Jerman Terkonfirmasi Mau Serang Jembatan Krimea Pakai Rudal Taurus, Perang Rusia-NATO di Depan Mata
Jet tempur melepaskan peluru kendali (Rudal) Taurus buatan Jerman-Swedia. Rudal ini disebut-sebut sangat ditakuti Rusia. Jerman disebutkan akan menyerang langsung Jembatan Kriema yang menjadi simbol penguasaan Rusia atas wilayah aneksasi Krimea dan sekitarnya dari Ukraina. 
16:10
2 Maret 2024

Jerman Terkonfirmasi Mau Serang Jembatan Krimea Pakai Rudal Taurus, Perang Rusia-NATO di Depan Mata

- Rencana Angkatan Bersenjata Jerman, Bundeswehr, untuk menyerang Jembatan Krimea, terungkap.

Kabar itu disiarkan oleh pemimpin redaksi Russia Today, Margarita Simonyan, yang mengaku punya bocoran rekaman audio berdurasi hampir 40 menit seputar rencana penyerangan tersebut.

Jembatan Krimea, jembatan yang diakui telah dibom oleh Ukraina beberapa lalu, menjadi penghubung utama antara daratan Rusia dengan Krimea yang dianeksasi Moskow.

Ukraina berulang kali mencoba menyerang jembatan ini, beberapa upaya di antaranya berhasil, dengan kemungkinan keterlibatan pasukan AS dan Inggris.

Simonyan kemudian mengajukan pertanyaan resmi kepada tokoh-tokoh diplomatik Jerman, meminta klarifikasi mengenai masalah yang akan berdampak buruk pada hubungan Rusia-Jerman, serta keterlibatan NATO dalam perang Ukraina.

Kebocoran tersebut, yang berdurasi 38 menit dan bertanggal 19 Februari, mengungkapkan para perwira militer Jerman mendiskusikan rincian operasional dan penargetan rudal jarak jauh Taurus buatan dalam negeri, yang sedang dipertimbangkan Jerman untuk dikirim ke Ukraina.

Menariknya, cara pembahasannya mengindikasikan kalau rencana penyerangan itu sudah disepakati.

Para perwira militer Jerman dalam rekaman juga mendiskusikan cara untuk mempertahankan penyangkalan keterlibatan langsung yang masuk akal sehingga Jerman dapat melangkah sedekat mungkin ke “garis merah”  tanpa melewatinya.

Meskipun belum ada pernyataan resmi yang keluar dari Berlin, pemeriksaan awal terhadap rekaman audio yang dilakukan oleh media Jerman menunjukkan kalau rekaman tersebut asli.

Surat kabar German Welt melaporkan pada Jumat malam kalau audio tersebut, yang saat ini beredar di seluruh unit dan satuan Bundeswehr, saat ini "diklasifikasikan sebagai asli" setelah diperiksa secara cermat.

Der Spiegel juga menyatakan rekaman itu "diklasifikasikan sebagai asli".

"Menurut pemeriksaan awal, sebagian besar kemungkinan (kalau rekaman) adalah palsuan dengan penggunaan AI dapat dikesampingkan," tulis laporan media tersebut.

Ketika kontra intelijen Jerman segera mulai menyelidiki audio tersebut, Kementerian Pertahanan Jerman menolak untuk membahas isinya.

Meski demikian, ada laporan yang menyebut militer Jerman kini sedang "memeriksa apakah komunikasi di dalam Angkatan Udara disadap."

Tank Leopard 2 buatan Jerman dalam medan pertempuran Ukraina melawan Rusia. Pemberian bantuan militer ke Ukraina rupanya membuat Jerman kehabisan stok tank Leopard 2 untuk keamanan dalam negeri mereka sendiri. Tank Leopard 2 buatan Jerman dalam medan pertempuran Ukraina melawan Rusia. Pemberian bantuan militer ke Ukraina rupanya membuat Jerman kehabisan stok tank Leopard 2 untuk keamanan dalam negeri mereka sendiri. (skynews/HO)

Jerman Potensial Terseret dalam Perang Langsung

Tino Chrupalla, salah satu ketua partai sayap kanan Jerman, Alternatif untuk Jerman (AfD), memperingatkan pada Sabtu kalau Jerman potensial terlibat dalam konflik yang sedang berlangsung antara Moskow dan Kiev jika negara tersebut melanjutkan transfer rudal Taurus ke Ukraina.

Chrupalla mengatakan para jenderal Bundeswehr telah membahas kemungkinan penggunaan rudal Taurus Jerman untuk menargetkan Jembatan Krimea.

Menurut pemimpin AfD tersebut, tindakan seperti itu hanya bersifat simbolis namun dapat memiliki konsekuensi yang luas karena melibatkan Jerman dalam perang tersebut.

Chrupalla menyampaikan keprihatinannya dalam cuitan di X (twitter), dengan menyatakan, "Jenderal Bundeswehr diduga mengatakan bahwa Jembatan Krimea dapat diserang dengan rudal Taurus Jerman. Tindakan simbolis ini akan menyeret Jerman ke dalam perang. (Katakan) Tidak untuk transfer Taurus (ke Ukraina)."

Anggota parlemen Jerman pekan lalu memberikan suara menentang mosi yang diajukan oleh oposisi untuk memasok rudal Taurus jarak jauh ke Kiev, dua tahun setelah pecahnya perang yang berlangsung hingga sekarang.

Rudal Taurus batal dikirim ke Jerman Rudal Taurus batal dikirim ke Jerman (DW)

Apa itu Rudal Taurus?

Rudal Taurus adalah peluru kendali yang diluncurkan dari jet tempur (air to surface missle).

Hulu ledaknya, yang berbobot hampir setengah ton, dapat digunakan untuk menyerang target yang dibentengi hingga jarak 310 mil (sekitar 500 kilometer), hampir setara dengan rudal jelajah Storm Shadow buatan Inggris. 

Artinya, rudal Taurus bisa menghantam ibu kota Rusia, Moskow, yang berjarak sekitar 450 kilometer dari perbatasan dengan Ukraina.

Sejak awal perang di Ukraina pada Februari 2022, Jerman telah membantu Ukraina dengan tank Leopard dan sistem pertahanan udara IRIS-T, sementara Inggris dan Prancis memberi negara itu rudal jelajah Storm Shadow dan Scalp.

Khawatir akan terjadinya eskalasi besar-besaran, Kanselir Jerman Olaf Scholz telah berusaha menolak semua tekanan dalam dan luar negeri untuk membantu Ukraina dalam perjanjian jangka panjang Taurus meskipun Jerman telah menjadi donor bantuan militer terbesar kedua bagi negara bekas Soviet tersebut.

Perang Terbuka Rusia-NATO

Rusia sejak tahun 2022 telah berulang kali memperingatkan Amerika Serikat dan sekutu Baratnya, termasuk Jerman, agar tidak ikut serta dalam perang, dan menekankan bahwa Rusia akan mempertahankan diri dengan cara apa pun.

Pernyataan tersebut juga menekankan bahwa Barat dan NATO telah memainkan peran langsung dengan terus membantu Ukraina dengan senjata dan peralatan militer canggih.

Terungkapnya rencana Jerman menyerang langsung Jembatan Krimea ini akan membawa eskalasi perang terbuka Rusia dan NATO menjadi sangat terbuka.

Rusia dikhawatirkan akan membalas dengan menyerang langsung ke Berlin, hal yang mengaktifkan satu di antara butir perjanjian pakta pertahanan Atalantik Utara yang berisi satu ancaman ke anggota merupakan ancaman bagi anggota lainnya.

Estonia Siap Kirim Pasukan

Meski mendukung Ukraina, sejumlah negara NATO menyatakan tidak merencanakan mengirimkan pasukannya ke Kiev untuk menghindari perang terbuka.

Namun tidak dengan Estonia. Negara ini siap mengirimkan tentaranya ke garis depan perang Ukraina mengusir tentara Rusia.

Hal ini dilakukan untuk mengalahkan Rusia yang semakin menggerogoti wilayah tetangganya tersebut dan dianggap mengancam negara-negara NATO di Eropa

.Hal ini diungkapkan oleh Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas dikutip dari Politico, Kamis (29/2/2024).

“Saya pikir ini juga merupakan sinyal yang kami kirimkan ke Rusia bahwa kami tidak mengesampingkan hal-hal lain," kata Kallas.

Bila ini terjadi, maka Estonia menjadi negara pendukung Ukraina yang bakal mengirimkan pasukannya mendukung Kiev secara langsung dengan tentaranya.

Kallas juga meminta agar anggota NATO lainnya tidak mengesampingkan hal itu.

"Karena semua negara sudah paham bahwa kita harus melakukan segalanya agar Ukraina menang dan Rusia kalah dalam perang ini,” kata Kallas.

Wacana pengiriman bantuan pasukan ke Kiev sebelumnya diungkapkan oleh PM Prancis, Emmanuel Macron usai bertemu dengan sejumlah pemimpin negara NATO beberapa hari lalu.

Usai Macron mengatakan hal itu, Sekjen NATO Jens Stoltenberg langsung merespons dengan mengatakan belum ada rencana mengerahkan pasukan ke Ukraina.

Dikutip dari Strana, Menteri Luar Negeri Lituania Gabrielius Landsbergis juga mengatakan bahwa “tidak ada yang boleh diabaikan, tidak ada pilihan yang bisa ditolak begitu saja.”

Mari kita ingat bahwa negara-negara NATO lainnya, termasuk Amerika Serikat, tidak mendukung gagasan Macron. Secara khusus, Italia, Spanyol, Bulgaria dan Hongaria berbicara mengenai topik ini.

Selain itu, Kanselir Jerman Olaf Scholz dengan tegas menyatakan bahwa di masa depan “tidak akan ada pasukan darat atau tentara di tanah Ukraina yang akan dikirim ke sana oleh negara-negara Eropa atau negara-negara NATO.”

Dan sekretaris pers Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengatakan bahwa London tidak merencanakan “pengerahan pasukan skala besar” di Ukraina.

Respons Rusia

Sementara juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, pengiriman pasukan NATO ke Ukraina sangat berbahaya.

“Mengenai pernyataan Macron, ini adalah sesuatu yang baru, dan jauh lebih berbahaya,” kata Peskov kepada televisi Channel One.

“Di satu sisi, mitra-mitra Barat kami dapat diprediksi, namun di sisi lain, sayangnya, mereka mulai mendiskusikan isu-isu, seperti pengerahan pasukan langsung ke Ukraina, yang dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki terhadap keamanan dan stabilitas di benua tersebut, sehingga menyebabkan untuk konsekuensi yang tidak dapat diubah,” tambahnya.

Peskov menekankan bahwa fakta bahwa para politisi di Barat sedang membahas masalah ini “tentu saja memperjelas bahwa generasi politisi Eropa saat ini mungkin tidak memiliki pemahaman yang tepat tentang kata ‘keamanan’ dan juga tidak memiliki naluri untuk mempertahankan diri. "

“Hal ini penuh dengan tindakan yang tidak dapat diprediksi dan tidak masuk akal. Hal ini tentunya mengharuskan kita untuk tetap waspada,” juru bicara Kremlin menyimpulkan.

(oln/rt/almydn/*)

Tag:  #jerman #terkonfirmasi #serang #jembatan #krimea #pakai #rudal #taurus #perang #rusia #nato #depan #mata

KOMENTAR