''Mempelai Wanita Menjadi Martir'', Kisah Pilu Calon Pengantin di Lebanon yang Tewas di Hari Pernikahannya
Ilustrasi situasi di Lebanon usai serangan Israel. (Anadolu Agency/Houssam Shbaro)
13:24
26 September 2024

''Mempelai Wanita Menjadi Martir'', Kisah Pilu Calon Pengantin di Lebanon yang Tewas di Hari Pernikahannya

Menjelang pernikahan insinyur Lebanon Maya Gharib yang direncanakan bulan depan, para kerabat yang gembira mengatur agar gaunnya diambil.

Namun pada hari Senin, Gharib yang berusia 23 tahun, kedua saudara perempuannya, dan orang tua mereka tewas dalam serangan Israel di rumah mereka di pinggiran kota selatan Tyre, kata saudara laki-laki Gharib, Reda, satu-satunya anggota keluarga yang masih hidup.

Israel mengatakan serangan hari Senin menargetkan senjata Hizbullah. Kementerian kesehatan Lebanon mengatakan serangan itu menewaskan lebih dari 550 orang, termasuk sedikitnya 50 anak-anak dan 98 wanita, dalam hari paling berdarah di Lebanon sejak berakhirnya Perang Saudara 1975-90.

Tangkapan layar yang dibagikan kepada Reuters menunjukkan pesan yang dikirim oleh seorang kerabat ke toko pakaian setelah keluarga Gharib meninggal: "Pengantin wanita menjadi martir."

Baca Juga: Update Israel vs Hizbullah: 19 Orang Tewas dan Puluhan Warga Lebanon Luka-luka

"Mereka hanya duduk di rumah, dan kemudian rumah itu menjadi sasaran," Reda Gharib, yang pindah ke Senegal tahun lalu untuk bekerja, mengatakan kepada Reuters melalui panggilan telepon.

Keluarga tersebut dimakamkan dengan upacara pemakaman yang tergesa-gesa keesokan harinya, dengan hanya sedikit orang yang hadir karena adanya bahaya serangan. Reda tidak dapat terbang karena sebagian besar penerbangan telah dibatalkan di tengah serangan Israel dan tembakan roket dari Hizbullah yang terus berlanjut.

Ayahnya adalah seorang veteran pensiunan tentara Lebanon, pasukan lintas sektarian yang didanai oleh AS dan negara-negara lain dan secara luas dianggap sebagai sumber persatuan di Lebanon. Semua saudara perempuannya berusia 20-an.

"Kami adalah keluarga nasionalis tanpa afiliasi partai, meskipun tentu saja kami mendukung siapa pun yang menentang agresi," kata Reda Gharib, seraya mencatat tidak ada anggota keluarga yang merupakan anggota Hizbullah.

Namun, ia mengatakan bahwa sekarang, setelah kehilangan keluarganya, ia ingin Hizbullah terus memerangi Israel "hingga menang" dan tidak menerima negosiasi apa pun.

Baca Juga: Lebanon di Ambang Krisis, Pasokan Makanan Aman, tapi Ancaman Blokade Menghantui

Hizbullah mulai menembakkan roket ke Israel pada 8 Oktober, sehari setelah kelompok Palestina Hamas menyerang Israel selatan, dengan mendeklarasikan "front dukungan" bagi warga Palestina.

Bentrokan meningkat tajam sejak minggu lalu, dengan ratusan orang tewas dan ribuan lainnya luka-luka di Lebanon saat Israel melancarkan serangan udara yang telah menyebabkan serangan di sebagian besar wilayah negara itu.

Pada hari-hari sejak kekacauan yang dipicu oleh serangan Israel pada hari Senin, muncul laporan lain tentang keluarga-keluarga yang banyak anggotanya tewas.

Di kota selatan Hanouiyeh, serangan Israel menewaskan delapan anggota satu keluarga dan seorang pekerja rumah tangga dari Gambia, kata kerabat.

Mohammad Saksouk, yang saudara laki-lakinya Hasan termasuk di antara mereka yang tewas, mengatakan kepada Reuters bahwa serangan itu menghantam sebuah bangunan di sebelah rumah keluarga itu, yang runtuh menimpa rumah mereka.

Dia mengatakan keluarga itu tidak ada hubungannya dengan Hizbullah dan mengkritik Israel atas serangan "tanpa pandang bulu" sambil juga mempertanyakan mengapa Lebanon terseret ke dalam pertempuran yang menurut Hizbullah adalah untuk mendukung warga Palestina.

"Sekarang, kami tunawisma. Kami hidup di jalanan," katanya melalui telepon dari tempat penampungan sementara. "Sebelumnya, kami menjalani kehidupan yang sepenuhnya normal. Siapa yang akan mengembalikan rumah kami?"

Para korban termasuk Hasan Saksouk, anak-anaknya yang sudah dewasa Mohammad dan Mona, istri Mohammad Fatima dan putri mereka yang berusia 9 bulan Rima, serta tiga anak Mona, semuanya berusia di bawah sembilan tahun.

Anna, pekerja asal Gambia yang berusia awal 30-an, juga tewas.

Kota pesisir Saksakieh menyaksikan 11 warga sipil tewas pada hari Senin, termasuk enam wanita dan dua anak-anak, menurut Wali Kota Ali Abbas, yang mengatakan ada serangan langsung terhadap rumah-rumah.

"Ini adalah rumah-rumah warga sipil, tidak ada hubungannya dengan instalasi militer apa pun," kata Abbas kepada Reuters.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #mempelai #wanita #menjadi #martir #kisah #pilu #calon #pengantin #lebanon #yang #tewas #hari #pernikahannya

KOMENTAR