Adu Kekuatan Militer Hizbullah vs Israel, Mampukah Menandingi Iron Dome?
Adu kekuatan militer Hizbullah vs Israel. [Wikipedia]
23:32
3 Oktober 2024

Adu Kekuatan Militer Hizbullah vs Israel, Mampukah Menandingi Iron Dome?

Perang antara kelompok Hizbullah melawan Israel masih berkobar di Lebanon. Terkini, 8 tentara Israel tewas dalam sebuah pertempuran di wilayah Lebanon bagian selatan.

Sebelumnya, serangan udara besar-besaran Israel di Beirut, pada Jumat (27/9/2024) malam menewaskan Pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah.

Israel kini memang mengincar kelompok Hizbullah dalam operasi tak terbatas. Eskalasi konflik di Timur Tengah makin panas. 

Lalu siapakah yang akan memenangkan pertempuran ini, apakah Israel atau Hizbullah? Untuk itu mari kita lihat perbandingan kekuatan militer keduanya. 

Baca Juga: Pemakaman Pimpinan Hizbullah Nasrallah akan Dilakukan Hari Jumat

Kekuatan Militer Hizbullah

Dikutip dari csis.org, Hizbullah memiliki sekitar 30.000 pejuang aktif dan hingga 20.000 pejuang cadangan. Pasukannya terutama terdiri dari infanteri ringan, yang secara historis dilatih dan dibangun untuk kemampuan sembunyi-sembunyi, mobilitas, dan otonomi.

Pada tahun 2006, unit roket Hizbullah dirancang untuk menyiapkan lokasi peluncuran, menembak, dan membubarkan diri dalam waktu kurang dari 28 detik.

Mereka mengandalkan peralatan yang telah ditempatkan sebelumnya, tempat perlindungan bawah tanah, dan sepeda gunung untuk mencapai jendela paparan yang kecil.

Hizbullah mungkin merupakan kelompok non-negara yang memiliki persenjataan paling berat di dunia, dan persediaan roket, rudal, dan persenjataan sistem pesawat tak berawak yang dimilikinya merupakan bagian utama dari persenjataannya.

Baca Juga: Iran Anggap Musuh Negara Manapun yang Beri Ruang Udara untuk Israel: Semoga Tidak Ada

Perkiraan jumlah roket dan rudal yang dimiliki Hizbullah bervariasi antara 120.000 hingga 200.000. Karena kedekatan Hizbullah dengan Iran, kemungkinan besar Teheran akan memasok Hizbullah dengan cepat jika mereka menggunakan persenjataan ini dalam konflik dengan Israel.

Menghilangkan ancaman dari roket Hizbullah akan sangat sulit. Roket dapat diluncurkan dari truk, sehingga meningkatkan mobilitas dan kemampuan bertahannya, atau dari bunker bawah tanah, seperti yang biasa terjadi pada perang tahun 2006.

Persenjataan roket dan rudal Hizbullah juga mencakup rudal jarak jauh. Hizbullah menggunakan roket dan rudal jarak jauhnya selama perang tahun 2006 meskipun ada kampanye udara Israel yang bertujuan untuk menghancurkan peluncur mereka dan Hizbullah terlihat tidak mau atau tidak mampu memanfaatkan senjata jarak jauh buatan Iran.

Rudal Terpandu Anti-tank dan Alat Peledak Improvisasi ATGM dan IED memberi Hizbullah kemampuan yang kuat untuk menyerang kendaraan lapis baja dan lokasi yang dibentengi.

Saat ini Hizbullah menggunakan sistem ATGM, Tharallah, yang dirancang untuk mengatasi sistem perlindungan aktif yang digunakan oleh MBT Merkava IDF, meskipun kemanjurannya tidak jelas dari sumber terbuka.

Hizbullah telah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan mobilitas unit anti-tanknya, dengan memasang rudal anti-tank Kornet pada kendaraan segala medan.

Hizbullah telah menggunakan Kornet-EM yang lebih canggih untuk menyerang pangkalan kendali udara Israel, yang berarti peningkatan signifikan dalam jangkauan ATGM dan kekuatan destruktifnya.

Dari sisi taktis, analisis kinerja tempur Hizbullah di Suriah menunjukkan bahwa para anggotanya tetap terdidik dengan baik dalam menggunakan ATGM melawan kendaraan lapis baja dan posisi infanteri yang dibentengi.

Hasilnya adalah ATGM Hizbullah kemungkinan akan tetap menjadi salah satu kemampuan paling mematikannya, meskipun tingkat keberhasilannya tidak mencapai tingkat keberhasilan tahun 2006.

Kekuatan Militer Israel

Dikutip dari Al Jazeera, Israel mengoperasikan aparat militer yang sangat besar. Menurut Neraca Militer 2023 Institut Internasional untuk Studi Strategis (IISS), Israel memiliki 169.500 personel militer aktif di angkatan darat, angkatan laut, dan paramiliter.

Sebanyak 465.000 lainnya merupakan pasukan cadangan, sementara 8.000 lainnya merupakan bagian dari paramiliter.

Mengenai kemampuan udara, Israel mengoperasikan 612 pesawat, termasuk 241 jet tempur dan 146 helikopter, dengan 48 diklasifikasikan sebagai helikopter serang.

Dalam kategori pasukan darat, Israel memiliki 1.370 tank dan 43.407 kendaraan lapis baja, selain 650 unit artileri self-propelled dan 150 sistem artileri roket.

Kemampuan angkatan laut Israel relatif terbatas, tidak ada fregat dan lima kapal selam, serta tujuh korvet dan 45 kapal patroli.

Sistem Iron Dome Israel adalah sistem pertahanan udara bergerak yang dirancang untuk mencegat dan menghancurkan roket jarak pendek menggunakan teknologi radar. Ini dikembangkan pada tahun 2006, setelah perang dengan Hizbullah, di mana ribuan roket diluncurkan ke Israel.

Mulai beroperasi pada tahun 2011, Iron Dome dibuat dengan bantuan AS yang bertanggung jawab untuk memasok suku cadang untuk sistem tersebut termasuk menyisihkan lebih dari $1,5 miliar untuk pertahanan rudal untuk Israel pada tahun 2022.

Menurut IISS, sistem Iron Dome Israel mencegat lebih dari 90 persen roket yang ditembakkan dari Hamas dan kelompok Palestina lainnya pada tahun 2021.

Israel juga diyakini memiliki kemampuan nuklir, menurut IISS, yang menyatakan bahwa negara tersebut memiliki rudal Jericho dan pesawat yang mampu membawa hulu ledak nuklir.

Editor: Wakos Reza Gautama

Tag:  #kekuatan #militer #hizbullah #israel #mampukah #menandingi #iron #dome

KOMENTAR