Warga Palestina yang Dibebaskan Israel Bersaksi tentang Penganiayaan Tentara Israel saat Interogasi
Tangkapan layar yang memperlihatkan puluhan warga Palestina ditelanjangi dan ditempatkan di sebuah stadion di Gaza, Palestina. 
09:50
8 Maret 2024

Warga Palestina yang Dibebaskan Israel Bersaksi tentang Penganiayaan Tentara Israel saat Interogasi

Warga Palestina yang telah dibebaskan Israel bersaksi tentang pemukulan dan penganiayaan yang dilakukan oleh tentara Israel saat interogasi.

27 tahanan Gaza yang ditahan oleh Israel tewas di fasilitas militer sebuah Laporan mengungkapkan hal ini.

Beberapa warga Palestina yang dibebaskan oleh Israel bersaksi tentang pemukulan dan penganiayaan yang dilakukan oleh tentara Israel selama interogasi.

Dua puluh tujuh tahanan Palestina dari Jalur Gaza telah tewas di fasilitas militer Israel sejak Oktober lalu, menurut surat kabar Haaretz pada hari Kamis.

Para tahanan kehilangan nyawa mereka di fasilitas Sde Teiman dan Anatot atau saat diinterogasi oleh penyelidik Israel, kata Haaretz.

Tidak ada rincian yang diberikan oleh tentara Israel tentang kematian para tahanan Israel, hanya mengatakan bahwa beberapa dari mereka menderita kondisi kesehatan sebelumnya atau terluka selama konflik Gaza.

Tentara mengatakan penyelidikan telah dilakukan oleh Polisi Militer Investigasi atas kematian tersebut.

Beberapa warga Palestina yang dibebaskan oleh Israel telah bersaksi tentang pemukulan dan penganiayaan serta pelecehan yang dilakukan oleh tentara Israel selama interogasi.

Gambar-gambar tahanan yang dibebaskan menunjukkan memar dan bekas luka di pergelangan tangan mereka akibat diborgol dalam waktu lama, kata Haaretz.

Menurut laporan badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) yang diterbitkan oleh The New York Times pada hari Selasa, tahanan Palestina yang dibebaskan ke Gaza bersaksi bahwa mereka dipukuli, dirampok, ditelanjangi, diserang secara seksual dan dilarang mendapatkan akses ke dokter dan pengacara.

Kementerian Luar Negeri Palestina mengecam kematian tahanan Palestina di tahanan Israel sebagai “kejahatan yang mengerikan.”

“Kejahatan ini adalah bagian dari kekejaman dan perang pemusnahan yang dilakukan pendudukan Israel terhadap rakyat Palestina di Gaza,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Mereka menyerukan komunitas internasional untuk campur tangan “untuk melindungi rakyat Palestina dari kejahatan pendudukan yang sistematis dan meluas, khususnya di Gaza.”

“Kejahatan pendudukan Israel tidak boleh dibiarkan begitu saja, dan keadilan harus ditegakkan bagi para korban Palestina,” kata kementerian tersebut.

Israel telah melancarkan serangan militer mematikan di Jalur Gaza sejak serangan Hamas pada 7 Oktober. Lebih dari 30.700 warga Palestina telah terbunuh dan lebih dari 72.000 lainnya terluka akibat kehancuran massal dan kekurangan kebutuhan pokok.

Israel juga memberlakukan blokade yang melumpuhkan Jalur Gaza, menyebabkan penduduknya, khususnya penduduk Gaza utara, berada di ambang kelaparan.

Perang Israel telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza terpaksa mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan, sementara 60% infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional (ICJ).

Keputusan sementara pada bulan Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.

Warga Palestina yang ditelanjangi oleh Pasukan Pertahanan Israel (IDF). Tangkapan layar ini diambil dari video yang viral di media sosial. Warga Palestina yang ditelanjangi oleh Pasukan Pertahanan Israel (IDF). Tangkapan layar ini diambil dari video yang viral di media sosial. (BBC)

27 Tahanan Palestina Tewas di dalam Tahanan Israel

Puluhan warga Gaza telah meninggal dunia dalam tahanan Israel.

Tel Aviv tidak memberikan rincian tentang bagaimana para tahanan Gaza ini kehilangan nyawa mereka.

Setidaknya 27 tahanan Palestina dari Jalur Gaza telah tewas dalam tahanan Israel sejak dimulainya perang pada bulan Oktober.

Menurut angka yang dikutip oleh harian Ibrani Haaretz pada tanggal 7 Maret, mereka meninggal di pusat penahanan Sde Teiman dan Anatot di Israel “atau saat diinterogasi di wilayah Israel.

Kantor juru bicara militer Israel mengatakan polisi militernya telah membuka penyelidikan atas kematian tersebut.

Tentara belum memberikan rincian tentang bagaimana para tahanan Palestina kehilangan nyawa mereka dan mengklaim bahwa beberapa dari mereka menderita masalah kesehatan sebelumnya atau terluka selama perang.

Tel Aviv telah menahan tahanan dari Gaza di kamp-kamp penjara di Israel sejak perang dimulai.

Undang-undang yang baru diamandemen memperbolehkan tahanan ditahan hingga 75 hari tanpa melalui sidang hakim.

Media berbahasa Ibrani tersebut mengatakan beberapa orang telah dikembalikan ke Gaza, termasuk sebagian besar warga Gaza yang memiliki izin untuk bekerja di Israel sebelum perang.

Namun, setidaknya satu warga Gaza yang sebelumnya bekerja di Israel, seorang penderita diabetes, meninggal di sana, setelah tidak menerima perawatan medis, kata sebuah sumber kepada Haaretz.

Media tersebut sebelumnya melaporkan pada bulan Desember bahwa tahanan Palestina di pusat penahanan Sde Teiman ditutup matanya dan diborgol pada siang hari.

Dikatakan banyak orang yang dipukuli dan dihukum, sejalan dengan kesaksian warga Gaza yang kemudian kembali ke Jalur Gaza.

Tentara mengatakan pada saat itu bahwa mereka akan menyelidiki masalah ini.

Awal pekan ini, sebuah laporan UNRWA mengatakan warga Gaza yang sebelumnya ditahan mengungkapkan bahwa mereka dipukuli, diserang secara seksual, dan tidak mendapat perawatan medis serta dukungan hukum selama penahanan mereka.

Laporan itu mengatakan para tahanan termasuk pria dan wanita, termasuk anak-anak berusia enam tahun dan lansia berusia 82 tahun.

Militer Israel mengklaim bahwa setiap tahanan yang “tidak memiliki hubungan dengan operasi teroris” akan dibebaskan kembali ke Gaza. Belum ada cara untuk memverifikasi hal ini.

Pada awal Desember, gambar yang beredar di media sosial menunjukkan puluhan tahanan Palestina ditelanjangi hingga hanya mengenakan pakaian dalam dan mata ditutup di jalan-jalan Gaza.

Israel memiliki sejarah panjang dalam menyiksa warga Palestina dan warga Arab lainnya, yang paling terkenal adalah di penjara rahasia yang dikenal sebagai Fasilitas 1391.

Sejak tahun 1967, Israel telah menahan lebih dari satu juta warga Palestina, termasuk puluhan ribu anak-anak, menurut PBB.

DITELANJANGI - Foto file warga Palestina yang ditelanjangi tentara Israel saat ditangkap karena tuduhan terlibat Hamas. DITELANJANGI - Foto file warga Palestina yang ditelanjangi tentara Israel saat ditangkap karena tuduhan terlibat Hamas. (JN/tangkap layar)

(Sumber: Anadolu Ajansı, The Cradle)

Tag:  #warga #palestina #yang #dibebaskan #israel #bersaksi #tentang #penganiayaan #tentara #israel #saat #interogasi

KOMENTAR