Sanustra Kenalkan Kekayaan Nusantara lewat Kuliner melalui Ruang Tenang dan Dialog Sadar
Sadar Nusantara (Sanustra) gelar talk show & kegiatan memasak sambil membagikan pengalaman para narasumber. (Istimewa)
17:28
6 Mei 2024

Sanustra Kenalkan Kekayaan Nusantara lewat Kuliner melalui Ruang Tenang dan Dialog Sadar

–Sebagai komunitas berbasis sosial yang bertujuan membawa ingatan nilai-nilai leluhur, Sadar Nusantara (Sanustra), mengajak masyarakat menjelajahi, menghubungkan, dan menemukan kembali jati diri.

Gerakan itu ingin mengangkat kembali rasa memiliki, kebanggaan, dan persatuan di antara orang-orang dari berbagai latar belakang kehidupan. Sanustra saat ini menghadirkan kembali sebuah gerakan berkolaborasi dengan Voluntrip by Kitabis.

Founder Ruang Tenang-Sanustra Iyus Darmawan menuturkan, pihaknya menghadirkan dua program. Dialog Sadar yang berisi talk show & kegiatan memasak sambil membagikan pengalaman para narasumber. Mereka yang menjadi narasumber Iyus Darmawan sebagai Founder Ruang Tenang–Sanustra, Founder Nasi Peda Pelangi Nadya Pratiwi, dan Food Storyteller Ade Putri P.

Mereka membahas Buku Mustikarasa hasil pemikiran Bung Karno yang mendalam tentang kuliner Indonesia. Selain itu juga dibagikan resep masak sayur lodeh dan bagaimana memanfaatkan sisa bumbu di dapur setelah memasak sayur lodeh oleh Ade Putri P.

Event ini juga memperkenalkan gerakan beras baik, yaitu beras tumbuh di tanah Nusantara yang subur dan ditanam secara ramah lingkungan, tanpa menggunakan bahan kimia yang diinisiasi Nadya Pratiwi,” ujar Iyus Darmawan.

Sedangkan yang kedua Gerakan SADAR Bersama: Sanustra dan Voluntrip By Kitabisa. Yakni mengajak masyarakat untuk melakukan gerakan SADAR bersama yaitu membagikan makanan baik kepada seluruh pekerja sosial di sekitar SCBD. Mulai dari pekerja kebersihan, security, parkir, ojek online, serta pekerja lainnya.

Iyus Darmawan mengatakan, berbagai kegiatan itu untuk membagikan nilai ketenangan dan solusi bagi para urban yang gelisah dengan menghadirkan Ruang Tenang. Serta mengingatkan kembali nilai-nilai leluhur yang dapat membantu dalam kehidupan modern.

”Dan menciptakan komunitas yang sadar dan tenang. Berbagi rasa bahagia melalui tiap bungkus makanan baik,” ucap Iyus Darmawan.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #sanustra #kenalkan #kekayaan #nusantara #lewat #kuliner #melalui #ruang #tenang #dialog #sadar

KOMENTAR