40 Orang Tewas! Israel Serang Zona Aman di Jalur Gaza Selatan Gunakan Bom Amerika Serikat
Pesawat B-1 Lancer AU Amerika Serikat sedang menjatuhkan bom tandan/file (en.wikipedia.org)
04:12
11 September 2024

40 Orang Tewas! Israel Serang Zona Aman di Jalur Gaza Selatan Gunakan Bom Amerika Serikat

Lagi dan lagi, Israel melakukan serangan ke wilayah Jalur Gaza Selatan yang merupakan zona aman kemanusiaan menggunakan bom besar dari Amerika Serikat, menurut Pemantau Hak Asasi Manusia (HAM) Euro-Mediterania yang berbasis di Jenewa.

Akibat serangan bom yang dipasok AS tersebut, setidaknya ada 40 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam serangan udara Israel pada Selasa pagi di sebuah kamp tenda di Khan Younis di daerah al-Mawasi.

Dinas pertahanan sipil Gaza mengatakan rudal Israel menyebabkan kawah sedalam sembilan meter di daerah tersebut.

Pemantau Hak Asasi Manusia Euro-Mediterania (Euro-Med) mengatakan pesawat tempur Israel menjatuhkan tiga bom MK-84 seberat 2.000 pon (900 kg) buatan AS di sebuah tenda kamp di al-Mawasi pada tengah malam ketika warga sipil sedang tidur.

Baca Juga: Dana BUMD Hanya untuk Uji Coba, Heru Budi Pastikan Anggaran Makan Siang Gratis dari Pemerintah Pusat

Menurut beberapa laporan media, AS mentransfer lebih dari 14.000 bom MK-84 ke Israel pada 2023 dan 2024.

“Bom tersebut menyebabkan lubang sedalam beberapa meter, mengubur sekitar 20 tenda yang berisi keluarga di dalamnya,” kata kelompok hak asasi manusia tersebut.

Kelompok tersebut juga mengatakan bahwa banyak tenda yang berisi seluruh keluarga, terkubur di bawah pasir. Mereka menuturkan keheningan internasional mendorong Israel untuk melakukan lebih banyak kejahatan terhadap warga Palestina.

Seorang pria duduk di antara reruntuhan bangunan di Kota Khan Younis, Jalur Gaza selatan, Rabu (17/7/2024). ANTARA FOTO/Xinhua/Rizek Abdeljawad/rwa.Seorang pria duduk di antara reruntuhan bangunan di Kota Khan Younis, Jalur Gaza selatan, Rabu (17/7/2024). ANTARA FOTO/Xinhua/Rizek Abdeljawad/rwa.

“Keheningan dan pengabaian terhadap pembantaian yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah perang, memalukan dan merupakan lampu hijau bagi Israel untuk terus melakukan hal tersebut dengan pendekatan yang jelas terhadap pembunuhan massal dan pemusnahan warga Palestina,” ucapnya.

AS, lanjutnya, mitra dalam kejahatan tersebut karena memasok senjata dan bom penghancur kepada tentara Israel meskipun mengetahui bahwa senjata tersebut digunakan untuk membunuh ratusan warga sipil setiap saat.

Baca Juga: Jawaban Santai Jokowi Saat Tanggapi Dugaan Gratifikasi Jet Kaesang Pangarep

Bulan lalu, setidaknya 100 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam serangan Israel terhadap Sekolah Al-Taba’een di Kota Gaza, tempat lebih dari 6.000 pengungsi berlindung.

Israel secara sistematis menargetkan fasilitas sipil, termasuk sekolah, rumah sakit, dan tempat ibadah, di tengah serangan yang terus berlanjut di Jalur Gaza meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera. [Antara].

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #orang #tewas #israel #serang #zona #aman #jalur #gaza #selatan #gunakan #amerika #serikat

KOMENTAR