Fosil Naga China yang Diperkirakan Berusia 240 Juta Tahun dengan Panjang Tak Biasa Ditemukan di Tiongkok Selatan
Fosil Naga China yang berasal dari sekitar 240 juta tahun./Sumber Foto Museum Nasional Skotlandia.
21:18
26 Februari 2024

Fosil Naga China yang Diperkirakan Berusia 240 Juta Tahun dengan Panjang Tak Biasa Ditemukan di Tiongkok Selatan

 

Sekelompok ilmuwan internasional menemukan fosil langka yakni reptil purba dengan leher yang sangat panjang, dan tungkai bersirip di perairan Tiongkok Selatan.

Temuan fosil langka tersebut, diperkirakan berusia sekitar 240 juta tahun dan dikategorikan sebagai reptil tak biasa.

Fosil tersebut diklaim sebagai fosil terlengkap yang ditemukan hingga saat ini, dan memungkinkan para peneliti untuk membuat gambaran lengkap tentang seperti apa bentuk hewan tersebut untuk pertama kalinya.   Dinocephalosaurus orientalis yang menurut para ilmuwan terlihat mirip dengan 'Naga China', disebut sebagai reptil air sepanjang 16 kaki yang hidup pada masa Trias di Tiongkok Selatan.   Museum Nasional Skotlandia mengumumkan fosil tersebut berasal dari sekitar 240 juta tahun yang lalu, dan termasuk jejak hewan yang meringkuk dengan leher panjangnya yang terbungkus lingkaran.   Menurut para ilmuwan, reptil ini memiliki leher yang sangat panjang dengan 32 ruas tulang belakang, yang membuatnya tampak seperti ular.   Reptil ini juga memiliki tungkai bersirip dan jelas beradaptasi dengan sangat baik dengan gaya hidup samudera.  

  Fosil itu termasuk ikan yang terawetkan dengan sangat baik, terlihat dari bagian perut reptil tersebut.   "Meskipun memiliki kemiripan yang dangkal, Dinocephalosaurus tidak berkerabat dekat dengan plesiosaurus berleher panjang yang terkenal baru berevolusi sekitar 40 juta tahun kemudian, dan yang mengilhami mitos Monster Loch Ness," ujar para ilmuwan dikutip JawaPos.Com dari New York Post.   Hewan ini pertama kali diidentifikasi pada tahun 2003, tetapi fosil yang ditemukan baru-baru ini memungkinkan para ilmuwan untuk memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang seperti apa reptil tersebut.   Para ilmuwan mengatakan bahwa makhluk itu tampak seperti Naga yang ada di mitos Tiongkok.   "Penemuan ini memungkinkan kita melihat hewan berleher panjang yang luar biasa ini secara utuh untuk pertama kalinya," kata Nick Fraser FRSE, Penjaga Ilmu Pengetahuan Alam di Museum Nasional Skotlandia.  

  "Ini adalah satu lagi contoh dunia Trias yang aneh dan menakjubkan yang terus membingungkan para ahli paleontologi," tambahnya.    "Kami yakin bahwa ini akan menarik perhatian di seluruh dunia karena penampilannya yang mencolok, mengingatkan kita pada mitos Naga China yang panjang dan mirip ular."   Ilmuwan Amerika, Inggris, dan Eropa bekerja sama selama 10 tahun untuk membangun pengetahuan yang sudah ada, mengenai hewan tersebut di Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok, tempat fosil itu disimpan.   "Reptil laut yang luar biasa ini adalah contoh lain dari fosil-fosil menakjubkan yang terus ditemukan di Tiongkok," kata profesor Robert Ellam, pemimpin redaksi Earth and Environmental Science: Transactions of the Royal Society of Edinburgh.   ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #fosil #naga #china #yang #diperkirakan #berusia #juta #tahun #dengan #panjang #biasa #ditemukan #tiongkok #selatan

KOMENTAR