7 Fakta Kontroversi Foto Kate Middleton hingga Reaksi Keluarga Kerajaan Inggris
Foto Kate Middleton dan ketiga anaknya. 7 Fakta Kontroversi Foto Kate Middleton hingga Reaksi Keluarga Kerajaan Inggris 
05:10
14 Maret 2024

7 Fakta Kontroversi Foto Kate Middleton hingga Reaksi Keluarga Kerajaan Inggris

Berikut ini fakta-fakta seputar kontroversi foto Kate Middleton yang ramai diperbincangkan hingga reaksi keluarga kerajaan Inggris.

Princess of Wales menjadi pusat perhatian setelah ia mengunggah foto dirinya untuk memperingati Hari Ibu di Inggris.

Foto tersebut pun mengundang kontrovesi. 

Ia pun akhirnya memberikan reaksi.

Simak fakta-fakta terkait kontroversi Kate Middleton berikut ini:

  1. Foto dijepret Pangeran William

    Saat Putri Catherine (42) merayakan Hari Ibu di Inggris pada 10 Maret, dia membagikan foto keluarga, terlihat dirinya dikelilingi oleh ketiga anaknya — Pangeran George (10), Putri Charlotte (8), dan Pangeran Louis (5).

    Pangeran William (41) diklaim yang menjepret potret istri dan anak-anaknya tersebut.

    Lewat unggahan tersebut, Kate berterima kasih kepada semua orang atas dukungan mereka selama pemulihan pascaoperasi perut beberapa minggu lalu.

    Tapi foto tersebut dengan cepat mencuri perhatian dan menjadi pusat kontroversi bagi keluarga kerajaan.

    Agensi media besar bahkan sampai menarik foto tersebut karena curiga potret itu editan.

    Di tengah pertanyaan dan teori konspirasi yang terus berlanjut tentang keadaan Kate, kontroversi tersebut hanya memicu ketidakpastian publik di monarki.

  2. Pada 10 Maret, saat Inggris merayakan Hari Ibu, Kate angkat bicara untuk pertama kalinya sejak operasi perutnya.

    Dalam postingan yang dibagikan ke akun Instagram resmi The Prince and Princess of Wales, foto tersebut menampilkan Kate sedang duduk di kursi dikelilingi ketiga anaknya (dari kiri) Louis, George, dan Charlotte.

    “Terima kasih atas harapan baik Anda dan dukungan berkelanjutan selama dua bulan terakhir,” terang caption pada fotonya.

    “Mengucapkan Selamat Hari Ibu kepada semua orang.”

    Dia menandatangani dengan “C” untuk Catherine sebelum memberikan kredit foto kepada suaminya “The Prince of Wales”.

  3. Mengapa foto Kate Middleton dihapus?

    Kurang dari 12 jam setelah Kate memposting penghormatan Hari Ibu, kantor berita dan foto – termasuk Associated Press, Getty Images, Reuters dan AFP – mulai menghapus foto tersebut dari perpustakaan pers mereka, dengan alasan kekhawatiran akan manipulasi.

    AP, khususnya, mengeluarkan “KILL NOTIFICATION” bagi siapa pun yang menggunakan foto tersebut.

    Kantor berita AP menyatakan "setelah pemeriksaan lebih dekat tampaknya sumber telah memanipulasi gambar tersebut. Tidak ada foto pengganti yang akan dikirim.”
  4. Bagaimana foto Kate Middleton diedit?

    Setelah AP menghapus foto tersebut, Juru bicara kantor berita tersebut mengeluarkan pernyataan kepada The Telegraph , mengatakan, "Foto tersebut menunjukkan ketidakkonsistenan pada posisi tangan kiri Putri Charlotte."

    Orang lain di dunia maya juga mencatat potensi "inkonsistensi" serupa, termasuk kesejajaran pola sweter di bahu Pangeran Louis, serta garis putih bergerigi di latar belakang dekat lututnya.

    Resleting jaket Kate juga tampak tidak sejajar.

    Ada juga beberapa area yang diburamkan dalam foto tersebut, termasuk tangan Kate di pinggang Louis, sebagian rambut Kate, dan tanaman hijau di belakang Charlotte.
  5. Apa kata Kate Middleton tentang kontroversi editan foto?

    Ketika internet dipenuhi dengan teori konspirasi, Kate secara terbuka membahas kontroversi editan foto sehari kemudian, yakni pada 11 Maret.

    Sekitar pukul 10.30 waktu Inggris, Kate menulis di X (sebelumnya Twitter), "Seperti banyak fotografer amatir, saya kadang-kadang bereksperimen dengan pengeditan. Saya ingin menyampaikan permintaan maaf saya atas kebingungan apa pun yang disebabkan oleh foto keluarga yang kami bagikan kemarin. Saya harap semuanya merayakan Hari Ibu yang sangat membahagiakan."

    Sebuah sumber memberi tahu People bahwa Kate hanya mengedit sedikit foto tersebut agar tampak lebih bagus.

    "Motivasi Kate dan William adalah “untuk memberikan gambaran informal tentang keluarga bersama pada Hari Ibu,” kata sumber tersebut, seraya menambahkan, “keluarga tersebut menghabiskan Hari Ibu bersama dan menjalani hari yang indah."
  6. Apa kata keluarga kerajaan tentang kontroversi Photoshop?

    Meskipun Kate membuat pernyataan publik tentang foto tersebut, anggota keluarga kerajaan lainnya, termasuk suaminya William, belum membicarakan kontroversi tersebut.

    Sejak Hari Ibu, William menjalankan urusan kerajaan seperti biasa.

    Beberapa jam setelah Kate mengeluarkan permintaan maaf publik atas foto tersebut, Pangeran Wales bergabung dengan Ratu Camilla dan anggota keluarga kerajaan lainnya di Westminster Abbey untuk menghadiri kebaktian Hari Persemakmuran.

    Di hari itu juga, William tampil untuk penampilan kerajaan lainnya saat ia menghadiri perayaan pembukaan The Earthshot Prize Launchpad.
  7. Apakah Kate Middleton muncul di depan umum sejak kontroversi foto?

    Tak lama setelah membahas kontroversi tersebut, Kate dan William difoto sedang mengemudi dari Kastil Windsor.

    Gambar tersebut menunjukkan pasangan itu duduk di kursi belakang mobil, dengan William melirik ke bawah dan Kate melihat ke luar jendela, menjauhi kamera.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Garudea Prabawati

Tag:  #fakta #kontroversi #foto #kate #middleton #hingga #reaksi #keluarga #kerajaan #inggris

KOMENTAR