenal di dunia".

Taylor Swift telah disebut-sebut sebagai calon penampil, meskipun laporan tersebut belum dikonfirmasi. Yang lainnya termasuk Snoop Dog, Billie Eilish, dan Red Hot Chilli Peppers.

Le Parisien melaporkan pada hari Jumat (9 Agustus) bahwa tidak akan ada kebangkitan duo pop Prancis, Daft Punk.

Tom Cruise juga akan hadir, menurut publikasi yang sama, setelah memfilmkan adegan bergaya Mission: Impossible di Paris awal tahun ini. Sebuah aksi langsung dilaporkan direncanakan melibatkan Cruise dan Stade de France.

Tn. Reboul berkata: "Jika semuanya berjalan lancar, kami akan bersenang-senang."

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #panitia #penutupan #olimpiade #dapat #ancaman #pembunuhan #konsep #acara #direvisi #berkali #kali

KOMENTAR