Sinopsis Manga Buddha Cafe : Belajar Tentang Buddhisme Jepang hanya Dengan Mengunjungi Cafe 'Kissako'
Sinopsis Manga Buddha Cafe : Belajar Tentang Buddhisme Jepang (Foto: Tangkap layar Amino)
09:04
12 September 2024

Sinopsis Manga Buddha Cafe : Belajar Tentang Buddhisme Jepang hanya Dengan Mengunjungi Cafe 'Kissako'

- Komik manga karya Roku Kobayashi dengan nama lain Buccafe yang terinspirasi oleh budaya kafe bertema dari Jepang ini mengajarkan banyak hal mengenai buddhisme di Jepang. Mulai dari penjelasan singkat tentang kepercayaan Buddha hingga kehidupan seorang pendeta buddha di Jepang.

Komik bertema slice of life ini memperkenalkan Ruri, mahasiswa yang baru saja dipecat dari pekerjaan paruh waktu sebelumnya karena kecerobohannya.

Ruri ini perempuan yang sangat rawan kecelakaan hingga banyak tempat-tempat kerja sebelumnya mengalami kerugian tinggi karena kerusakan barang-barang. Tentunya semua karena kecerobohan Ruri.

Akhirnya Ruri menemukan sebuah kafe bertema Buddha yang dijalankan oleh tiga orang pendeta buddhis, Ryuukou Shakadou - manajer layanan, Shunkai Fudou - manajer keuangan, dan Sairen Amida - koki.

Mereka bertiga merasa kewalahan bekerja di kafe tersebut dan membutuhkan pekerja paruh waktu. Muncullah Ruri dengan segala kekurangannya, tapi ketiga biksu tersebut menerima Ruri dengan lapang dada.

Bersama ketiga biksu ini, Ruri belajar banyak mengenai buddhisme di Jepang. Seperti sekte-sekte asal para pendeta, kebiasaan dan kewajiban seorang penganut buddhisme, jenis diet yang dijalankan oleh orang-orang buddhis, dan lain-lain.

Lama kelamaan komik ini mendapatkan subgenre romcom (romantik-komedi) karena kedekatan antara Ruri dengan biksu Ryuukou Shakadou.

“Komedi-nya hanya sebatas ‘heh’ daripada tertawa terbahak-bahak untukku,” komentar salah satu akun.

Dengan adanya hubungan mereka, kita juga belajar mengenai pernikahan di agama Buddha dan kewajiban pendeta buddha yang menikah.

Komik ini menggunakan bentuk 4-koma, sehingga setiap chapter manga ini hanya satu halaman dan diisi empat hingga lima kolom saja. Maka dari itu, komikus wajib dapat menyampaikan inti cerita dengan sederhana tapi mudah dimengerti.

Selain itu, komik ini memenangkan posisi keempat Web Manga terbaik di Tsugi Manga Awards.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #sinopsis #manga #buddha #cafe #belajar #tentang #buddhisme #jepang #hanya #dengan #mengunjungi #cafe #kissako

KOMENTAR