Tragedi Gaza: Serangan Udara Israel Tewaskan 15 Warga Palestina di Sekolah Pengungsian
Seorang pemuda di Kota Gaza terduduk di puing-puing reruntuhan akibat serangan militer Israel. (Foto: AFP)
20:24
4 Agustus 2024

Tragedi Gaza: Serangan Udara Israel Tewaskan 15 Warga Palestina di Sekolah Pengungsian

Serangan udara Israel terhadap sekolah yang menampung pengungsi di Kota Gaza menewaskan sedikitnya 15 warga Palestina pada hari Sabtu, beberapa jam setelah dua serangan di Tepi Barat yang diduduki menewaskan sembilan militan termasuk seorang komandan Hamas setempat, kata Hamas.

Militer Israel mengatakan serangan udara pertama dari dua serangan udara Tepi Barat menghantam sebuah kendaraan di sebuah kota dekat kota Tulkarem, menargetkan sel militan yang dikatakan sedang dalam perjalanan untuk melakukan serangan.

Sebuah pernyataan Hamas mengatakan salah satu dari mereka yang tewas adalah seorang komandan brigade Tulkarem, sementara sekutunya, Jihad Islam, mengklaim empat orang lainnya yang tewas dalam serangan itu sebagai pejuangnya.

Beberapa jam kemudian, serangan udara kedua di wilayah tersebut menargetkan kelompok militan lain yang menembaki pasukannya, kata militer Israel, dalam apa yang digambarkannya sebagai operasi kontraterorisme di Tulkarem.

Baca Juga: Menteri Pertahanan AS Printahkan Kirim Pesawat Tempur dan Sistem Pertahanan Rudal ke Timur Tengah

Pemandangan udara menunjukkan bangunan dan mobil yang hancur pasca serangan Israel yang berlanjut di Rafah, Gaza pada Jumat (9/2/2024. [Dok.Antara]Pemandangan udara menunjukkan bangunan dan mobil yang hancur pasca serangan Israel yang berlanjut di Rafah, Gaza pada Jumat (9/2/2024. [Dok.Antara]

Kantor berita Palestina WAFA melaporkan empat orang tewas dalam serangan itu, dan Hamas mengatakan sembilan orang yang tewas dalam dua serangan Israel di Tepi Barat adalah pejuang.

Kekerasan di Tepi Barat meningkat sebelum perang Israel-Hamas di Gaza dan terus meningkat sejak saat itu, dengan seringnya serangan Israel di wilayah tersebut, yang merupakan salah satu wilayah yang diinginkan Palestina untuk mendirikan sebuah negara.

Ada juga peningkatan serangan jalanan anti-Israel yang dilakukan oleh warga Palestina.

Serangan terbaru di wilayah Palestina terjadi di tengah meningkatnya ketegangan Israel dengan Iran dan kelompok Hizbullah Lebanon yang telah meningkatkan kekhawatiran akan meluasnya konflik di Timur Tengah.

AS dan mitra internasionalnya termasuk Perancis, Inggris, Italia dan Mesir, melanjutkan kontak diplomatik pada hari Sabtu untuk mencegah eskalasi regional lebih lanjut.

Baca Juga: Dianggap Sebagai Musuh Besar Israel, Intelijen Zionis Ternyata Punya Kenangan Pahit dengan Khaled Mashal

Hamas mengatakan pihaknya telah memulai "proses konsultasi luas" untuk memilih pemimpin baru tiga hari setelah pembunuhan Ismail Haniyeh di Teheran, yang merupakan wajah diplomasi internasional kelompok tersebut. Iran dan Hamas menyalahkan Israel dan berjanji akan membalas. Israel belum mengaku atau menolak tanggung jawab.

Di Jalur Gaza, sedikitnya 15 orang tewas dalam serangan Israel terhadap sebuah sekolah yang menampung para pengungsi di lingkungan Sheikh Radwan di Kota Gaza, kata kantor media pemerintah Hamas.

Militer Israel mengatakan sekolah itu digunakan sebagai pusat komando Hamas, untuk menyembunyikan militan dan memproduksi senjata. Hamas membantah tuduhan Israel bahwa mereka beroperasi dari fasilitas sipil seperti sekolah dan rumah sakit.

Sebelumnya pada hari Sabtu, serangan Israel di daerah kantong tersebut menewaskan enam orang di sebuah rumah di wilayah selatan Rafah dan dua lainnya di Kota Gaza, kata pejabat kesehatan Gaza.

Militer Israel mengatakan pasukannya telah menyerang militan dan menghancurkan infrastruktur Hamas di Rafah dan tempat lain di wilayah tersebut.

Setidaknya 39.550 warga Palestina telah tewas dalam kampanye militer Israel di Gaza, menurut pejabat kesehatan Gaza. Serangan tersebut dipicu oleh serangan pimpinan Hamas di Israel selatan pada 7 Oktober yang menewaskan 1.200 orang dan 250 orang diculik, menurut penghitungan Israel.

Delegasi tingkat tinggi Israel melakukan kunjungan singkat ke Kairo pada hari Sabtu dalam upaya untuk melanjutkan perundingan gencatan senjata di Gaza, kata sumber otoritas bandara Mesir. Para pejabat Israel kembali ke Israel beberapa jam kemudian, kata media Israel.

Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menuduh Hamas mencoba menambahkan perubahan pada “garis besar” perjanjian potensial, mengacu pada proposal yang diajukan Presiden AS Joe Biden pada bulan Mei. Hamas menyalahkan Netanyahu, dengan mengatakan dia tidak ingin menghentikan perang.

Arsip - Petugas medis membawa korban serangan Israel ke sebuah rumah sakit di Gaza. (Anadolu)Arsip - Petugas medis membawa korban serangan Israel ke sebuah rumah sakit di Gaza. (Anadolu)

Peluang terjadinya terobosan tampaknya kecil karena ketegangan regional meningkat setelah pembunuhan Haniyeh, pemimpin utama Hamas, pada hari Rabu, sehari setelah serangan Israel di Beirut yang menewaskan Fuad Shukr, seorang komandan militer senior dari Hizbullah, yang sama seperti Hamas yang didukung oleh Iran. .

Kematian Haniyeh adalah salah satu dari serangkaian pembunuhan tokoh senior Hamas saat perang Gaza mendekati bulan ke-11, dan hal ini memicu kekhawatiran bahwa konflik di Gaza akan berubah menjadi perang Timur Tengah yang lebih luas.

Israel belum mengatakan apakah mereka berada di balik pembunuhan Haniyeh atau tidak. Namun Netanyahu mengatakan awal pekan ini bahwa Israel telah memberikan pukulan telak terhadap proksi Iran akhir-akhir ini, termasuk Hamas dan Hizbullah.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara secara terpisah dengan Menteri Luar Negeri Prancis Stephane Sejourne dan Menteri Luar Negeri Inggris David Lammy pada hari Sabtu tentang perlunya mencapai kesepakatan gencatan senjata dan pembebasan sandera di Gaza dan untuk mencegah penyebaran konflik, kata Departemen Luar Negeri.

Menteri Luar Negeri Mesir, Badr Abdelatty, menekankan melalui panggilan telepon dengan penjabat menteri luar negeri Iran, Ali Bagheri Kani, bahwa perkembangan terkini di kawasan itu "belum pernah terjadi sebelumnya, sangat berbahaya" dan mengancam stabilitas, kata pemerintah Mesir.

Selain itu, Kementerian Luar Negeri Italia mengatakan: "Italia mengajukan permohonan kepada Iran, menyerukan agar Iran menahan diri dan berkontribusi pada fase deeskalasi di seluruh kawasan Mediterania dan Timur Tengah." Ia menambahkan bahwa pesan tersebut telah dikirim ke Irania

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #tragedi #gaza #serangan #udara #israel #tewaskan #warga #palestina #sekolah #pengungsian

KOMENTAR