Jurnalis di Gaza Dibunuh Israel usai Liput Penyerangan Rumah Sakit dan Tewasnya Ismail Haniyeh
Ilustrasi Jurnalis di Gaza. [MOHAMMED ABED / AFP]
13:36
1 Agustus 2024

Jurnalis di Gaza Dibunuh Israel usai Liput Penyerangan Rumah Sakit dan Tewasnya Ismail Haniyeh

Serangan udara Israel menewaskan sedikitnya dua jurnalis Palestina pada hari Rabu, termasuk seorang koresponden Al Jazeera yang menceritakan kepada dunia tentang kondisi yang dia dan anggota pers lainnya hadapi ketika ditahan oleh tentara Israel yang menggerebek rumah sakit terbesar di Gaza awal tahun ini.

Koresponden Ismail al-Ghoul dan juru kameranya Rami al-Rifi, keduanya berusia 27 tahun, sedang mengemudi di kamp pengungsi al-Shati di sebelah barat Kota Gaza ketika mereka diserang oleh rudal Israel. Beberapa menit sebelumnya, keduanya melaporkan langsung ke Al Jazeera dari dekat rumah Ismail Haniyeh yang hancur, pemimpin sayap politik Hamas yang dibunuh oleh Israel pada hari Selasa di Iran.

Serangan tersebut menewaskan kedua jurnalis tersebut, yang mengenakan rompi pers berwarna biru yang selama 10 bulan terakhir telah menjadi semacam simbol solidaritas pers dan kebebasan Palestina di seluruh dunia. Serangan tersebut juga menewaskan seorang anak yang kebetulan sedang mengendarai sepedanya di kawasan tersebut saat rudal menghantam.

Asap mengepul saat bom udara dijatuhkan di Menara Jala selama serangan udara Israel di kota Gaza, Palestina, pada (15/5/2021). [Mahmud Hams / AFP]Asap mengepul saat bom udara dijatuhkan di Menara Jala selama serangan udara Israel di kota Gaza, Palestina, pada (15/5/2021). [Mahmud Hams / AFP]

Foto dan video yang sangat gamblang dari lokasi pemogokan menunjukkan sosok al-Ghoul yang duduk di kursi pengemudi mobil putihnya yang kini hancur, yang ditandai sebagai kendaraan pers. Dia dipenggal, tanpa tanda-tanda kepalanya di foto dirinya di belakang kemudi.

Baca Juga: Rahasia Kelam Penjara Israel: PBB Ungkap Penyiksaan Terhadap Warga Palestina

Rekaman juga menunjukkan pekerja Pertahanan Sipil Gaza mengambil jenazah para jurnalis dari mobil, mengumpulkan potongan-potongan tubuh mereka ke dalam kantong plastik. Orang-orang tersebut dibawa ke Rumah Sakit Arab al-Ahli, tempat para jurnalis dan orang-orang terkasih berkumpul untuk berkabung di hadapan jenazah mereka yang masih mengenakan jaket pers yang compang-camping dan berlumuran darah, menurut Al Jazeera.

“Meskipun menghadapi kesulitan yang ekstrim, termasuk kelaparan, penyakit, dan kehilangan ayah dan saudara laki-lakinya, Ismail tanpa henti mengabdikan dirinya untuk meliput berbagai peristiwa dan menyampaikan realitas Gaza kepada dunia,” kata Jaringan Media Al Jazeera dalam sebuah pernyataan, berjanji untuk melanjutkan upayanya untuk mencapai tujuan tersebut. aksi legal.

“Pembunuhan Ismail dan Rami, ketika mereka sedang mendokumentasikan kejahatan pasukan Israel, menggarisbawahi kebutuhan mendesak untuk mengambil tindakan hukum segera terhadap pasukan pendudukan untuk memastikan tidak ada impunitas.”

Rekan jurnalis memuji al-Ghoul atas laporannya yang manusiawi tentang serangan Israel di Gaza, yang dimulai sebagai pembalasan atas serangan teroris Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober 2023, yang menewaskan sekitar 1.200 orang dan sekitar 240 lainnya disandera.

Momen jurnalis di Gaza siaran langsung bersama sang anak (TikTok)Ilustrasi jurnalis di Gaza (TikTok)

Sejak itu, tindakan militer Israel telah menyebabkan kehancuran Gaza dan pembunuhan massal serta penderitaan warga Palestina, dengan fokus khusus di wilayah utara Jalur Gaza. Setidaknya 39.000 warga Palestina telah terbunuh sejauh ini, menurut angka yang dilaporkan oleh Kementerian Kesehatan Gaza.

Baca Juga: Mengenal Sosok Ismail Haniyeh, Pemimpin Hamas yang Tewas Ditangan Pasukan Israel

“Saya menerima telepon dari Ismail beberapa hari yang lalu, dan kami berbicara tentang membantu warga Palestina yang sakit di bagian utara dan mencoba menemukan cara untuk mengevakuasi [mereka] ke bagian selatan Jalur Gaza,” koresponden Al Jazeera Hind Khoudary, yang telah meliput kematian banyak rekan jurnalisnya, berkata dengan gemetar sambil menangis saat siaran langsung di luar rumah sakit.

“Ismail bukan hanya seorang jurnalis, tapi dia mencoba yang terbaik untuk membantu semua orang di utara, membantu mencarikan makanan bagi semua orang di utara,” katanya. “Dia orang yang sangat baik.”

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #jurnalis #gaza #dibunuh #israel #usai #liput #penyerangan #rumah #sakit #tewasnya #ismail #haniyeh

KOMENTAR