Mengaku Lagi Gabut di Dalam Tank, Sersan Tentara Israel Videokan Pemboman Masjid di Gaza
Gambar ini diambil saat tur media yang diselenggarakan oleh militer Israel pada 27 Januari 2024, menunjukkan sebuah tank tentara Israel meluncur melewati masjid Hamzah yang rusak di distrik al-Amal di kota utama Khan Yunis di selatan Gaza, di tengah berlanjutnya pertempuran antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas. 
16:30
9 Maret 2024

Mengaku Lagi Gabut di Dalam Tank, Sersan Tentara Israel Videokan Pemboman Masjid di Gaza

Tentara Israel (IDF) kembali menunjukkan sendiri bukti-bukti kalau mereka melakukan kejahatan dalam Perang Gaza yang terus berlangsung.

Satu bukti terbaru beredar di media sosial saat seorang sersan Israel secara terbuka membagikan video di akun Instagram-nya yang menunjukkan penembakan dan penghancuran menara masjid di Gaza.

Judul yang menyertai video tersebut berbunyi, “Hal-hal yang harus dilakukan ketika kru merasa bosan di dalam tank di Gaza,” Quds News Network melaporkan.

Penjarahan Massal

Tentara Pendudukan Israel (IDF) yang berperang di Gaza memang tidak segan-segan mengunggah video di media sosial yang dengan gembira mendokumentasikan penghancuran gedung-gedung dan penghinaan terhadap tahanan Palestina.

Beberapa klip tersebut bahkan dipamerkan dalam presentasi Afrika Selatan di Mahkamah Internasional (ICJ) bulan lalu sebagai bukti genosida.

Namun ada kejahatan perang lain yang mudah didokumentasikan oleh tentara IDF yang kurang mendapat perhatian dan kecaman meskipun lazim terjadi, penjarahan.

Pada November, penyanyi Palestina Hamada Nasrallah terkejut menemukan TikTok yang menampilkan seorang tentara sedang memainkan gitar yang dibelikan ayahnya 15 tahun yang lalu.

Video terbaru lainnya yang diunggah ke media sosial menunjukkan tentara IDF membual tentang menemukan jam tangan, membuka kotak koleksi kaos sepak bola seseorang, dan mencuri permadani, bahan makanan, dan perhiasan.

Dalam grup Facebook untuk wanita Israel yang terdiri dari hampir 100.000 pengguna, seseorang bertanya-tanya apa yang harus dilakukan dengan “hadiah dari Gaza” yang dibawakan oleh rekannya, seorang tentara, untuknya.

Berbagi foto produk kosmetik, ia menulis, “Semuanya tersegel kecuali satu produk. Apakah Anda akan menggunakan ini? Dan apakah ada yang tahu produknya, atau hanya ada di Gaza?

Tentara Israel memuat mortir untuk ditembakkan dari kendaraan lapis baja di posisi sepanjang perbatasan di Israel selatan pada 3 Januari 2024 di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas. Tentara Israel memuat mortir untuk ditembakkan dari kendaraan lapis baja di posisi sepanjang perbatasan di Israel selatan pada 3 Januari 2024 di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas. (JACK GUEZ / AFP)

Pembiaran oleh Komandan Pasukan

Memang benar, sejak dimulainya agresi militer darat Israel pada akhir Oktober 2023, tentara IDF telah mengambil apa pun yang mereka bisa dapatkan dari rumah warga Palestina yang terpaksa mengungsi.

Lebih dari sekadar rahasia umum, fenomena ini telah diberitakan secara luas dan tidak dikritisi oleh media Israel.

Adapun para rabi dari gerakan Religius Zionis telah menjawab pertanyaan tentara tentang apa yang diperbolehkan untuk menjarah menurut hukum Yahudi.

Tentara yang kembali dari pertempuran di Gaza mengonfirmasi kepada +972 Magazine dan Local Call kalau fenomena tersebut ada di mana-mana.

Bahkan, sebagian besar komandan dan pemimpin pasukan IDF membiarkan hal tersebut terjadi.

“Orang-orang mengambil sesuatu; mug, buku, masing-masing oleh-oleh yang berguna untuknya,” kata seorang tentara yang mengaku dirinya mengambil “cinderamata” dari salah satu pusat kesehatan yang ditempati IDF.

Tentara lain, yang bertugas di Gaza utara dan tengah, bersaksi bahwa tentara “mengambil permadani, selimut, [dan] peralatan dapur” dan menjelaskan, tidak ada pengarahan mengenai masalah tersebut dari tentara baik sebelum masuk maupun saat berada di lapangan.

“Tidak ada pembicaraan tentang hal itu dari para komandan,” katanya.

“Semua orang tahu bahwa orang-orang mengambil sesuatu. Hal ini dianggap lucu; orang-orang berkata: ‘Kirimkan saya ke Den Haag.’ Hal ini tidak terjadi secara sembunyi-sembunyi. Para komandan melihatnya, semua orang tahu, dan sepertinya tidak ada yang peduli,” akunya soal aksi penjarahan oleh IDF.

Tentara tersebut memberikan penjelasannya mengapa fenomena ini begitu meluas, “Ada sesuatu dalam kenyataan di mana rumah sudah [reruntuhan] sehingga Anda dapat mengambil piring atau permadani. Dalam salah satu operasi, di sebuah rumah yang hancur, terdapat lemari berisi peralatan dapur antik, piring khusus, dan mug khusus. Sayangnya saya melihat mereka dijarah.”

“[Para komandan] tidak benar-benar membicarakan hal ini kepada kami,” kata kesaksian seorang tentara lain.

“Mereka tidak mengatakan Anda tidak boleh mengambil sesuatu. Dan kebanyakan orang merasa perlu untuk membawa oleh-oleh,” kata dia lagi.

Tentara itu mencatat bahwa penjarahan itu bukan rahasia; memang, beberapa senior mereka juga melakukannya.

“Sersan mayor kompi itu membagikan buku-buku kajian Al-Qur’an yang ditemukannya dan diberikan kepada siapapun yang menginginkannya,” ujarnya.

“Tentara lain mengambil satu set cangkir kopi, nampan saji, dan teko. Satuan lain yang kami temui sepulang dari tur membawa sepeda motor, seperti sepeda motor Nukhba [pasukan khusus Hamas]. Salah satu tentara menyatakan bahwa itu adalah miliknya. Mereka [tentara] berbicara tentang renovasi.”

Tentara lain yang bertugas di Gaza mengatakan kepada +972 dan Local Call kalau tentara IDF mengambil “tasbih, sendok, gelas, teko kopi, perhiasan, cincin. Apa pun yang mudah dan dapat diakses diambil. Tidak semuanya, tapi masyarakat merasa seperti penguasa negeri ini.”

Ia juga mencatat kalau “peta dari buku teks anak-anak diambil untuk menunjukkan bagaimana mereka diajarkan di sana.”

Berbeda dari kesaksian lainnya, prajurit ini mengatakan bahwa penjarahan adalah sesuatu yang dilarang.

“Menurut pengalaman saya, tentu saja ini adalah larangan besar,” jelasnya.

“Mereka menekankan masalah ini, tapi tidak ada yang mengawasi pasukan cadangan. Hal yang paling umum [untuk dicuri] adalah ‘suvenir lokal’ [yaitu. pada dasarnya barang-barang Palestina atau Arab]. Suatu kali, mereka mengusir seorang tentara yang mencuri uang.”

Tentara itu menambahkan kalau dia dan timnya mencoba, dengan berbagai tingkat keberhasilan, untuk membujuk tentara lain agar meninggalkan barang-barang yang mereka curi di Gaza.

“Mereka [tentara] akan kembali membawa barang-barang; kami mengatakan kepada mereka bahwa lebih baik meninggalkannya [di dalam Jalur Gaza, dekat pagar], lebih baik membuangnya daripada membawanya.”

Orang-orang mencari korban di reruntuhan rumah keluarga Baraka di Deir al-Balah di Jalur Gaza tengah setelah terkena serangan udara Israel pada 18 Februari 2024, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok pejuang rakyat Palestina Hamas, dari sejumlah sumber Israel menargetkan Kota Rafah untuk menjadi sasaran berikutnya.   (AFP/str) Orang-orang mencari korban di reruntuhan rumah keluarga Baraka di Deir al-Balah di Jalur Gaza tengah setelah terkena serangan udara Israel pada 18 Februari 2024, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok pejuang rakyat Palestina Hamas, dari sejumlah sumber Israel menargetkan Kota Rafah untuk menjadi sasaran berikutnya. (AFP/str) (AFP/AFP)

Dari Reruntuhan Khan Younis, dalam Gaya Klasik Gaza

Dalam sebuah komunike minggu ini kepada para komandan yang bertanggung jawab atas unit-unit yang bertempur di Gaza, Kepala Staf IDF Herzi Halevi mendesak para prajurit “untuk tidak mengambil apa pun yang bukan milik kami.”

Namun surat ini muncul setelah beberapa bulan penjarahan menjadi hal yang rutin.

Fenomena ini begitu dinormalisasi sehingga dalam segmen baru-baru ini di lembaga penyiaran publik Israel, Kan, tentara memberikan cermin kepada reporter Uri Levy yang mereka bawa kembali dari Gaza.

“Dari reruntuhan Khan Younis, dengan gaya klasik Gaza,” canda Levy, tanpa bertanya kepada tentara di mana mereka menemukan cermin itu atau mengapa mereka mencurinya.

Dalam kolom di Ynet, Nahum Barnea mengutip seorang tentara yang mengatakan dia melihat penjarahan “ponsel, penyedot debu, sepeda motor, dan sepeda.”

Channel 13 juga melaporkan fenomena tersebut awal bulan ini.

Alih-alih mengecamnya, para presenter hanya menyatakan bahwa video-video tersebut dibagikan ke seluruh dunia untuk “mempermalukan” tentara IDF.

Segmen tersebut juga mencakup wawancara dengan tentara yang memfilmkan dirinya sendiri dengan jam tangan yang ia temukan di dalam rumah warga Palestina, yang menyatakan bahwa ia tidak mencurinya.

“Mereka melihat saya memegang jam tangan, tidak menjarah, tidak ada apa-apa… Niat saya adalah untuk menunjukkan bahwa jam tangan tersebut Kepemimpinan Hamas berada di tingkat tinggi di sana.”

Para Rabi Pun Tahu Ada Penjarahan oleh Tentara IDF

Tanda lain betapa meluasnya fenomena ini adalah kenyataan kalau para rabi dari gerakan Religius Zionis telah menerima pertanyaan dari tentara mengenai masalah ini.

Dalam sesi tanya jawab yang diunggah ke YouTube, Rabbi Yitzchak Sheilat dari Ma’ale Adumim Yeshiva di Tepi Barat yang diduduki mencatat bahwa penjarahan dilarang.

“Ini adalah masalah yang sangat serius, dalam dua hal: dalam hal halacha [hukum Yahudi] dan hukum militer,” katanya.

“Halacha hanya mengizinkan penjarahan makanan atau barang-barang yang mudah rusak dari musuh… dilarang keras mengambil benda-benda. Menurut halacha, semua harta rampasan harus diberikan kepada raja, yaitu panglima tentara… Sayang sekali jika ada yang tertangkap dan harus membayar mahal.”

Salah satu tentara IOF bertanya kepada rabbi apakah diperbolehkan mengambil barang dari sebuah rumah sebelum dibongkar.

“Dilarang mengambil sesuatu,” jawab Sheilat.

“Jika mengambil sesuatu, harus diserahkan kepada kepala staf.”

“Dan jika seorang komandan menyetujui pengambilan sesuatu untuk kompi?” seorang tentara bertanya.

“Tidak, justru itulah masalahnya, ada komandan yang tidak mengetahui hukum militer atau tidak ingin mengetahuinya, dan tiba-tiba mereka mengizinkan orang [melakukan] hal-hal yang tidak boleh mereka izinkan,” jawab Sheilat.

Namun, Rabi Shmuel Eliyahu, kepala rabi di kota Safed di utara, menawarkan perspektif berbeda mengenai masalah ini dalam sesi tanya jawabnya sendiri.

Dia menjelaskan bahwa karena “Orang-orang Arab di Gaza tidak mematuhi konvensi internasional, kami tidak diwajibkan untuk mematuhi aturan perang apa pun. Meskipun demikian, kami sangat berhati-hati karena kami ingin menjaga citra Tuhan di dalam diri kami.”

Perlu dicatat bahwa selain penjarahan “independen” yang dilakukan oleh tentara, ada unit khusus di IDF yang didedikasikan untuk menyita uang dan properti lain yang ditemukan di medan perang. Sejauh ini, militer diketahui telah menyita puluhan juta syikal dari Gaza yang diklaim milik Hamas.

Video memperlihatkan seorang tentara Israel yang memamerkan persediaan jatah logistik militer yang lengkap dan berlimpah di tengah kelaparan yang melanda warga Gaza. Video memperlihatkan seorang tentara Israel yang memamerkan persediaan jatah logistik militer yang lengkap dan berlimpah di tengah kelaparan yang melanda warga Gaza. (tangkap layar)

Makanan Pun Diembat

Selain penjarahan barang-barang milik warga Palestina, tentara IDF juga secara rutin memakan makanan yang mereka temukan di rumah-rumah yang ditinggalkan di Gaza.

“Setelah dua atau tiga minggu, tentara menggunakan apa pun yang mereka temukan, membersihkannya, dan mendisinfeksinya,” kata seorang tentara kepada +972 dan Local Call – meskipun, menurutnya, tentara tidak boleh menggunakan makanan yang ditemukan di rumah-rumah warga Palestina untuk berjaga-jaga karena dianggap terkontaminasi.

Tentara lain mengatakan, tidak ada instruksi pasti yang diberikan mengenai bagaimana berperilaku ketika tinggal di rumah Palestina, banyak di antaranya dibakar atau diledakkan oleh tentara setelah tidak digunakan lagi.

Dalam artikel Haaretz baru-baru ini, tentara IDF menggambarkan “pengalaman” mereka memasak di rumah-rumah warga Palestina menggunakan bahan-bahan yang mereka temukan di sana.

“Masakan Gaza, dari apa yang kami lihat, penuh dengan rempah-rempah,” kata seorang tentara dalam artikel tersebut.

“Di setiap rumah, Anda akan menemukan banyak perpaduan gaya ras al-hanout. Lentilnya juga banyak, jadi awalnya kami buat semurnya banyak…. Setiap rumah yang kami tinggali memiliki buah zaitun yang dibuat oleh [orang Palestina], yang kami cicipi… Minyak zaitun juga ada di setiap rumah, dalam galon, dan sangat membantu untuk meningkatkan kualitas makanan apa pun. Mereka juga memiliki saus pedas yang enak."

“Terkadang Anda menghadapi hal-hal khusus; tiba-tiba ada bawang putih, lalu kamu habis-habisan makan pasta dengan tomat dan bawang putih,” lanjut prajurit itu.

“Saya juga menemukan saus carob yang kami tambahkan ke bubur, dan rasanya luar biasa,” ujarnya.

Bulan lalu, sebuah surat yang diterbitkan oleh rabi militer merinci instruksi tentang bagaimana menjaga 'kehalalan' ketika menggunakan makanan dan peralatan yang ditemukan di rumah-rumah di Gaza.

Surat tersebut, yang ditandatangani oleh Rabbi Avishai Peretz, diakhiri dengan arahan alkitabiah, “Dan kamu akan memakan kekayaan semua bangsa.”

Rabbi Sheilat juga membahas masalah apakah diperbolehkan memakan makanan yang ditemukan di rumah-rumah warga Palestina dalam sesi tanya jawabnya.

“Terkait dengan makanan yang tidak halal, ada perbedaan antara apa yang terjadi ketika Anda menemukan makanan di rumah musuh, dimana hukumnya adalah jika Anda menemukan makanan yang tidak Anda miliki, dan Anda menginginkan makanan itu, meskipun itu bukan makanan yang halal. penting, katakanlah yang manis-manis… diperbolehkan memakannya tanpa khawatir apakah itu halal atau tidak.”

Dalam sebuah pernyataan kepada +972 dan Local Call, juru bicara IDF mengatakan: “IOF memandang dengan tegas setiap kasus di mana tentara bertindak bertentangan dengan semangat IOF, termasuk kasus perampasan properti secara tidak sah."

"Komandan IDF di berbagai unit melakukan dialog berkelanjutan mengenai masalah ini selama pertempuran. Setiap laporan yang diterima mengenai masalah ini diperiksa dan ditangani secara individual. Dalam kasus-kasus terkait, penyelidikan dibuka oleh polisi militer, dan dalam beberapa kasus, tersangka ditahan untuk tujuan interogasi. IOF beroperasi sesuai dengan hukum internasional dan akan terus melakukan hal tersebut,” tulis pernyataan IDF.

Tag:  #mengaku #lagi #gabut #dalam #tank #sersan #tentara #israel #videokan #pemboman #masjid #gaza

KOMENTAR