Kecam Serangan Israel ke Sekolah Gaza, Iran: Contoh Nyata Genosida dan Kejahatan Kemanusiaan
3 bom Israel sasar Musholla di Sekolah Al-Tabin Gaza, Sabtu (10/8/2024). Iran mengutuk serangan udara Israel yang biadab terhadap sebuah sekolah di Gaza. 
13:10
11 Agustus 2024

Kecam Serangan Israel ke Sekolah Gaza, Iran: Contoh Nyata Genosida dan Kejahatan Kemanusiaan

- Iran mengutuk serangan udara Israel yang 'biadab' terhadap sebuah sekolah di Gaza, Sabtu (10/8/2024).

Sekolah itu menampung warga Palestina yang mengungsi.

Iran menyebut serangan Israel itu sebagai "kejahatan perang".

"Serangan itu sekali lagi menunjukkan bahwa Israel tidak menghormati aturan dan regulasi hukum internasional serta prinsip moral dan kemanusiaan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Nasser Kanani, dalam sebuah pernyataan, Sabtu, dikutip dari Arab News.

"Contoh nyata dari genosida, kejahatan perang, dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan Israel secara bersamaan," ungkapnya.

Kanani juga menyerukan tindakan tegas oleh negara-negara Muslim dan pencinta kebebasan di seluruh dunia, untuk mendukung Palestina dan perjuangan serta perlawanannya yang sah terhadap pendudukan.

Serangan Israel Tewaskan 100 Orang Lebih

Serangan udara Israel menghantam sekolah yang diubah menjadi tempat penampungan di Gaza pada Sabtu dini hari.

Tiga bom Israel menghantam sekolah al-Tabin, yang terletak di distrik Daraj.

Lebih dari 100 warga Palestina tewas dan puluhan lainnya terluka dalam serangan Israel terhadap sekolah itu.

Badan pertahanan sipil Gaza mengatakan tentang serangan pada hari Sabtu, yang digambarkannya sebagai "pembantaian yang mengerikan".

Perempuan, anak-anak, dan orang tua dilaporkan termasuk di antara korban tewas dan jumlah korban diperkirakan akan bertambah.

Serangan itu terjadi saat orang-orang sedang melaksanakan salat subuh dan memicu kebakaran yang membakar habis gedung tersebut.

Ismail al-Thawabta, kepala Kantor Media Pemerintah Gaza, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa tentara Israel menggunakan tiga bom seberat masing-masing 2.000 pon (907 kg) dalam serangannya.

Menurutnya, Israel menyadari keberadaan orang-orang terlantar di dalam sekolah tersebut.

Seorang saksi mata mengatakan, serangan itu terjadi saat salat digelar di sebuah masjid di gedung tersebut.

Ini adalah serangan terbaru dari apa yang disebut kantor hak asasi manusia PBB sebagai "serangan sistematis terhadap sekolah" oleh Israel, dengan setidaknya 21 serangan sejak 4 Juli yang mengakibatkan ratusan orang tewas, termasuk wanita dan anak-anak.

Militer Israel mengakui telah menargetkan sekolah Tabeen di pusat Kota Gaza.

Sementara, Izzat al-Rishq, seorang pejabat tinggi Hamas, membantah adanya militan di sekolah tersebut.

Dilansir AP News, dinding-dinding hancur di lantai dasar gedung besar itu.

Bongkahan beton dan logam bengkok berserakan di lantai yang berlumuran darah.

Mayat-mayat, beberapa di antaranya dibungkus kain kafan berlumuran darah, diletakkan berdesakan di kuburan sementara, memberi ruang bagi lebih banyak lagi.

Fadel Naeem, direktur rumah sakit al-Ahli di Kota Gaza, mengatakan pihaknya menerima 70 jenazah beserta potongan tubuh sebanyak 10 orang lainnya.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan 47 orang lainnya terluka.

“Kami mengalami beberapa cedera paling serius yang pernah kami alami selama perang,” katanya.

Menurutnya, banyak yang terluka harus diamputasi anggota tubuhnya dan beberapa mengalami luka bakar serius.

Di sisi lain, Iran tidak mengakui Israel dan telah menjadikan dukungan terhadap perjuangan Palestina sebagai inti kebijakan luar negerinya sejak revolusi Islam tahun 1979.

Teheran memuji serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober terhadap Israel tetapi membantah terlibat.

Ketegangan antara Iran dan Israel meningkat sejak pembunuhan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh pada 31 Juli 2024 saat berkunjung ke Teheran, yang menyalahkan Israel dan bersumpah untuk membalas.

Israel Hujani Roket ke gedung sekolah, tewaskan ratusan orang yang sedang Salat. Israel hujani roket ke gedung sekolah, tewaskan ratusan orang yang sedang Salat. (Tangkap layar X)

Update Perang Israel-Hamas

Diberitakan Al Jazeera, militer Israel telah memperingatkan warga Palestina yang tinggal di beberapa bagian Gaza selatan untuk mengungsi seiring peningkatan operasi di kota Khan Younis.

Perintah evakuasi datang kurang dari 24 jam setelah pengeboman terbaru Israel di Kota Gaza, yang menewaskan lebih dari 100 warga Palestina yang berlindung di dalam sebuah sekolah.

Yordania mengatakan tidak akan menjadi medan perang bagi pihak mana pun dan tidak akan membiarkan pelanggaran wilayah udaranya sementara dunia terus memperhatikan pembalasan yang dipimpin Iran terhadap Israel atas pembunuhan Ismail Haniyeh dari Hamas di Teheran dan Fuad Shukr dari Hizbullah di Beirut.

Militer Israel mengeluarkan perintah evakuasi baru untuk wilayah selatan Khan Younis, memperingatkan warga yang tinggal di daerah selatan pusat kota, termasuk di Sheikh Nasser, Barbakh dan Maan untuk mengungsi.

Pemberitahuan itu muncul saat para pemimpin dunia mengecam serangan terbaru Israel terhadap sekolah di Kota Gaza, yang menewaskan lebih dari 100 orang.

Israel mengklaim telah menewaskan 19 pejuang dari Hamas dan Jihad Islam Palestina, tanpa memberikan bukti apa pun.

Aljazair telah meminta pertemuan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mendesak pada hari Selasa untuk membahas serangan tersebut, sementara duta besar Palestina mengatakan bahwa pembantaian tersebut menunjukkan “Israel tidak menginginkan gencatan senjata”.

Hizbullah meluncurkan serangkaian pesawat tak berawak bermuatan bahan peledak ke Israel utara yang menimbulkan kerusakan tetapi tidak menimbulkan korban jiwa, sementara militer Israel mengebom wilayah di seluruh Lebanon selatan.

Juru bicara Hamas, Jihad Taha, mengatakan pimpinan kelompok itu sedang "mempelajari" undangan dari AS, Qatar, dan Mesir untuk perundingan gencatan senjata dan posisinya akan diumumkan "nanti".

Setidaknya 39.790 orang tewas dan 92.002 orang terluka dalam perang Israel di Gaza.

Diperkirakan 1.139 orang tewas di Israel selama serangan yang dipimpin Hamas pada tanggal 7 Oktober, dan lebih dari 200 orang ditawan.

(Tribunnews.com/Nuryanti)

Berita lain terkait Konflik Palestina Vs Israel

Editor: Facundo Chrysnha Pradipha

Tag:  #kecam #serangan #israel #sekolah #gaza #iran #contoh #nyata #genosida #kejahatan #kemanusiaan

KOMENTAR