Iran Terseret Perang, Serangan Drone Pengawal Garda Revolusi Hajar Konsulat Amerika di Erbil Irak
Serangan drone Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC) yang menghajar Konsulat Amerika Serikat di Kota Erbil di wilayah Kurdistan, Irak, Senin malam, 15 Januari 2024. 
08:20
16 Januari 2024

Iran Terseret Perang, Serangan Drone Pengawal Garda Revolusi Hajar Konsulat Amerika di Erbil Irak

- Serangan drone yang dilancarkan Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC) menghajar Konsulat Amerika Serikat di Kota Erbil di wilayah Kurdistan, Irak, Senin malam, 15 Januari 2024.

Akibat serangan tersebut, beberapa warga sipil diyakini tewas. Pejabat pemerintah daerah Kurdi mengumumkan kematian seorang pengusaha terkemuka Kurdi yang dekat dengan Israel, bersama empat anggota keluarganya.

The Jerusalem Post mengutip Al Jazeera menyatakan IRGC menyatakan bertanggung jawab atas serangan di Irak utara tersebut.

IRGC menyatakan mereka telah menyerang "markas intelijen dan tempat berkumpulnya organisasi teroris anti-Iran sebagai tanggapan atas kejahatan teroris terbaru terhadap musuh-musuh Iran."

IRGC mengklaim telah menargetkan “tiga pangkalan Mossad” di wilayah tersebut.

Namun Pemerintah Daerah Kurdistan telah menolak kehadiran intelijen Israel di Kurdistan Irak pada bulan Desember.

Para pejabat AS mengatakan kepada Reuters bahwa serangan itu tidak merusak fasilitas AS dan tidak ada korban jiwa di AS, namun mereka menolak memberikan komentar lebih lanjut.

Beberapa warga sipil diyakini tewas dalam serangan itu, dan pejabat pemerintah daerah Kurdi mengumumkan kematian seorang pengusaha terkemuka dan empat anggota keluarganya.

Ketegangan meningkat di Irak ketika Iran berupaya meningkatkan tekanan terhadap Israel dan Amerika Serikat.

Serangan ini terjadi kurang dari seminggu setelah Perdana Menteri Irak Mohammed Shia al-Sudani memberi isyarat bahwa ia menginginkan penarikan cepat pasukan AS dari Irak.

Secara pribadi Sudani telah mengirimkan sinyal yang beragam, karena Politico melaporkan bahwa ia telah mengatakan kepada para pejabat AS secara pribadi bahwa pernyataannya adalah "usaha untuk memuaskan khalayak politik dalam negeri" dan bahwa ia "tetap berkomitmen" untuk merundingkan kehadiran AS di Irak di masa depan.

Serangan udara AS dan Inggris di Yaman telah dikaitkan dengan pemboman pangkalan AS di Irak, dengan klaim bahwa serangan terhadap Yaman menjadikan pasukan AS dan Inggris di wilayah tersebut sebagai “target yang sah”, menurut Fars News.

Serangan udara Barat di Yaman telah menargetkan radar dan infrastruktur udara Houthi untuk mencegah mereka menyerang kapal yang melewati Bab el-Mandeb menuju Laut Merah.

Houthi adalah bagian dari milisi Iran yang bersekutu dan bersekutu, yang melaluinya mereka melakukan perang proksi melawan Amerika Serikat dan Israel.

Sumber: The Jerusalem Post/Al Jazeera

Tag:  #iran #terseret #perang #serangan #drone #pengawal #garda #revolusi #hajar #konsulat #amerika #erbil #irak

KOMENTAR