Prajurit Rusia Telah Menembus Barat Kanal, Kejatuhan Chasov Yar Tinggal Menghitung Hari
Situasi di garis depan peperangan di Donetsk, Donbass, timur Ukraina 
00:00
21 Oktober 2024

Prajurit Rusia Telah Menembus Barat Kanal, Kejatuhan Chasov Yar Tinggal Menghitung Hari

Setelah empat bulan bertempur habis-habisan, pasukan Rusia mulai mendapatkan keuntungan di wilayah Chasov Yar, Donetsk.

Prajurit Vladimir Putin itu kini telah menguasai wilayah paling strategis di Chasov Yar.

Informasi publik Ukraina, Deep State menyebutkan bahwa pasukan Kremlin telah mencapai sebagian distrik mikro Zhovtnevy di bagian barat kanal.

Pencapaian tersebut berarti Rusia telah berhasil menembus pertahanan kuat Ukraina di sepanjang saluran air di kota itu.

Ukraina sejak Juli lalu tidak bisa dikalahkan di sekitar kanal Chasov Yar.

Kini Deep State menggambarkan sebagian besar distrik Zhovtnevy, sebagai wilayah kelabu, sebagai tanda sedang terjadi pertempuran sengit.


Media Barat, The Wall Street Journal mengatakan bahwa pasukan Kiev kini mulai kehabisan tenaga di Chasov Yar.

Mewancarai sejumlah pasukan Ukraina di Chasov Yar, media tersebut berkesimpulan bahwa Chasov Yar segera ditinggalkan Ukraina setelah mati-matian berbulan-bulan berusaha mempertahankan kota itu.


Peperangan kota di Chasov Yar memang kurang seimbang, seperti di wilayah lainnya, Ukraina kalah jumlah baik personel maupun persenjataan.

"Hampir setengah tahun Rusia tertahan di belakang kanal. Pekan ini mereka berhasil menerobos dua wilayah. Hanya butuh satu kesalahan, dan Chasov Yar dapat jatuh dalam hitungan hari," kata komandan kompi Rostislav Kasyanenko.

Kini Rusia hampir menguasai kota tersebut. Bersama Pokrovsk, Chasov Yar merupakan kota strategis di Donetsk. 

Moskow menganggap jika dua kota tersebut dikuasai, maka Donetsk bakalan direbut menjelang musim salju.

Chasov Yar adalah kota dengan ketinggian di atas wilayah lainnya. Rusia menganggap kota ini menjadi benteng strategis untuk menyerang wilayah-wilayah lainnya.

Sementara Pokrovsk yang jaraknya sekitar 94 kilometer barat daya Chasov Yar mejadi benteng strategis lainnya, karena merupakan pertemuan antara stasiun kereta api dengan jalan aspal.

Pokrovsk menjadi lokasi penting bagi pengiriman logistik dan personel Ukraina. Namun kini telah menjadi wilayah pertempuran sengit.

Analis Rusia menginginkan agar dua Kota tersebut sudah diambil alih sebelum daun-daun berguguran, sebelum salju datang dan seluruh wilayah dikuasai oleh lumpur. 'Dua kota itu adalah kunci'.

Sementara TASS mengabarkan bahwa Rusia kembali mengklaim telah membebaskan pemukiman Zoryanoye di Republik Rakyat Donetsk (DPR).

"Sebagai hasil dari tindakan sukses unit-unit kelompok tempur Rusia Selatan, pemukiman Zoryanoye di Republik Rakyat Donetsk telah dibebaskan," kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Di wilayah tersebut, personel dan peralatan dari brigade infanteri bermotor ke-54, infanteri bermotor ke-59, brigade serbu gunung ke-3, ke-10 Angkatan Bersenjata Ukraina, dan brigade pertahanan teritorial ke-119 dikalahkan di wilayah pemukiman Konstantinovka, Kurakhovo, Nikiforovka, dan Zvanovka di Republik Rakyat Donetsk. 

Konten ini disempurnakan menggunakan Kecerdasan Buatan (AI).

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #prajurit #rusia #telah #menembus #barat #kanal #kejatuhan #chasov #tinggal #menghitung #hari

KOMENTAR