Donald Trump Ternyata Pernah Minta CIA Diam-diam Bajak Medsos China untuk Sebarkan Informasi Palsu
Mantan Presiden AS Donald Trump menghadiri persidangannya, putra-putranya, Trump Organization, dan lainnya atas tuduhan penipuan yang diajukan oleh Jaksa Agung negara bagian Letitia James, di Mahkamah Agung Negara Bagian New York di New York City pada 3 Oktober 2023. Mantan Presiden AS Donald Trump mengecam hakim dan jaksa agung pada tanggal 2 Oktober pada hari pertama persidangan penipuan sipil yang dapat membuat mantan presiden tersebut dilarang melakukan bisnis di negara bagian New York. 
20:50
15 Maret 2024

Donald Trump Ternyata Pernah Minta CIA Diam-diam Bajak Medsos China untuk Sebarkan Informasi Palsu

Donlad Trump selama menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat ternyata pernah memberi perintah kepada Badan Intelijen Pusat (CIA) untuk menyebarkan ketidakpercayaan publik terhadap pemerintah China melalui media sosial.

Menurut pernyataan 3 mantan pejabat AS, atas perintah Trump, CIA kemudian membentuk tim kecil.

Tim kecil tersebut lalu bertugas dengan menggunakan profil dan identitas palsu untuk menyebarkan pesan-pesan yang meremehkan pemerintahan Xi Jinping.

Termasuk klaim bahwa Partai Komunis menyembunyikan uang kotor di luar negeri dan secara boros mendanai proyek-proyek pembangunan di negara lain, dikutip dari The Daily Best.

Tidak hanya itu, mereka juga membocorkan informasi intelijen yang meremahkan ke outlet berita luar negeri.

Reuters melaporkan aksi yang dilakukan CIA atas perintah Trump ini terjadi pada tahun 2019.

Namun belum pernah terungkap hingga saat ini.

Meskipun para pejabat AS menolak memberikan rincian spesifik mengenai operasi ini, mereka mengklaim narasi yang meremehkan tersebut didasarkan pada fakta walaupun secara diam-diam dirilis oleh agen intelijen dengan kedok palsu.

Sementara itu, juru bicara CIA, Chelsea Robinson juga turut menolak mengomentarai keberadaan program pengaruh, tujuan atau pun dampak dari program Trump ini.

Setelah pemerintahan Trump berakhir, program ini masih belum jelas masih dilanjutkan pada pemerintahan Biden atau tidak.

Hal tersebut terlihat dari langkah juru bicara Dewan Keamanan Nasional pemerintah Biden yang tidak ingin memberikan komentar apa pun terkait program ini.

Namun dua sejarawan intelijen mengatakan, ketika Gedung Putih memberikan otoritas tindakan rahasia kepada CIA, melalui perintah yang dikenal sebagai temuan presiden, hal ini sering kali tetap berlaku di seluruh pemerintahan.

Langkah yang dilakukan Trump ini tentunya membuat China marah.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengatakan apa yang dilakukan CIA ini menunjukkan betapa jahatnya pemerintah AS dalam menggunakan sosial media.

Menurutnya, mereka sengaja menggunakan sosial media dan opini publik untuk senjata dalam menyebarkan informasi palsu.

Tidak hanya itu, ia juga menuduh AS sengaja memanipulasi opini publik internasional dengan cara ini.

Operasi yang dilakukan CIA ini merupakan respons terhadap upaya rahasia Tiongkok yang agresif selama bertahun-tahun yang bertujuan meningkatkan pengaruh globalnya.

Selama Trump menjabat sebagai Presiden AS, ia sangat keras terhadap pemerintahan Tiongkok.

Seorang mantan analis CIA mengatakan operasi yang berakar pada taktik propaganda era Perang Dingin ini dapat merusak reputasi Internasional Amerika Serikat.

Saat ini, Trump diketahui mencalonkan diri sebagai presiden tahun 2024 dari Partai Republik.

Dalam kampanyenya, ia berjani akan mengambil pendekatan yang lebih keras terhadap Tiongkok jika terpilih kembali sebagai presiden pada bulan November, mendatang.

(Tribunnews.com/Farrah Putri)

Artikel Lain Terkait Donald Trump

Editor: Bobby Wiratama

Tag:  #donald #trump #ternyata #pernah #minta #diam #diam #bajak #medsos #china #untuk #sebarkan #informasi #palsu

KOMENTAR